Apakah Anda egois dalam menjalani hubungan?

Terimalah segala kekurangan yang dimiliki pasangan Anda. Jika Anda adalah salah seorang yang egois dalam menjalankan hubungan, berhentilah sekarang juga, dan berubahlah.

20,537 views   |   200 shares
  • Tanpa disadari, hampir setiap orang memiliki sikap egois. Egois dalam karier, keluarga, pertemanan dan bahkan egois dalam menjalani hubungan. Terkadang, sikap egois ini muncul karena kita tidak ingin terlihat lemah di depan orang lain. Begitu pula dalam hubungan pernikaha, kita dituntut untuk dapat saling memberi dan menerima. Kita dituntut untuk mengorbankan ego kita, demi menyeimbangkan diri terhadap pasangan, meskipun kita berdua memiliki kelemahan yang berbeda. Dan sebaiknya kelemahan yang ada pada pasangan kita, menjadi kelebihan kita dengan cara menutupi kelemahan tersebut. Ketika kita berhasil untuk tidak egois terhadap diri kita sendiri, ini akan mendatangkan kebahagiaan dalam hubungan yang kita miliki. Untuk menghindari keegoisan dalam menjalani hubungan, kenalilah ciri-ciri berikut ini:

  • Tidak mau mengalah dalam segala hal

  • Dalam pernikahan, suami istri adalah rekan satu tim. Karena, suami istri dituntut untuk saling mendukung satu sama lain. Jika Anda adalah orang yang hanya mementingkan kebahagian pribadi tanpa mempedulikan pasangan Anda, berarti Anda adalah orang yang egois dalam menjalankan sebuah hubungan. Dalam segala hal Anda selalu dominan. Anda tidak mau mengalah dan hanya ingin keinginan Anda yang didengarkan pasangan. Ketika pasangan Anda mulai beragumen atau mengomentari, Anda akan semakin marah. Sehingga Andalah yang selalu menjadi pemenang. Jika Anda terus melakukan hal seperti ini, ini hanya akan membuat pernikahan Anda menjadi tidak sehat.

  • Hanya ingin didengar tanpa mau mendengarkan pasangan

  • Ciri lain yang menandakan Anda adalah orang yang egois dalam menjalankan sebuah hubungan adalah, Anda tidak mau mendengarkan pasangan Anda. Meskipun pasangan Anda bicara atau menasihati Anda berkali-kali, Anda tidak pernah meresponsnya. Tetapi sebaliknya, hanya Anda yang harus didengarkan. Jika pasangan Anda tidak mendengar Anda, Anda akan menjadi marah terhadapnya. Betapa kecewanya Anda, jika pasangan yang Anda cintai tidak mau mendengarkan curahan hati Anda.

  • Selalu mengambinghitamkan pasangan

  • Ketika Anda melakukan kesalahan, untuk menutupinya Anda selalu menyalahkan pasangan Anda meskipun Andalah yang melakukannya. Ini adalah ciri bahwa Anda egois dalam menjalankan sebuah hubungan. Anda tidak pernah mau mengakui kesalahan yang Anda perbuat. Jika Anda sering melakukan ini, sebaiknya, sadarilah dan ubahlah sekarang juga karena ini hanya akan membuat Anda menjadi orang yang kalah dan pengecut.

  • Ingin mengubah pasangan

  • Advertisement
  • Saat Anda memutuskan untuk menikah dengan pasangan Anda, berarti Anda telah mau menerima segala kekurangannya, bukan? Namun, jika Anda adalah orang yang egois dalam menjalankan hubungan, Anda selalu ingin mengubah pasangan Anda. Misalnya, dalam hal makanan, meskipun dia tidak menyukai makanan itu, Anda memaksanya agar dia memakannya, atau misalnya dia nyaman dengan gaya yang dia miliki, Anda berusaha mengubahnya sesuai dengan gaya yang Anda sukai. Jangan mengubah orang jika Anda sendiri tidak ingin diubah.

  • Sifat egois dapat mengintimidasi pasangan Anda sehingga besar kemungkinan membuat cinta yang dimilikinya memudar dan ini hanya akan merusak hubungan pernikahan Anda berdua.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Apakah Anda egois dalam menjalani hubungan?

Terimalah segala kekurangan yang dimiliki pasangan Anda. Jika Anda adalah salah seorang yang egois dalam menjalankan hubungan, berhentilah sekarang juga, dan berubahlah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr