Adrenalin naik ketika melihat kata "diskon"?

Ketika berjalan-jalan bersama keluarga di mal, apakah hati dan otak Anda tak henti-henti mengucap kata "belanja"? Wah, jika Anda tidak tahan diri, bisa-bisa menjadi masalah! Kini waktunya Anda menghentikan godaan dan bisikan tersebut.

1,444 views   |   3 shares
  • Ketika berjalan-jalan bersama keluarga di mal, apakah hati dan otak Anda tak henti-henti mengucap kata "belanja"? Wah, jika Anda tidak tahan diri, bisa-bisa menjadi masalah! Kini waktunya Anda menghentikan godaan dan bisikan tersebut. Sulit? Ketika godaan belanja datang, coba pikirkan rencana apa saja yang harus diselesaikan dalam waktu dekat yang akan membutuhkan banyak dana, yang jauh lebih penting daripada dua potong baju atau sepasang sepatu. Masih belum mempan? Ini tipsnya!

  • 1. Abaikan diskon menarik

  • Apabila sedang belanja dan melihat tawaran diskon, cobalah latih diri untuk melihat bahwa harga diskon adalah harga dasar barang tersebut, tak peduli betapapun Anda menyukainya. Trik ini akan membuat Anda berpikir apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut atau tidak, serta apakah memang benar harga yang ditawarkan sesuai dengan uang yang Anda miliki. Sebesar apapun diskon yang ditawarkan, Anda tetap saja akan mengeluarkan dompet, kan?

  • 2. Uang hasil dari kerja keras

  • Lupakan pikiran, "Saya bekerja, saya mempunyai uang dan saya harus belanja." Tidak seharusnya setelah gajian, Anda menghabiskan uang dengan membeli barang yang kurang bermanfaat. Ingatlah bahwa hari esok masih menanti. Bekerja bukan untuk belanja, namun bekerja untuk menyiapkan masa depan.

  • 3. Terburu-buru setelah mendengar ada bonus dari kantor

  • Salah satu alasan seseorang untuk belanja adalah bonus sebentar lagi akan diterima dari kantor. Coba pastikan dulu seberapa besar bonus yang akan Anda terima supaya pikiran Anda tidak terjebak pada keinginan untuk belanja. Anda juga harus mempertimbangkan dan menghitung berapa besar bonus yang akan didapatkan serta kebutuhan apa saja yang harus diselesaikan dalam waktu dekat, bukan? Bayangkan apa yang terjadi jika bonus tersebut tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan atau bagaimana jika bonus itu dibatalkan.

  • 4. Gaya hidup yang baru

  • Sebelum membeli sebuah barang cobalah diperhitungkan dengan cermat. Belilah yang memang benar-benar diperlukan dan sesuai dengan kebutuhan Anda, tapi bukan yang Anda inginkan. Terkadang seseorang membeli barang hanya karena gaya hidup. Misalnya membeli sepatu, jaket, tas, merek terkenal yang mahal. Lihat apa sebenarnya yang Anda inginkan saat ini karena keinginan belanja yang menggebu adalah sebuah pertanda bahwa Anda sudah berpetualang semu.

  • 5. Selalu ingat kebutuhan masa depan

  • Berbelanja memang sangat menyenangkan, apalagi jika Anda mempunyai dana lebih, pastinya keinginan yang satu ini akan selalu muncul. Sebenarnya hal ini wajar saja. Tetapi melatih diri untuk hidup hemat adalah keputusan yang bijaksana. Mengutamakan kebutuhan jangka pendek itu penting, apalagi yang bersifat primer. Tetapi kehidupan masa depan juga harus diperhitungkan dengan pasti, apalagi jika Anda seorang pebisnis swasta yang tidak mempunyai sebuah jaminan hidup di hari tua. Selagi usaha Anda sukses pada usia muda, jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk persiapan hari tua atau untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu usaha Anda tersebut membutuhkan tambahan modal. Untuk itu, sudah waktunya Anda berpikir mana yang lebih baik: berbelanja sekarang atau mengumpulkan dana dahulu lalu berbelanja?

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Adrenalin naik ketika melihat kata "diskon"?

Ketika berjalan-jalan bersama keluarga di mal, apakah hati dan otak Anda tak henti-henti mengucap kata "belanja"? Wah, jika Anda tidak tahan diri, bisa-bisa menjadi masalah! Kini waktunya Anda menghentikan godaan dan bisikan tersebut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr