Hati-hati memilih perguruan tinggi di Amerika!

Banyak orang menganggap sekolah di Amerika pasti keren dan menjamin masa depan. Anggapan ini sungguh keliru. Banyak sekali sekolah yang tidak bermutu, bahkan cenderung menipu!

685 views   |   0 shares
  • Sekitar 20 tahun lalu terdengar berita bagaimana seorang bintang film kondang Indonesia pergi ke Amerika untuk sekolah. Entah sekolah film atau perguruan tinggi biasa, yang terjadi dia pulang ke Indonesia dengan kecewa karena tertipu. Banyak orang menganggap sekolah di Amerika pasti keren dan menjamin masa depan. Anggapan ini sungguh keliru. Banyak sekali sekolah yang tidak bermutu, bahkan cenderung menipu! Bagaimana caranya mengetahui sekolah mana yang dapat diandalkan?

  • Akreditasi

  • Perguruan tinggi yang diakui pemerintah. Segala hal di Amerika harus disahkan dan diakui pemerintah negara bagian mau pun pemerintah federal, termasuk sekolah. Tidak jarang orang mendirikan sekolah tanpa pengakuan dan pengesahan pemerintah. Misalnya, sekolah model dan sekolah film yang menjanjikan hal-hal yang muluk namun tidak ada hasilnya. Mereka hanya mencari uang, memanfaatkan impian orang-orang yang ingin menjadi selebriti. Walaupun gedungnya megah dan meyakinkan tetapi hasil sekolah-sekolah itu nihil. Karena itu sebelum memilih sekolah pastikan bahwa perguruan tinggi yang Anda tuju memang diakui pemerintah.

  • Perguruan tinggi bonafid

  • Yang seperti ini disebut Ivy League, perguruan tinggi yang banyak diincar siswa-siswa cemerlang atau berada. Termasuk di antaranya: Harvard, Yale, Princeton, Penn, Brown, Cornell, Dartmouth, dan Columbia. Di semester dua atau tiga, mahasiswa perguruan tinggi sudah kebanjiran tawaran pekerjaan. Tentu saja tanpa bea siswa, biaya kuliahnya sangatlah besar. Tetapi mereka yang berotak cemerlang dapat memperoleh bea siswa dengan mudah. Perguruan tinggi milik pemerintah negara bagian tentu saja boleh dipercaya. Sayangnya, biaya kuliah bagi penduduk dari luar negara bagian lebih mahal.

  • Akademi

  • Ada beberapa sekolah kejuruan yang hanya memakan waktu satu atau dua tahun. Misalnya, akademi perawat karena gaji perawat cukup besar. Atau sekolah masak yang terkenal seperti Gordon Bleu. Ada pula akademi khusus di bidang jahit-menjahit. Karena itulah akademi yang mengiming-imingkan pekerjaan muluk seperti bintang film, mode, desainer dan lainnya menjamur. Mereka mengaku mempunyai koneksi dengan studio-studio besar di Amerika. Bahkan ada yang tidak segan-segan membuka meja di tempat umum untuk menjaring orang. Begitu uang pendaftaran diterima, akademi itu raib entah ke mana.

  • Online

  • Ada pendidikan online yang bermutu namun banyak yang tidak dapat dipercaya. Kebanyakan pendidikan online terbatas pada kelas-kelas tertentu, dan biasanya masih membutuhkan kelas yang sesungguhnya untuk kerja kelompok, tes, peragaan di kelas dan lainnya.

  • Advertisement
  • Sewaktu melamar ke perguruan tinggi di Amerika atau negara asing lainnya, telitilah sekolah-sekolah itu lebih dalam. Banyak bertanyalah kepada alumninya atau orangtua yang pernah mengirim anaknya ke sekolah tersebut. Internet juga sumber untuk mempelajari mutu sebuah perguruan tinggi. Tentu saja dibutuhkan pengetahuan bahasa Inggris yang mencukupi untuk belajar di luar negeri, karena itu calon siswa harus mengambil tes TOEFL, IELTS, atau lainnya. Keuntungan belajar di Amerika adalah banyak bea siswa dapat diperoleh asalkan otak cemerlang dan rajin belajar. Kita juga dapat membiayai hidup kita dengan bekerja sambilan.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Hati-hati memilih perguruan tinggi di Amerika!

Banyak orang menganggap sekolah di Amerika pasti keren dan menjamin masa depan. Anggapan ini sungguh keliru. Banyak sekali sekolah yang tidak bermutu, bahkan cenderung menipu!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr