Pengantin baru dan harapan untuk masa depan

Bagi pasangan muda, pernikahan merupakan ambang sebuah kehidupan baru yang menyenangkan. Tanpa mereka sadari, mereka memasuki bahtera perkawinan dengan harapan yang muluk.

4,209 views   |   5 shares
  • Bagi pasangan muda, pernikahan merupakan ambang dari sebuah kehidupan baru yang menyenangkan. Tanpa mereka sadari, mereka memasuki bahtera perkawinan dengan harapan yang muluk. Ada yang bercita-cita melancong berdua ke negara asing. Ada pula yang ingin memperbarui janji pernikahan setiap tahun dengan pesta yang semeriah pesta kawin. Namun apakah ini sesuai dengan kenyataan yang akan mereka hadapi? Apa yang seharusnya mereka persiapkan untuk perjalanan hidup baru mereka?

  • Menyusun anggaran belanja

  • Inilah hal utama yang harus dipersiapkan oleh setiap rumah tangga. Manusia cenderung untuk memiliki banyak tuntutan dan keinginan yang tidak selalu dapat dipenuhi. Untuk itulah, dibutuhkan anggaran belanja bagi setiap rumah tangga. Boleh-boleh saja mereka memasukkan pesiar atau pesta pembaruan janji perkawinan, namun keduanya bukan merupakan kebutuhan utama. Apa saja anggaran yang perlu dibuat?

  • Anggaran sehari-hari

  • Terdengar sepele, tetapi bila kita tidak membuat anggaran harian, bisa-bisa dapur tidak berasap di akhir bulan, padahal makan adalah kebutuhan dasar. Anda dapat membuat anggaran yang sederhana tetapi tetap masuk akal. Jangan lupa menambahkan biaya makan di luar. Mungkin sebagai pengantin baru, Anda ingin menikmati saat-saat istimewa dengan menyantap hidangan di restoran seminggu sekali. Selain makanan, tentu saja ada kebutuhan lain seperti biaya transportasi, bensin untuk mobil Anda, pakaian dan banyak lagi lainnya.

  • Anggaran kebutuhan tetap

  • Sewa atau cicilan rumah merupakan salah satu kebutuhan nomor satu yang harus dianggarkan di samping cicilan mobil, tagihan listrik, air, telepon atau ponsel. Jangan dianggap remeh karena, bila diabaikan, dapat berakibat buruk karena listrik bisa diputus dan telepon tidak dapat dipakai.

  • Anggaran sekolah

  • Hal ini tidak kalah penting dengan anggaran-anggaran di atas karena menyangkut masa depan. Tidak jarang salah satu pasangan melanjutkan kuliah untuk mencapai gelar yang lebih tinggi setelah menikah. Karena itu, dibutuhkan anggaran untuk buku, biaya kuliah dan banyak lagi lainnya. Mungkin Anda mendapat bea siswa yang meringankan keuangan Anda, anggarkanlah dengan seksama agar bea siswa itu tidak terpakai untuk kebutuhan lain.

  • Anggaran untuk hiburan

  • Hidup akan membosankan bila tidak ada hiburan. Mungkin Anda suka menonton bioskop atau sandiwara - sebulan sekali cukup untuk menghibur Anda. Meskipun kecil, tetapi anggaran ini perlu untuk menjaga kesehatan mental Anda. Kita tidak hanya perlu membuat anggaran untuk berlibur setahun sekali tetapi juga hiburan sebulan sekali.

  • Advertisement
  • Anggaran untuk hal-hal tidak terduga

  • Penyakit tiba-tiba datang. Pekerjaan bisa mendadak hilang. Mobil yang mulai merongrong, akhirnya mogok. Semua itu memerlukan pengeluaran yang tidak terduga. Bila Anda tidak siap, Anda akan kelabakan berhutang ke sana-sini. Karena itu, sebaiknya Anda memiliki tabungan untuk menghadapi kejutan hidup. Biarpun hanya kecil, kesampingkan sejumlah uang untuk ditabung.

  • Bila semua ini sudah Anda kerjakan dan Anda masih mempunyai cukup uang untuk mewujudkan cita-cita, Anda dapat menjalankannya dengan perasaan tenang. Anda dapat pergi keliling Eropa atau merayakan ulang tahun pernikahan Anda dengan pesta semeriah hari perkawinan Anda. Mungkin Anda menunda kelahiran anak pertama Anda demi semua ini, tetapi apa pun rencana Anda perhitungkanlah masak-masak pengeluaran Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pengantin baru dan harapan untuk masa depan

Bagi pasangan muda, pernikahan merupakan ambang sebuah kehidupan baru yang menyenangkan. Tanpa mereka sadari, mereka memasuki bahtera perkawinan dengan harapan yang muluk.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr