Nutrisi yang saya berikan untuk keluarga sudah cukup! Yakin? Ini dia kata dokter.

Ada dua jenis nutrisi; yaitu nutrisi mikro dan nutrisi makro. Jika keduanya termasuk dalam asupan di tubuh kita, maka manfaatnya bagi tumbuh kembang anak akan semakin maksimal. Dari mana saya bisa mendapatkan nutrisi makro dan mikro?

2,433 views   |   6 shares
  • Dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak, dibutuhkan nutrisi yang tepat agar bisa bekerja efektif di dalam tubuh. Selain itu, fakta juga menyebutkan bahwa 80 persen kualitas kesehatan seorang anak dipengaruhi oleh saluran cerna dan lingkungan. Asupan nutrisi yang tepat ini akan memberikan hasil yang maksimal jika nutrisi bekerja dengan saling mendukung.

  • Dalam sebuah konferensi pers yang diadakan oleh Sarihusada pada 11 Mei 2015 lalu, dr. Tria Rosemiarti, Medical Affairs Manager Sarihusada menyebutkan bahwa zat-zat gizi ternyata tidak bekerja sendirian.

  • Beberapa zat gizi bekerja secara sinergi dengan saling mendukung, karena semua komponen nutrisi dapat berperan sebagai katalis dari nutrisi lain, serta dapat membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik dan efektif di dalam tubuh.

  • "Jenis nutrisi ini terdiri dari 2 jenis, makro dan mikro. Makro maksudnya asupan nutrisi yang bisa dihitung, seperti karbohidrat. Sementara mikro adalah yang tidak terhitung, seperti mineral. Jika kedua jenis nutrisi ini bersinergi, tentu hasilnya akan lebih optimal," ungkap dr. Tria dalam kesempatan konferensi pers Sarihusada.

  • Inovasi kombinasi gizi ini merupakan penyesuaian jumlah zat-zat gizi untuk dapat bekerja dengan saling mendukung dan sinergi. Kombinasi gizi ini salah satunya bisa dicontohkan dengan sinergi vitamin D untuk penyerapan kalsium yang berperan dalam pembentukan dan kekuatan tulang dan gigi, serta vitamin C, membantu penyerapan zat besi agar anak tetap aktif dan terhindar dari anemia.

  • Konsep sinergi antara dua zat gizi tersebut dapat menjadi dasar pengembangan inovasi solusi gizi bagi para produsen nutrisi ibu dan anak, salah satunya Sarihusada. Formula gizi yang bersinergi ini diharapkan mampu menyediakan kebutuhan gizi yang berbeda bagi tahapan tumbuh kembang seorang anak. Namun, pemenuhan gizi ini tentunya juga harus dicukupi sejak tahap kehamilan, hingga Si Kecil lahir.

  • "Tumbuh kembang adalah sebuah proses berkelanjutan, di mana awal kehidupan menjadi dasar bagi perkembangan di masa depan. Kombinasi zat-zat gizi yang memberikan sinergi dari dua zat gizi atau lebih, akan mendukung pencapaian optimal setiap tahap dalam proses tumbuh kembang," tutup dr. Tria.

  • Kombinasi zat gizi ini semuanya memang bertujuan untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan fisik, kognitif, imunitas, metabolisme, serta tulang dan gigi, juga penyediaan energi.

  • Sedangkan pada ibu hamil, nutrisi yang bersinergi juga dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin dan membantu ibu memberikan nutrisi yang baik bagi janinnya. Ibu hamil memerlukan beberapa sinergi nutrisi, seperti asam folat dengan B12, vitamin D yang bersinergi dengan kalsium, vitamin C yang bersinergi dengan zat besi, serta vitamin B1 yang bersinergi dengan vitamin B2.

  • Advertisement
  • Asam folat terkandung dalam buah alpukat, kemudian vitamin B12 paling banyak terkandung dalam keju, daging sapi, telur, ikan dan tempe. Sementara vitamin B1 bersumber dari sayur-sayuran hijau. Nah, inilah saatnya Anda siap dengan asupan lengkap nutrisi mikro dan makro untuk sehari-hari. Demi tumbuh kembang anak-anak serta keluarga tercinta.

  • Ditulis oleh : Aulia Trisna untuk Keluarga.com

  • Disunting oleh : Wiwin Wirwidya Hendra

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Lulus sebagai Sarjana Sastra dan menjabat sebagai Content Manager www.keluarga.com. Wiwin mengawali kariernya di media cetak harian nasional tertua di Indonesia, mengasah kemampuannya sebagai jurnalis mulai dari reporter junior hingga editor senior di beberapa majalah gaya hidup asing dan lokal Indonesia.

Situs: http://wiwinwiw.wordpress.com

Nutrisi yang saya berikan untuk keluarga sudah cukup! Yakin? Ini dia kata dokter.

Ada dua jenis nutrisi; yaitu nutrisi mikro dan nutrisi makro. Jika keduanya termasuk dalam asupan di tubuh kita, maka manfaatnya bagi tumbuh kembang anak akan semakin maksimal. Dari mana saya bisa mendapatkan nutrisi makro dan mikro?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr