Fakta di balik penggunaan softlens

Ternyata, meskipun memakai softlens terlihat lebih keren ataupun lebih nyaman ketimbang memakai kacamata, softlens juga memiliki fakta lain yang wajib Anda ketahui jika Anda salah satu penggunanya.

7,643 views   |   6 shares
  • Softlens atau lensa kontak adalah salah satu tren masa kini. Penggunanya pun tidak mengenal batas usia. Jika dahulu softlens hanya sebuah penganti warna lensa kontak mata seseorang, saat ini, softlens telah hadir dengan berbagai varian bagi seseorang yang memiliki mata minus atau plus benar-benar dapat mengubah penampilan seseorang. Sekalipun softlens memudahkan aktivitas si pemakainya, berikut adalah faktanya:

  • 1. Ketika memakai softlens biasanya muncul rasa kering atau tidak nyaman. Ini diakibatkan karena kadar air pada softlens Anda berkurang. Jika hal ini dibiarkan, ini dapat membuat Anda mengalami iritasi mata.

  • 2. Sebaiknya gunakan softlens yang dapat diganti setiap hari, karena jenis softlens ini, dibanding softlens yang dapat bertahan berbulan-bulan, lebih aman, karena kandungan kadar airnya lebih tinggi, dapat meminimalisir kemungkinan terkena kuman dan juga rentan terkena iritasi mata.

  • 3. Jangan sembarang memilih softlens atau terkecoh dengan harga yang murah. Pastikan menggunakan softlens yang memiliki kualitas UV

  • block ability agar mata Anda selalu terlindung dari paparan sinar UV yang berbahaya dan juga kadar air yang tinggi, agar dapat menghindari iritasi yang berlebihan.

  • 4. Softlens tidak disarankan digunakan dalam waktu yang lama atau seharian karena dapat membuat mata menjadi mudah iritasi, disebabkan oksigen tidak dapat masuk pada kelopak mata karena terhalang oleh softlens yang digunakan. Biasanya disarankan untuk menggunakannya selama kurang lebih lima jam saja, dan mengistirahatkan mata sejenak, kemudian baru dapat menggunakannya lagi. Berikut adalah cara penggunaan softlens dengan benar:

  • 1. Cucilah tangan menggunakan sabun kemudian keringkanlah dengan kain yang tidak berserat sebelum menyentuh atau mencuci softlens. Kebersihan tangan sangatlah penting ketika menggunakan softlens.

  • 2. Setelah itu, ambillah softlens dari tempatnya, kemudian letakkan pada telapak tanggan Anda, lalu cuci atau bersihkan softlens Anda dengan cairan khusus pembersihnya. Upayakan untuk meneteskan cairan pembersih softlens tersebut sebanyak tiga hingga lima kali, sambil Anda usap-usapkan dengan ujung jari Anda, agar jika ada kotoran yang menempel pada permukaan softlens, kotoran tersebut dapat keluar, dan softlens Anda menjadi bersih.

  • 3. Sebelum menempelkan softlens pada kelopak mata Anda, gunakan terlebih dahulu cairan penetes mata khusus untuk. Ini dapat membantu menambah kelembapan atau kadar air pada softlens Anda ketika digunakan.

  • Advertisement
  • 4. Dalam pemakaian softlens sebaiknya sering-seringlah meneteskan air tetes khusus softlens agar membuat mata Anda tetap lembab dan tidak kering.

  • 5. Setelah menggunakan softlens bersihkan terlebih dahulu tempat softlens Anda, baru memasukan softlens tersebut. Simpanlah softlens pada tempat yang sejuk.

  • 6. Ketika Anda sangat sering memakai softlens dalam keseharian Anda, upayakanlah agar jari yang Anda gunakan ketika membersihkan softlens tidak memiliki kuku yang panjang.

  • 7. Terakhir, ketika menggunakan softlens, pastikan Anda selalu melindungi mata Anda dari debu yang berlebihan khususnya saat berada di luar rumah.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Fakta di balik penggunaan softlens

Ternyata, meskipun memakai softlens terlihat lebih keren ataupun lebih nyaman ketimbang memakai kacamata, softlens juga memiliki fakta lain yang wajib Anda ketahui jika Anda salah satu penggunanya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr