Istri ingin berkarier, boleh atau tidak?

Seiring berjalannya waktu kondisi dan kebutuhan keluarga semakin meningkat. Nah, bila hal tersebut muncul, timbul keinginan istri untuk bekerja, Apa saja yang harus dipertimbangkan?

2,885 views   |   5 shares
  • Kehidupan berumah tangga tidaklah selalu mudah meskipun dibangun atas dasar cinta dan saling pengertian dari masing-masing pribadi tapi tetap saja memerlukan kerjasama yang baik dari keduanya. Kesepakatan yang dibuat pada awal pernikahan bisa saja berubah di tengah jalan misalnya karena keinginan istri untuk bekerja guna membantu keperluan rumah tangga. Suami merasa sudah cukup untuk hidup sederhana dengan penghasilannya tapi seiring berjalannya waktu kondisi dan kebutuhan hidup semakin meningkat. Saatnya bagi istri untuk berpartisipasi guna memenuhi keperluan hidup keluarga. Nah, bila hal tersebut muncul, apa saja yang harus dipertimbangkan untuk meminimalisir dampak negatif yang bisa ditimbulkan?

  • 1. Bedakan keinginan atau kebutuhan berkarier

  • Kalau keinginan bekerja demi memuaskan hasrat bermewah-mewahan hal itu tidak bijaksana tapi bila untuk kebutuhan keluarga perlu dipertimbangkan di mana Anda berdua membahas tentang kebutuhan masa depan anak-anak maupun Anda sendiri. Hal ini meliputi pendidikan, perumahan dan masa tua, karena selama ini sang istri berpikir penghasilan pasangan selalu habis untuk kebutuhan rumah tangga. Jadi dengan bekerja akan membantu keuangan untuk "kebutuhan" darurat dan tabungan keluarga. Tidak ada "keinginan" untuk berfoya-foya atau hanya memuaskan selera untuk tampil modis dan bergaya hidup konsumtif.

  • 2. Pikirkan kepentingan anak

  • Sebelum memutuskan untuk berkarier libatkan anak Anda agar mereka tahu apa yang akan terjadi. Pengasuhan anak dipertimbangkan secara matang yang meliputi pendidikan mental, spiritual dan budi pekerti. Masalah tersebut harus dipikirkan secara matang karena kasih sayang Anda berdua besar manfaatnya bagi anak. Orangtua manapun tidak akan tega meninggalkan anaknya terutama yang masih kecil begitu saja dan menyerahkan pengawasan kepada orang lain. Jangan sampai kurangnya perhatian Anda berdua anak menjadi korban dan terbengkalai.

  • 3. Komunikasikan dengan baik

  • Memang bukan hal mudah sepanjang perjalanan rumah tangga tidak ada perselisihan. Bila istri Anda berhasil dalam pekerjaannya suami mana yang tidak senang? Sebagai suami yang baik, Anda akan dapat mengerti keinginan istri untuk menambah keuangan keluarga. Tidak hanya sebatas menjadi ibu rumah tangga saja, tetapi keinginan berkembang untuk menjadi rekanan yang saling mendukung.

  • 4. Kompak dengan saling melengkapi

  • Anda berdua dalam hal apapun harus mampu bersikap kompak. Karena kemajuan dan kedamaian dalam perkawinan membutuhkan adanya saling mengisi satu sama lain. Anda berdua harus melihat setiap langkah yang dijalani demi mensejahterakan keluarga. Pengalaman hidup dapat membuat setiap individu matang. Artinya dewasa dalam perilaku dan mampu dalam mencari solusi serta memiliki kesadaran yang tinggi. Dengan demikian Anda berdua akan maju bersama.

  • Advertisement
  • 5.Kemajuan istri kebahagian keluarga

  • Urusan keluarga yang sudah diperhitungkan secara baik akan membuat Anda berdua mencapai kemajuan yang diidamkan. Istri bisa bekerja dan meninggalkan anaknya di rumah namun tidak berhenti dalam pengawasan dan pendidikannya. Begitu pula suami meski disibukkan dengan pekerjaan tetapi memikirkan keadaan keluarganya. Anda berdua harus membiasakan diri untuk berkumpul, berkomunikasi dan saling curhat. Seorang istri tidak hanya maju dalam karirnya saja, tetapi ia juga harus terus berupaya menjadi seorang ibu yang bertanggung jawab bagi anak dan suaminya. Anda akan mampu menciptakan keluarga harmonis meskipun tetap berkarier.

  • Kemajuan Anda sebagai wanita karier harus diimbangi dengan keberhasilan dalam merawat dan membimbing anak-anak. Ada kata-kata bijak yang mengatakan "Tidak ada keberhasilan lain yang menggantikan kegagalan dalam rumah tangga."

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Istri ingin berkarier, boleh atau tidak?

Seiring berjalannya waktu kondisi dan kebutuhan keluarga semakin meningkat. Nah, bila hal tersebut muncul, timbul keinginan istri untuk bekerja, Apa saja yang harus dipertimbangkan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr