Tolong, bisakah letakkan gadgetmu sejenak?

Bagi masyarakat urban gadget sudah bukan suatu hal yang asing malahan sudah menjadi sebuah kebutuhan karena fungsinya bisa dikatakan cukup penting untuk sarana memperoleh informasi.

4,130 views   |   23 shares
  • Walaupun memiliki segudang dampak yang positif, gadget juga memberikan dampak buruk. Tak sedikit permasalahan yang disebabkan oleh adanya gadget yang tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja tetapi semua usia juga bisa merasakan dampaknya. Apalagi sekarang ada sebutan "Generasi Menunduk" bagi para pengguna gadget, di mana setiap orang selalu memainkan atau sibuk dengan gadgetnya meskipun mereka sedang melakukan aktivitas. Apa saja yang dampak buruk yang ditimbulkan karena terlalu sering atau bergantung kepada gadget tersebut?

  • 1. Mendekatkan orang terjauh dan menjauhkan orang terdekat

  • Gadget dapat menghubungi seseorang dengan mudah walaupun terpisah jarak yang cukup jauh. Namun demikian karena sudah terbiasa hidup serumah dan setiap hari bertemu, bukan menjadi alasan bagi kita untuk tidak mempedulikan orang terdekat kita dan lebih memilih untuk peduli orang yang berada jauh dari kita. Sehingga bisa diartikan bahwa gadget dapat mendekatkan orang yang jauh tetapi juga dapat menjauhkan orang yang berada dekat dengan kita.

  • 2. Menjadi pihak ketiga merusak hubungan asmara

  • Bukan hanya pria atau wanita yang dapat membuat kita untuk selingkuh, tetapi di era modern ini gadget juga bisa menjadi pihak ketiga yang dapat membuat hubungan seseorang menjadi berantakan. Tidak dapat dipungkiri jika gadget sudah dapat membuat perhatian pasangan kita tertuju kepadanya, sehingga kitapun berlomba–lomba untuk mencuri perhatian pasangan kita kembali. Hal ini yang dapat membuat hubungan percintaan terasa hambar dan kecenderung untuk menimbulkan konflik yang berujung pada sebuah perpisahan.

  • 3. Bukan kita yang mengendalikan gadget, tetapi gadget yang mengendalikan kita

  • Karena menawarkan banyak aplikasi yang menarik, kita sampai lupa sudah berapa lama kita memainkan gadget tersebut. Hal ini juga dapat menimbulkan kecanduan bagi penggunanya, setiap saat dan ke mana saja kita pergi di situ kita tidak bisa lepas dari gadget kita. Sehingga bukan lagi kita yang mengendalikan gadget kita tetapi kita yang sudah dikenalikan oleh gadget kita untuk terus memainkannya.

  • 4. Menjadi seseorang yang gampang mengeluh dan tidak tahan dengan kesulitan

  • Karena begitu mudahnya mendapatkan sesuatu informasi atau lainnya secara instan sehingga jika menemukan kesulitan saat mencari sesuatu kita cenderung untuk mengeluh dan menyerah. Sudah terlena dan dimanjakan dengan segala kemudahan yang diberikan membuat kita tidak mau untuk berusaha lebih untuk menyelesaikan kesulitan yang ada.

  • Advertisement
  • 5. Menurunkan kualitas waktu bersama dengan orang tercinta

  • Akan sangat disayangkan jika kita tidak bisa memanfaatkan waktu kita dengan keluarga atau orang-orang yang kita cintai. Menggunakan gadget saat bersama dengan orang tercinta akan menurunkan kualitas waktu bersama tersebut.

  • 6. Melemahkan kemampuan untuk berinteraksi secara langsung

  • Ada banyak media sosial yang memudahkan kita untuk menambah teman tanpa perlu menemuinya langsung. Tetapi sayangnya hal ini hanya berada di dunia maya bukan di dunia nyata. Karena sudah terbiasa untuk berinteraksi di media sosial sesorang akan merasa bingung dan canggung saat harus bertatap muka dengan orang lain secara langsung.

  • 7. Menurukan konsentrasi yang dapat merugikan diri sendiri

  • Bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi jika kita mengendarai kendaraan bermotor dengan mengunakan gadget atau berjalan sambil memainkan gadget kita. Sudah pasti peluang terjadinya kecelakaan akan semakin besar juga. Bukan hanya itu saja, banyak hal yang akan terjadi jika kita terus–terusan memainkan gadget saat kita sedang melakukan aktivitas.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Tolong, bisakah letakkan gadgetmu sejenak?

Bagi masyarakat urban gadget sudah bukan suatu hal yang asing malahan sudah menjadi sebuah kebutuhan karena fungsinya bisa dikatakan cukup penting untuk sarana memperoleh informasi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr