Bila si kecil mulai berbohong

Pada zaman sekarang ini di mana batas antara kejujuran dan ketidakjujuran makin menipis, kita perlu mengajarkan kepada anak-anak kita pentingnya bersikap jujur. Dengan demikian mereka tidak akan mudah diombang-ambingkan oleh dunia yang semakin gila.

3,832 views   |   6 shares
  • Di zaman di mana batas antara kejujuran dan ketidakjujuran makin menipis, kita perlu mengajarkan kepada anak-anak kita pentingnya bersikap jujur. Dengan demikian mereka tidak akan mudah diombang-ambingkan oleh dunia semakin gila. Apa saja yang dapat kita ajarkan supaya anak-anak kita menghargai kejujuran?

  • Teladan

  • Dimulai dari teladan Anda sendiri di rumah. Misal, di luar udara cerah dan anak ingin bermain di taman. Anda sedang merasa kurang enak badan sehingga malas mengantar mereka main. Anda mengada-ada dengan mengatakan bahwa taman sedang diperbaiki. Tetapi kebetulan anak tetangga lewat di depan rumah dan bercerita bahwa dia baru pulang dari bermain di taman. Anak Anda pun berteriak, "Mama bohong!" Lebih baik Anda minta maaf dan mengatakan alasan yang sebenarnya. Bila mereka tetap merengek, janjikanlah bahwa Anda atau ayah mereka akan membawa mereka bermain di taman pada akhir minggu. Tepatilah janji atau mereka akan merasa dibohongi untuk kedua kalinya. Sementara itu, ajaklah mereka bermain di dalam rumah supaya ada interaksi antara Anda dan anak-anak.

  • Cerita

  • Anda dapat menuturkan cerita dari buku anak-anak atau dari kisah nyata di bawah ini untuk menekankan pentingnya kejujuran.

  • Seorang ibu muda yang miskin di Brazil berusaha menghidupi anaknya yang masih kecil. Suaminya bekerja berat di luar kota namun hasilnya tidak cukup untuk biaya hidup mereka. Sementara ibu ini hanya bisa mengais sampah untuk didaur ulang. Suatu hari dia menemukan sebuah amplop berisi cek sebesar $80.000 yang ternyata sumbangan untuk sebuah rumah sakit di dekat tempat dia mengais sampah. Apa yang mesti dilakukannya?

  • Dia bisa saja menjual cek itu dan menikmati uang yang sangat diperlukan keluarganya. Tetapi hati kecilnya berkata bahwa pasien-pasien di rumah sakit itu yang kebanyakan berpenyakit kritis lebih membutuhkan uang tersebut. Akhirnya dia pergi ke rumah sakit itu dan mengembalikan cek tersebut. Direktur rumah sakit sangat berterima kasih atas kejujurannya. Sebuah mal terdekat mendengar berita ini dan mengundangnya untuk menjadi model papan reklame. Mereka mengubah penampilannya dan ternyata ibu ini tampil sangat cantik, tidak kalah dengan bintang film. Anaknya yang masih kecil senang sekali setiap melihat papan reklame itu. Dia menunjuk-nunjuk sambil berkata "Mama." Karena kejujurannya, ibu muda ini memperoleh pekerjaan yang dapat menunjang keluarganya.

  • Kaleng denda

  • Anda mungkin dapat mendorong kejujuran di rumah dengan menyediakan kaleng denda. Setiap kali mereka berbohong, uang saku mereka dipotong dan dimasukkan ke kaleng itu. Sesudah terkumpul cukup banyak, uang itu dapat disumbangkan ke panti asuhan yatim piatu misalnya.

  • Advertisement
  • Menegakkan kejujuran di mana pun

  • Ajarkan mereka menjunjung tinggi kejujuran di mana pun, termasuk sekolah. Mereka juga harus jujur terhadap teman-teman mau pun gurunya.

  • Kebiasaan berbohong

  • Berbuat bohong seperti api yang menjalar, mula-mula kecil, lama-lama berkobar menjilat habis seluruh hutan. Kebohongan kecil dapat menjadi kebohongan besar bila selalu dibiarkan.

  • Bila anak Anda suka berbohong, beri tahu bahwa kebohongannya akan menimbulkan kesulitan bagi dirinya sendiri. Tidak ada yang lebih baik selain bersikap jujur dalam segala hal.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bila si kecil mulai berbohong

Pada zaman sekarang ini di mana batas antara kejujuran dan ketidakjujuran makin menipis, kita perlu mengajarkan kepada anak-anak kita pentingnya bersikap jujur. Dengan demikian mereka tidak akan mudah diombang-ambingkan oleh dunia yang semakin gila.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr