Tetangga masa nggak rukun?

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain, termasuk tetangga. Nah, kalau Anda masih belum juga rukun dengan tetangga sebelah, tak perlu gengsi untuk memulai hubungan baik.

1,137 views   |   2 shares
  • Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain, termasuk tetangga. Nah, kalau Anda masih belum juga rukun dengan tetangga sebelah, tak perlu gengsi untuk memulai hubungan baik. Kenapa? Karena tetangga adalah orang pertama yang akan Anda butuhkan ketika sesuatu yang buruk terjadi pada rumah Anda. Inilah beberapa tips untuk menjalin hubungan baik dengan tetangga.

  • Pasang wajah ramah

  • Wajah yang diam dan tidak berekspresi terkadang memberikan banyak arti bagi orang yang melihat Anda. Tetangga yang melihat Anda seperti ini juga tentu akan bertanya-tanya mengapa Anda tidak pernah senyum terhadap mereka. Mereka bisa saja menganggap Anda adalah orang yang jutek atau galak. Untuk itu, ketika keluar atau masuk rumah, pasanglah selalu wajah yang ramah dengan senyum yang lebar. Dengan begitu Anda secara tidak langsung membangun keakraban dengan mereka.

  • Undang tetangga ketika hendak membuat acara tertentu

  • Tetangga adalah orang terdekat yang ada di sekitar rumah Anda. Untuk itu, tak ada salahnya ketika Anda hendak membuat acara syukuran, ulang tahun atau pernikahan, undanglah juga tetangga Anda. Dengan mengundang mereka pada acara-acara tertentu, tetangga Anda akan merasa dihargai. Hal ini akan meningkatkan keakraban dan silahturahmi yang baik di antara kalian.

  • Sesekali balas kebaikan tetangga

  • Biasanya, ada tetangga yang baik, yang ketika sedang ada acara atau memasak makanan tertentu membagikannya pada Anda. Atau bahkan ketika pergi berlibur, mereka membawakan Anda oleh-oleh. Jika Anda memiliki tetangga yang seperti ini, balaslah juga kebaikan mereka dengan melakukan hal yang sama. Sebagai wujud bahwa Anda juga peduli terhadap mereka dan selalu mengingat mereka. Sehingga, silahturahmi selalu terjaga dengan baik.

  • Menyapa di luar kompleks rumah

  • Ketika bertemu dengan tetangga di luar kompleks rumah, jangan malu untuk menyapa mereka dengan ramah. Jangan sungkan pula untuk berbasa-basi. Percayalah, ketika Anda melakukan hal yang sederhana ini, tetangga Anda akan menilai bahwa Anda orang yang baik, sehingga mereka akan baik dan juga segan kepada Anda.

  • Menolong saat kesulitan

  • Cobalah lebih peka terhadap lingkungan. Perhatikanlah apakah ada tetangga yang membutuhkan bantuan Anda. Katakan pada tetangga terdekat Anda, "Jika ada apa-apa atau memerlukan bantuan, jangan sungkan untuk bilang ya." Dengan begitu, Anda menanamkan gotong-royong dalam lingkungan ru. Sehingga, ketika tetangga Anda membutuhkan bantuan, Anda dapat menolongnya, dan sebaliknya ketika Anda yang membutuhkan bantuan, mereka akan ada untuk membantu Anda.

  • Advertisement
  • Menjaga hubungan silahturahmi dan saling tolong menolong dalam bertetangga akan membuat hidup menjadi baik. Namun Anda juga perlu berhati-hati dalam bertetangga. Memang, ada tetangga yang bisa kita anggap seperti keluarga kita sendiri, tetapi, ada juga tetangga yang memiliki sikap kurang baik dan hanya suka bergosip. Untuk itu, hindarilah bergaul dengan tetangga seperti itu.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Tetangga masa nggak rukun?

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain, termasuk tetangga. Nah, kalau Anda masih belum juga rukun dengan tetangga sebelah, tak perlu gengsi untuk memulai hubungan baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr