Bagaimana Saya Dapat Membantu Seseorang yang Kehilangan Seorang Anak?

Orang tua mengharapkan untuk melihat anak-anak mereka tumbuh dewasa. Yang paling utama, kami mengharapkan orang tua untuk meninggal lebih dulu sementara sang anak terus melanjutkan lingkaran kehidupan.

2,212 views   |   4 shares
  • Orang tua mengharapkan untuk melihat anak-anak mereka tumbuh dewasa. Yang paling utama, kami mengharapkan orang tua untuk meninggal lebih dulu sementara sang anak terus melanjutkan lingkaran kehidupan. Ketika ini tidak terjadi, dan seorang anak meninggal, inilah yang mengubah hidup orang tua dan kadang-kadang menuntun pada rasa duka yang berkepanjangan.

  • Sebagai orang tua dan yang mengalami dukacita kehilangan seorang anak, mereka akan melalui lingkaran kedukaan seperti yang dijelaskan oleh Elisabeth Kubler-Ross.

  • Penyangkalan dan Kemarahan

  • Dia menyatakan bahwa lingkaran kedukaan pada umumnya dimulai dengan penyangkalan. Ini dapat diungkapkan dengan pernyataan seperti, “Ini tidak dapat terjadi kepada saya.” Ini hanya sementara sampai itu akan digantikan dengan pikiran, “Mengapa harus saya?” Orang-orang dapat menjadi marah dengan diri mereka sendiri dan orang lain, dan sering kali kepada Tuhan.

  • Membantu seseorang yang melalui masa ini memerlukan pemahaman akan rasa sakit yang mereka alami. Jangan mencoba membuat mereka menerima semua hal yang terjadi. Melainkan, izinkan mereka untuk mengungkapkan kemarahan yang mereka rasakan.

  • Perundingan dan Depresi

  • Langkah berikutnya adalah berunding dimana orang tua mencoba untuk membuat perjanjian dengan Tuhan untuk membawa anak mereka kembali. Perjanjian ini bisa saja berjanji untuk berhenti melakukan hal atau kebiasaan buruk atau melakukan perubahan dalam hidup mereka. Berunding tidak menghasilkan solusi yang tepat sehingga depresi akan muncul.

  • Ini merupakan langkah yang sulit sebagaimana orang tersebut mengungkapkan bahwa mereka juga ingin mati karena perasaan sakit yang mereka alami. Pahamilah dan terimalah pernyataan mereka. Mengungkapkan keinginan untuk mati, tidak berarti mereka sungguh ingin mati atau bunuh diri. Berhati-hatilah akan perbedaannya dan dengarkan apa yang mereka katakan dan bagaimana mereka mengatakannya. Ini akan memberikan Anda gagasan akan keinginan sesungguhnya mereka.

  • Penerimaan

  • Akhirnya, penerimaan datang dengan ungkapan, “Semua akan baik-baik saja.” Pada titik ini mereka mulai mengatasi kedukaan mereka. Menyadari bahwa orang akan mengalami masa kedukaan ini. Mereka mungkin akan mengalami ulang masa-masa yang beragam melalui proses kedukaan.

  • Tidak ada waktu yang normal seberapa lama orang akan mengalami kedukaan. Meskipun demikian, jika depresi, dan panik menyerang lebih dari enam bulan, imbaulah mereka untuk mencari bantuan dari seorang profesional yang membantu memberikan nasihat atau dokter khusus.

  • Advertisement
  • Adalah penting untuk memahami kebutuhan orang tua dengan menanyakan apa yang mereka butuhkan. Sering kali mereka tidak tahu, tetapi selalu ada di saat mereka membutuhkan selama masa sulit itu mungkin cukup. Lingkaran kedukaan adalah reaksi yang normal dari kehilangan sesuatu atau seseorang. Bersabarlah dengan mereka dan jadilah baik hati terhadap orang-orang yang melalui masa yang traumatik dan biarkan mereka berduka.

  • Seperti yang dapat Anda lihat, kedukaan orang tua itu kompleks dan berlapis-lapis. Akan menjadi sangat traumatik untuk meninggalkan orang tua yang kewalahan dengan perasaan emosi dan kebutuhan mereka. Sering kali, dukungan datang segera dan berlangsung terus sampai penguburan. Ingatlah, orang tua yang berduka tetap menjadi orang tua bagi anak yang telah meninggal.

  • Untuk tahun-tahun ke depan, orang tua mungkin menemukan masa-masa yang sulit sewaktu mereka mengingat anaknya dan memikirkannya suatu kali dalam mimpi dan berharap anaknya kembali. Masa-masa ini termasuk hari libur, ulang tahun, dan hari kematian anak mereka. Sewaktu mereka mengingat, mereka mungkin kembali mengalami masa-masa kedukaan ini lagi.

  • Senantiasa hadir selama masa kedukaan akan menguatkan hubungan Anda dan membantu meningkatkan empati Anda. Sering kali, orang hanya perlu didengar. Usahakanlah komunikasi yang terbuka mengenai perasaan dan emosi mereka.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "How can I help someone cope with the loss of a child?" karya Russell C. Gaede.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Russell Gaede is a licensed mental health professional. He has a doctorate in clinical psychology. He is the Executive Director for Life Enhancement Center in Provo, Utah.

Situs: http://www.lecutah.com

Bagaimana Saya Dapat Membantu Seseorang yang Kehilangan Seorang Anak?

Orang tua mengharapkan untuk melihat anak-anak mereka tumbuh dewasa. Yang paling utama, kami mengharapkan orang tua untuk meninggal lebih dulu sementara sang anak terus melanjutkan lingkaran kehidupan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr