Pertanyaan-pertanyaan sebelum menikah

Sebelum Anda mengatakan “Iya, saya bersedia menjadi pendamping hidupmu” tanyakan terlebih dahulu, beberapa pertanyaan wajib berikut ini.

33,753 views   |   84 shares
  • Meskipun Anda telah mengenal pasangan Anda cukup lama, dan telah mengetahui bagaimana sikap baik atau buruknya, Anda tetaplah perlu tahu lebih jauh lagi bagaimana keseriusannya menata masa depan berkeluarga bersama Anda. Karena, pacaran dan menikah adalah dua hal yang sangat jauh berbeda. Untuk itu, sebelum Anda mengatakan "Iya, saya bersedia menjadi pendamping hidupmu" tanyakan terlebih dahulu beberapa pertanyaan berikut ini:

  • 1 . "Bagaimana menurutmu kehidupan kita setelah 3 tahun menikah?"

  • Jika dia belum mengetahuinya, berikanlah dia waktu untuk berpikir. Anda berdua tentunya memiliki keinginan yang berbeda, misalnya, keinginan untuk berkarier, seperti apa rumah impian yang didambakan dan sebagainya. Untuk itu, ketika Anda mengajukan pertanyaan ini padanya, ini akan memberikan Anda jawaban atas setiap keinginan Anda juga. Jangan sampai, setelah menikah, Anda berdua ternyata tidak memiliki visi yang sama. Jika itu terjadi, ini akan membuat pernikahan Anda berdua menjadi sulit nantinya.

  • 2 . "Apakah kamu menginginkan anak dan apakah anak penting bagi kehidupanmu nanti? "

  • Memiliki anak adalah hal yang didambakan banyak pasangan dalam kehidupan rumah tangga mereka. Namun, ada beberapa pasangan yang tidak terlalu menginginkan hal ini. Jika Anda adalah orang yang menganggap anak adalah penting dan menginginkannya, tanyakan pada pasangan Anda, apakah dia juga menginginkan hal ini. Dan tanyakan juga padanya seberapa penting anak bagi kehidupannya nanti.

  • 3 . "Bagaimana seseorang dapat dikatakan telah menjadi orangtua yang baik?"

  • Tanyakan pada pasangan Anda beberapa pertanyaan mengenai bagaimana cara mendidik anak. Misalnya, bagaimana cara dia memberikan anaknya menghargaan ketika sang anak berprestasi di sekolah, bagaimana dia mengajar anak saat sang anak melakukan kesalahan, dan sebagainya.

  • 4 . "Bagaimana keuanganmu?"

  • Menanyakan keuangan pasangan, ketika Anda telah dilamar olehnya, adalah hal yang wajar. Tentunya, Anda tidak mau bukan, mewenikah denan seseorang yang tidak mampu menafkahi Anda nantinya. Meskipun dia tidak kaya, minimal dia memiliki tabungan untuk menikahi Anda dan penghasilan yang cukup untuk memberi makan Anda dan keluarga kecil Anda nantinya. Gunakan kata-kata yang baik untuk menanyakan jumlah tabungannya serta apakah dia memiliki hutang. Keuangan merupakan masalah yang sangat sensitif dalam pernikahan. Untuk itu, sebelum Anda menikah, pastikan, pasangan Anda adalah seseorang yang penuh tanggung jawab.

  • Advertisement
  • 5 . "Bagaimana cara membagi pekerjaan rumah tangga?"

  • Meskipun pada hakekatnya wanita diciptakan untuk melayani suaminya dan pria diciptakan untuk menafkahi istrinya, pertanyaan ini tetap perlu Anda tanyakan agar nantinya, tidak ada salah paham yang timbul di antara Anda berdua. Tanyakan pada pasangan Anda, apakah dia mau ikut membantu Anda dalam melakukan beberapa pekerjaan rumah? Atau diskusikanlah bagaimana pembagian pekerjaan rumah tangga yang baik bagi kenyamanan Anda berdua. Misalnya, wanita mengurus anak, membersihkan rumah dan memasak, dan pria membersihkan taman atau kamar mandi. Dengan membagi pekerjaan rumah sebelum menikah, ini akan dapat membuat Anda berdua lebih kompak dalam hal mengurus pekerjaan rumah tangga nantinya.

  • Meskipun cinta kadang membutakan kita, jangan membuat Anda menjadi gegabah dalam memutuskan pernikahan. Tanyakan pertanyaan-pertanyaan yang di atas terlebih dahulu agar Anda kelak tidak menerima kejutan yang tak terduga yang dapat membuat Anda menyesal setelah menikah.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Pertanyaan-pertanyaan sebelum menikah

Sebelum Anda mengatakan “Iya, saya bersedia menjadi pendamping hidupmu” tanyakan terlebih dahulu, beberapa pertanyaan wajib berikut ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr