Mengapa tahun pertama pernikahan sangat sulit dan bagaimana mengatasinya

Tahun-tahun pertama pernikahan adalah masa yang sangat sulit bagi setiap pasangan. Meskipun demikian, setelah melewati masa sulit ini, Anda berdua pasti akan lebih memahami satu sama lain.

27,686 views   |   63 shares
  • Setiap pasangan yang menikah memiliki peranan yang sama untuk menjadikan pernikahan mereka bahagia. Namun akhir-akhir ini, kita sering melihat di sekitar kita maupun televisi mengenai pernikahan yang tidak bertahan lama. Hal ini membuat banyak pasangan tidak memiliki cukup keberanian untuk menikah.

  • Padahal pernikahan dapat membuat mereka menjadi pribadi yang lebih baik. Saat ini kita lebih sering mencari kemudahan daripada berusaha melewati kesulitan. Tahun pertama pernikahan merupakan masa pencobaan bagi setiap pasangan suami-istri. Cinta, pengertian, kesabaran, dan pengendalian diri dari kedua pasangan akan diuji. Berikut alasan mengapa tahun pertama pernikahan begitu sulit:

  • Lebih mengenal pasangan

  • Pada saat Anda berpacaran, Anda hanya melihat pasangan dari sisi baiknya saja. Namun ketika sudah menikah, Anda akan melihat semua kekurangan dan kelebihan pasangan. Banyak yang merasa terkejut dan marah dengan kekurangan pasangannya. Jika Anda salah satunya, tenangkan diri Anda terlebih dahulu dan bantu pasangan Anda untuk berubah dengan membicarakannya di waktu yang tepat. Saat Anda lebih terbuka dengan pasangan Anda, Anda akan dapat menyelesaikan perbedaan yang ada.

  • Mudah tersinggung

  • Memang terdengar sedikit aneh, tapi kita lebih mudah tersinggung dengan orang-orang terdekat kita. Jika ada teman yang melakukan kesalahan pada kita, mudah bagi kita memaafkan mereka, akan tetapi sulit bagi kita memaafkan pasangan kita. Kita mudah tersinggung dengan orang yang kita sayangi karena perkataan atau perbuatan mereka langsung masuk di hati kita. Di saat inilah cinta, kesabaran dan pengertian kita diuji. Apakah kita akan berhenti mencari-cari kesalahan pada pasangan dan menjadi lebih sabar kepada mereka.

  • Beradaptasi dengan mertua

  • Saat Anda memutuskan untuk menikah, Anda juga "menikahi" keluarganya. Mungkin saja mertua memiliki budaya dan kebiasaan yang berbeda dengan Anda atau masih ingin memiliki pengaruh dalam kehidupan anak-anak mereka. Terbukalah dengan pasangan dan cobalah mencari kesamaan dengan mertua. Hormati mereka seperti Anda menghormati orang tua Anda sendiri.

  • Mementingkan kehidupan orang lain daripada diri sendiri

  • Setelah menikah, kepentingan Anda menjadi kepentingan bersama. Muncul batasan-batasan dalam menikmati hobi yang biasa dijalani masing-masing sebelum menikah. Apalagi ketika Anda berdua memiliki anak, Anda harus belajar mengutamakan kepentingan keluarga dibanding kepentingan pribadi.

  • Advertisement
  • Keuangan

  • Setelah menikah, apa yang menjadi milik Anda adalah milik pasangan juga, begitu pula sebaliknya. Mengatur uang sering menjadi tantangan tersendiri bagi pasangan suami-istri yang baru menikah, apalagi jika Anda berdua sama-sama bekerja. Anda berdua tentunya memiliki harus mendahulukan kebutuhan keluarga, untuk itu mengatur keuangan sebaiknya dilakukan setiap hari secara bersama-sama.

  • Tahun-tahun pertama pernikahan adalah masa yang sangat sulit bagi setiap pasangan. Meskipun demikian, setelah melewati masa sulit ini, Anda berdua pasti akan lebih saling memahami. Dalam setiap pernikahan, perbedaan tidak dapat dipungkiri. Namun, kita harus sadari, bahwa manusia itu di ciptakan berbeda-beda dan cinta itu di ciptakan untuk menyatukan perbedaan. Jadi cintailah selalu pasangan apa adanya dan terimalah segala kekurangannya.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Mengapa tahun pertama pernikahan sangat sulit dan bagaimana mengatasinya

Tahun-tahun pertama pernikahan adalah masa yang sangat sulit bagi setiap pasangan. Meskipun demikian, setelah melewati masa sulit ini, Anda berdua pasti akan lebih memahami satu sama lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr