5 hal penting yang dapat membuat kehidupan Anda di muka bumi ini lebih berarti

Kehidupan di dunia ini adalah kehidupan yang fana tetapi nyata, kita memiliki tubuh yang berdaging dan bertulang, kita tidak lagi hidup sebagai roh sehingga kita bisa merasakan kesedihan juga kebahagiaan.

5,910 views   |   16 shares
  • Banyak orang bertanya-tanya dalam hati apa sih sebenarnya tujuan mereka dilahirkan ke dalam dunia ini. Mereka menjalani rutinitas tanpa memiliki gol tertentu. Belum lagi, berbagai duka kehidupan harus dihadapi, seperti kehilangan orang yang dicintai, dan sebagainya. Ironisnya, tak sedikit yang akhirnya menyerah dan terjebak dalam depresi. Padahal, apa pun agama atau kepercayaan Anda, sesungguhnya dalam kehidupan ini ada beberapa hal yang setiap manusia perlu pelajari dalam hidupnya, agar kita senantiasa berbahagia dengan apa pun yang kita jalani:

  • 1. Membuat kemajuan spiritual

  • Tuhan itu ada. Mustahil segala sesuatu yang ada di dalam alam semesta ini bisa tercipta dengan sendirinya. Dan manusia adalah makhluk hidup yang telah diciptakan-Nya dengan sangat spesial. Oleh sebab itu, kita wajib membuat kemajuan spiritual, harus mencari tahu siapa sebenarnya yang telah menciptakan kita, dan berserah diri kepada-Nya.

  • 2. Belajar mengendalikan diri

  • Kehidupan ini adalah tempat yang paling ideal untuk belajar. Uniknya, manusia telah diciptakan oleh Tuhan dengan dikaruniai akal, pikiran, serta perasaan sehingga membuatnya lebih istimewa daripada makhluk lain. Oleh karena kelebihannya tersebut, manusia diberi mandat agung supaya mampu menjadi khalifah di atas muka bumi ini. Akan tetapi, amanat agung tersebut sering dilanggar oleh manusia. Tak sedikit manusia yang akhirnya justru jatuh dan terjerumus ke dalam kesesatan dan membuat kekacauan di dunia ini. Oleh sebab itu, manusia harus mampu mengendalikan diri agar akal, pikiran serta perasaan dapat bersinergi satu sama lain dan menciptakan kehidupan yang harmonis.

  • 3. Belajar untuk mengasihi sesama

  • Dengan berbekal akal sehat dan nurani, manusia seharusnya mampu mengasihi sesamanya. Akan tetapi kenyataannya tidak berkata demikian. Peperangan, pembunuhan, perselisihan, dan perkelahian adalah buktinya. Hal-hal tersebut seharusnya tidak perlu terjadi, apalagi dilakukan oleh manusia yang memiliki akal, pikiran dan perasaan. Namun, inilah tujuan sebenarnya dari kehidupan. Tuhan menempatkan manusia dalam kehidupan ini supaya mereka dapat belajar. Belajar untuk mengasihi dirinya sendiri, sesamanya dan juga alam sekitarnya.

  • 4. Mempelajari ilmu pengetahuan

  • Kehidupan di dunia ini adalah kehidupan yang fana tetapi nyata, kita memiliki tubuh yang berdaging dan bertulang, kita tidak lagi hidup sebagai roh sehingga kita bisa merasakan kesedihan juga kebahagiaan. Akan tetapi tidak hanya sampai di situ saja. Tuhan telah memberikan kesempatan kepada setiap manusia untuk mempelajari ilmu pengetahuan yang dapat mempermudah kehidupannya dan juga untuk membantu kehidupan makhluk yang lain.

  • Advertisement
  • 5. Belajar untuk membedakan antara kebaikan dan kejahatan

  • Di dalam kehidupan ini akan selalu ada perbedaan yang sebenarnya bisa bersinergi satu sama lain dan menciptakan suatu keharmonisan. Di dalam diri manusia sendiri pun juga demikian. Sejak awal mula diciptakan, manusia telah mewarisi di dalam dirinya sifat-sifat baik dan jahat. Oleh karena itu, selama kehidupannya di dunia, manusia diberi kesempatan supaya mampu mengembangkan dirinya agar dapat membedakan antara kebaikan dan kejahatan.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

5 hal penting yang dapat membuat kehidupan Anda di muka bumi ini lebih berarti

Kehidupan di dunia ini adalah kehidupan yang fana tetapi nyata, kita memiliki tubuh yang berdaging dan bertulang, kita tidak lagi hidup sebagai roh sehingga kita bisa merasakan kesedihan juga kebahagiaan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr