Cinta, obat mujarab bagi si sakit

Ketika Anda putus asa merawat anggota keluarga yang sedang sakit, ingatlah bahwa perhatian dan kasih sayang terbukti dapat mempercepat kesembuhan mereka.

2,918 views   |   9 shares
  • Merawat anggota keluarga yang sedang sakit kadang menguras tenaga. Ketika Anda sudah mulai putus asa, ingatlah bahwa perhatian dan kasih sayang terbukti dapat mempercepat kesembuhan mereka. Menurut sebuah penelitian, cinta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagaimana caranya?

  • Bagi anak-anak

  • Semasa hidupnya, komedian Hollywood, Robin William, rajin menghibur anak-anak yang menderita penyakit serius di rumah sakit. Dengan lawakannya, dia membuat anak-anak itu tertawa dan terhibur supaya mereka lekas sembuh. Bila anak Anda sakit, Anda dapat memberi pelukan dan belaian sayang supaya mereka merasa lebih nyaman. Anak pasti ingin dimanjakan pada saat sakit. Anak-anak mungkin membutuhkan banyak tidur supaya cepat sembuh. Tetapi pada saat dia tidak mengantuk, putarlah film kartun atau bacakan buku anak-anak.

  • Buatlah makanan kesukaan mereka, atau ciptakan makanan dengan kreatif. Misal, Anda dapat menyiapkan puding atau agar-agar dengan warna dan cetakan yang menarik hingga dia mau. Buatlah dengan susu dan putih telur sehingga si sakit mendapat nutrisi cukup. Kalau perlu berilah vla (saus) yang segar dengan memakai kuning telur dan vanilla. Semua resep ini dapat Anda cari di internet atau mintalah dari teman atau kerabat Anda.

  • Bagi orang dewasa

  • Ajaklah si sakit mengobrol supaya tidak merasa diabaikan. Lakukan sambil memijat kakinya untuk membuatnya lebih relaks. Sediakan film, majalah atau buku untuk melewatkan waktu senggangnya. Pilihlah materi yang ringan dan tidak akan membuat si sakit stres. Hidangkan makanan kesukaannya yang bergizi untuk memperkuat badan serta menyembuhkan sakitnya. Siapkan baju yang nyaman untuknya tidur.

  • Bagi manula

  • Merawat manula membutuhkan kesabaran ekstra karena mungkin ia merasa lebih tahu tentang keadaan penyakitnya sehingga tidak mau mematuhi nasihat dokter. Ikutilah keinginannya sejauh itu tidak membahayakan dirinya. Misal, si sakit dilarang makan yang manis karena diabetes tetapi dia ingin makan mangga yang manis sekali. Berilah sepotong saja dan jangan biarkan dia memakannya terlalu banyak. Sebagai gantinya, berilah makanan yang lebih sesuai. Mungkin jus alpukat dengan susu dan gula buatan sehingga keinginannya untuk makan sesuatu yang manis terpenuhi.

  • Bagi wanita hamil

  • Wanita hamil yang terkena pre eklemsia perlu dirawat di tempat tidur dan dimonitor setiap saat. (Baca juga: Kaki bengkak semasa hamil, berbahayakah itu?) Tentu saja hal ini membosankan dan membuat stres berat. Melahirkan bayi adakalanya membahayakan nyawa si ibu. Ditambah dengan komplikasi yang membahayakan si bayi. Karena itu istirahat dan perawatan yang penuh kasih dapat meringankan penderitaannya. Menu makanan yang diberikan juga harus diatur demi kesehatannya.

  • Advertisement
  • Bagi penderita penyakit kronis

  • Mungkin Anda memerlukan bantuan seorang juru rawat atau kerabat untuk meringankan beban. Anda juga mungkin membutuhkan bantuan untuk mengurus hal-hal lain seperti memasak atau mengurus anak-anak yang masih kecil, supaya Anda dapat lebih memusatkan tenaga dan perhatian kepada si sakit.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Cinta, obat mujarab bagi si sakit

Ketika Anda putus asa merawat anggota keluarga yang sedang sakit, ingatlah bahwa perhatian dan kasih sayang terbukti dapat mempercepat kesembuhan mereka.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr