Gemas karena pasangan Anda tipe soliter? Tenang saja...

Pasangan Anda lebih nyaman menyendiri? Sulit diajak bergabung dengan keramaian keluarga besar atau teman-teman lain? Jangan khawatir. Tipe kepribadian seperti ini memang terkesan rumit, padahal sebenarnya amat sederhana.

4,416 views   |   11 shares
  • Menurut kamus OXFORD, solitary berarti melakukan sesuatu sendirian tanpa orang lain. Solitary juga dikaitkan dengan menikmati kesendirian. Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, soliter bermakna menyendiri.

  • Kalau Anda pernah belajar psikologi, ada kepribadian yang disebut introvert, yakni orang-orang yang cenderung soliter, nyaman dengan kesendirian. Menurut Myers-Brigg Type Indicator, kepribadian introvert ini mendapatkan energi justru dengan menyendiri. Ini terbalik dengan kepribadian ekstrovert yang senang berkumpul dengan teman-teman.

  • Ada di antara kita yang memiliki pasangan dengan kepribadian seperti ini? Katakan seberapa sulitnya berkomunikasi dengan orang yang lebih senang menyendiri. Mungkin terasa amat sulit, apalagi jika kita adalah pasangan hidupnya yang, seharusnya, menjadi teman berbagi segalanya.

  • Menurut Anindita Budhi S.Psi dari personal growth, beragam alasan menyebabkan seseorang memiliki tipe kepribadian seperti ini. Tidak terbatas karena perfeksionis atau sulit percaya pada orang lain. Penyebab utamanya biasanya sangat erat dengan pola asuh, lingkungan tempat ia tumbuh, dan pengalaman hidupnya.

  • Anindita juga mengatakan pada dasarnya setiap orang memiliki sifat soliter. Justru dalam kesendirian itulah kita jadi punya waktu untuk berkenalan dengan diri sendiri. Jadi, jika pasangan Anda lebih menikmati kesendiriannya, mungkin itu prosesnya merenungi banyak hal tentang dirinya. Jangan khawatir, proses itu membantunya menemukan kedewasaan.

  • Soliter bukanlah sesuatu yang harus dihilangkan atau dikurangi. Namun dikelola agar kesendiriannya bermakna bagi kehidupan. Tugas pasangannya adalah mengingatkan agar ia memahami kapan ia perlu menyendiri sejenak, dan kapan harus berinteraksi dengan orang lain.

  • Ini tips menghadapi pasangan yang soliter:

  • 1. Utamakan bicara blak-blakan, dari hati ke hati, sebab ia bukanlah orang yang mudah memahami maksud orang lain yang tidak to the point. Jangan pula terlalu menuntut, karena akan membuatnya semakin enggan bersosialisasi. Mulailah dengan duluan mengajaknya ngobrol dan bercerita.

  • 2. Menanggapi sifat dinginnya juga bisa dilakukan dengan senyum, bercanda dan menggoda. Ajak ia masuk ke dunia kita dengan cara yang menyenangkan.

  • 3. Ajak ia bercerita dengan topik yang paling ia gemari untuk memancing cerita darinya.

  • 4. Berikanlah ia kejutan-kejutan kecil. Misalnya, pasangan Anda amat menggilai olahraga, selipkan kartu mungil dengan gambar terkait olahraga favoritnya lalu tuliskan hal-hal sederhana, seperti "Semangat terus ya, hari ini..".

  • Advertisement
  • 5. Berhentilah berharap bahwa pasangan Anda akan bersikap romantis seperti pria lain. Dengan menawarkan kenyamanan, ia akan melakukan hal-hal romantis dengan caranya sendiri. Terimalah ia apa adanya, dan jangan paksakan ia bisa bergaul luwes dengan orang lain. Kitalah yang harus membantunya agar merasa nyaman berada di tengah banyak orang lain.

  • 6. Mulailah ikut mengenal kegemarannya. Ia akan semakin merasa nyaman, karena pasangannya mau mengalah. Sesekali tak ada salahnya meminta agar ia mau ikut mengenal kegemaran Anda.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Gemas karena pasangan Anda tipe soliter? Tenang saja...

Pasangan Anda lebih nyaman menyendiri? Sulit diajak bergabung dengan keramaian keluarga besar atau teman-teman lain? Jangan khawatir. Tipe kepribadian seperti ini memang terkesan rumit, padahal sebenarnya amat sederhana.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr