Ketika hasil tes kesehatan membuat deg-degan...

Anda mungkin pernah menjalani tes kesehatan dan mendapat hasil tes yang membuat Anda khawatir. Jangan mengambil kesimpulan sendiri! Carilah dokter yang dapat memberi pendapat yang profesional.

1,396 views   |   0 shares
  • Anda mungkin pernah menjalani tes kesehatan dan mendapat hasil tes yang membuat Anda khawatir. Jangan mengambil kesimpulan sendiri! Carilah dokter yang dapat memberi pendapat yang profesional. Kalau perlu, carilah dokter lain untuk membandingkan pendapatnya dengan dokter pertama. Menjadi dokter sendiri untuk hal sepele masih dapat dimaklumi, tetapi untuk urusan yang menyangkut mati atau hidup, Anda sebaiknya melibatkan satu atau dua dokter. Pengalaman seorang ibu di bawah ini menunjukkan perlunya kita meminta nasehat seorang pakar.

  • Stacie dan Lincoln Chapman menanti kedatangan anak pertama. Layaknya calon orangtua, mereka berdoa supaya anaknya lahir dengan sehat dan selamat. Stacie secara rutin memeriksakan kehamilannya dan menjalani beberapa tes yang umum dijalani oleh wanita hamil. Suatu hari dia mendapatkan salah satu hasil tes yang membuatnya ketakutan. Bayinya ternyata menderita gangguan penyakit keturunan yang dapat berakibat fatal bernama Trisomy18 atau sindrom Edward. Kebanyakan bayi yang terkena penyakit ini akan mati sebelum lahir atau hidup paling lama setahun.

  • Dokter menasehatkan supaya pasutri ini tidak terburu-buru mengambil keputusan. Dan malam sebelum kandungan digugurkan, dokter kembali meminta mereka untuk menunggu. Karena tes yang dijalaninya terbilang baru, si calon ibu berharap tes itu salah.

  • Stacie akhirnya mau mendengarkan nasehat dokter, walau dalam hati khawatir bayinya menderita sindrom Edward. Delapan minggu kemudian, tes air ketubannya mengubah segalanya. Tidak ada tanda-tanda atau gejala sindrom Edward - bayi mereka sehat. Kini pasutri Chapman adalah orangtua yang bangga bagi seorang anak yang aktif dan menggemaskan. Kenyataan bahwa mereka nyaris menggugurkannya sungguh menakutkan untuk dipikirkan.

  • Dr. Michael Greene, seorang ahli kandungan, berkata bahwa adalah keliru untuk menganggap tes seperti Maternit21, yang dijalani Stacie Chapman, sebagai diagnosa karena tes itu hanyalah mencari kemungkinan adanya penyakit. "Sangatlah penting bagi dokter dan pasien untuk memahami sebelum mengambil keputusan drastis berdasarkan tes-tes ini," kata Dr. Greene.

  • Stacie berharap para wanita mencari fakta yang benar dari tes-tes mereka. "Sulit bagi kami untuk mengakui bahwa kami hampir menggugurkan bayi kami," katanya. "Tetapi jika ada satu wanita saja hasil tesnya positif sindrom Edward namun tidak mengambil keputusan drastis sampai dia menjalani tes air ketuban, kami sudah berbuat kebaikan."

  • Maka dari itu, jangan terburu-buru memutuskan sesuatu yang sangat penting tanpa persetujuan dokter. Pilihlah dokter yang cocok dan juga carilah pendapat kedua. Pendapat dua orang pakar lebih baik daripada satu saja. Dengan adanya dua pendapat ahli, kita dapat memperoleh pengesahan dan juga ketegasan. Hal-hal yang semula masih diragukan dapat dicerna oleh kedua pakar.

  • Advertisement
  • Kita sebagai orang awam mungkin kurang memahami medis, tetapi sebagai orangtua kita tentu mempunyai naluri untuk dapat memilah yang terbaik dari nasehat-nasehat dokter. Seperti Stacie dan suaminya, walaupun mereka sudah memutuskan akan menggugurkan kandungan, namun rencana itu batal karena mereka mau mendengarkan nasehat dokter. Betapa menyesalnya seandainya mereka mengabaikan petunjuk yang diberikan dokter, mereka tak akan pernah mengenal bayi itu. Untungnya mereka dikaruniai keyakinan bahwa nasehat dokter benar, sehingga bayi mereka lahir dengan selamat.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Ketika hasil tes kesehatan membuat deg-degan...

Anda mungkin pernah menjalani tes kesehatan dan mendapat hasil tes yang membuat Anda khawatir. Jangan mengambil kesimpulan sendiri! Carilah dokter yang dapat memberi pendapat yang profesional.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr