Sudahkah Anda berkarier di jalur yang tepat?

Karier dan prestasi di kantor ternyata bisa membuat seseorang merasa hidupnya lebih berarti. Karena itu, sudahkah karier Anda membuat Anda bahagia? Apakah Anda sudah meniti karier di jalur yang tepat?

524 views   |   3 shares
  • Seseorang yang baru saja diterima bekerja di sebuah kantor, tentu akan mempunyai beberapa impian tentang masa depannya. Namun untuk mewujudkan hal-hal tersebut tentu banyak langkah-langkah yang harus diperhatikan, agar jalan karier Anda tetap berjalan mulus. Karena bukan tak mungkin, berprestasi di kantor akan membuat Anda merasa memiliki hidup yang lebih berarti. Nah, inilah yang harus Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda berada di jalur yang tepat:

  • 1. Tepat memilih tempat pijakan

  • Jika Anda telah diterima di sebuah kantor, Anda tentu akan terobsesi bisa berkarier setinggi mungkin di jalur pekerjaan tersebut. Namun ada baiknya untuk tidak terlalu terobsesi dan mencoba hal lain, agar yakin Anda telah memilih bidang pekerjaan yang tepat. Tidak selalu apa yang Anda jalani dan tekuni saat ini merupakan jalan yang terakhir. Anda sah-sah saja memiliki rencana yang fleksibel dalam meniti karier yang lebih sesuai. Namun, ambillah keputusan dengan langkah matang, tidak harus tergesa-gesa. Anda juga harus memikirkan apakah Anda sudah memiliki kemampuan untuk dijadikan modal demi mencapai sebuah pekerjaan yang baru?

  • 2. Menjaga mood

  • Dalam menjalani sebuah pekerjaan, usahakan tidak merasa paling jago. Belajar menerima kritik, saran, serta catatan dari atasan Anda dengan harapan agar pekerjaan yang Anda tekuni saat ini akan lebih baik. Meski ada kalanya mood terganggu karena masalah di kantor, usahakan hal tersebut sudah hilang pada keesokan harinya. Mulailah hari-hari Anda dalam menjalankan pekerjaan penuh dengan senyuman dan keramahan.

  • Cobalah untuk melihat gambaran besar sebuah organisasi pada kantor tempat Anda bekerja, jadikan diri Anda sebagai pemain yang baik. Tetap bersikap positif dan tidak terdorong masuk dalam lingkaran gosip atau hal yang negatif di kantor. Buatlah diri Anda bernilai disetiap harinya, jangan hanya mencari sesuatu imbalan dari kantor semata. Karena jika Anda mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik maka imbalan akan datang dengan sendirinya.

  • Tinggalkan sifat egois setiap masuk pada pintu kantor, belajarlah untuk mengantisipasi kebutuhan dan pertanyaan atasan Anda. Jika ada masalah, ajaklah yang bersangkutan untuk berbicara baik-baik dan tawarkan solusi. Ketika atasan meyarankan untuk segera merealisasikan tugas-tugas kantor, segera jalankan jika Anda memang mampu. Senyum dan tertawalah ketika Anda mengerjakannya, agar semua beban terasa ringan.

  • Jadilah orang yang asertif dan buat koneksi. Beranilah untuk berkenalan dengan orang yang mempunyai karier seperti yang Anda impikan, namun jangan terlalu memaksa dalam bekerja sampai Anda melupakan sisi yang menyenangkan dari tugas kantor.

  • Advertisement
  • 3. Memperluas hubungan kerja

  • Bangun relasi seluas mungkin dan selalu ingat bahwa Anda menjual diri sendiri. Tentu bukan dalam arti yang negatif, melainkan untuk memperbaiki reputasi dengan baik sehingga orang lain di luar kantor bisa mengenal karena kemampuan yang Anda miliki.

  • Ketika akan melaksanakan tugas kantor, mulailah dengan bersemangat dan percaya diri. Manfaatkan semua relasi yang sudah Anda miliki. Ikuti perkembangan tugas tersebut dan tetap bertanya terhadap atasan bila ada tugas-tugas yang baru atau sulit dipecahkan.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Sudahkah Anda berkarier di jalur yang tepat?

Karier dan prestasi di kantor ternyata bisa membuat seseorang merasa hidupnya lebih berarti. Karena itu, sudahkah karier Anda membuat Anda bahagia? Apakah Anda sudah meniti karier di jalur yang tepat?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr