Tips merayu si kecil yang tidak suka buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan si kecil. Untuk itu, upayahkanlah memperkenalkannya sejak dini padanya, agar si kecil dapat terbiasa mengomsumsinya.

803 views   |   1 shares
  • Dalam masa pertumbuhan seorang anak sangat memperlukan nutrisi dan gizi yang cukup bagi tubuhnya. Tujuannya, agar si kecil memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas, tumbuh dengan sehat dan juga menunjang perkembangan otaknya. Untuk itu, sejak kecil, terapkanlah pola makan yang sehat bagi anak Anda dengan memperkenalkannya makanan empat sehat lima sempurna, yaitu kandungan protein, karbohidrat, zat besi, serta nutrisi yang cukup. Misalnya, nasi, ayam atau daging, tahu atau tempe, telur, sayuran dan juga susu. Dari beberapa makanan tersebut, kebanyakan anak kecil tidak menyukai buah dan sayuran, dikarenakan alasan yang berbeda-beda. Mereka terkadang susah untuk membuka mulut ketika melihatnya. Padahal kandungan dalam buah dan sayuran sangat baik untuk perkembangan si kecil. Untuk itu, jika anak Anda salah satu anak yang tidak suka makan buah atau sayuran, berikut rayuan yang boleh dicoba:

  • 1. Perkenalkan terlebih dahulu nama buah-buahan dan sayur-sayuran sambil memperlihatkan si kecil gambar atau miniatur mainan yang berbentuk serupa. Kemudian jelaskan pada si kecil, yang mana buah yang lezat, bergizi dan apa saja kandungannya. Jika perlu, katakan juga buah atau sayuran apa yang menjadi kesukaan Anda sejak kecil hingga sekarang. Sehingga si kecil dapat termotivasi untuk mencoba buah atau sayuran yang orang tuanya sukai.

  • 2. Tempat makan yang lucu dan menarik ternyata juga dapat memberikan semangat bagi si kecil untuk makan. Meskipun mungkin makanan yang disediakan tidak begitu disukainya, tetapi ketika melihat piring atau sendok dengan gambar kartun favoritnya, ini juga dapat membuatnya menjadi semangat untuk makan. Untuk itu, jika bisa, sediakan perlengkapan makan seperti, piring, sendok, garpu dan gelas dengan gambar menarik yang mampu memikat hati si kecil.

  • 3. Sesekali ajaklah si kecil berbelanja kebutuhan memasak bersama Anda pada akhir pekan. Berikanlah kesempatan untuk si kecil mengenal secara langsung buah dan sayuran. Kemudian, biarkan si kecil mencoba dan memilih buah dan sayuran apa yang diinginkannya untuk dibeli. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda telah berhasil membuatnya menyukai beberapa buah dan sayuran.

  • 4. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuatkannya bekal makanan yang lucu. Misalnya buatlah bekal berbentuk pemandangan yang indah. Gunakan brokoli sebagai pohonnya, wortel atau seledri sebagai bunga-bunganya, kembang kol sebagai awannya, labu kuning untuk mataharinya. Dengan melihat bekal dengan bentuk pemandangan yang lucu seperti itu, biasanya ini dapat menarik minat anak untuk mencoba memakannya.

  • Advertisement
  • 5. Hidangan potongan buah-buahan dapat menjadi camilan yang pas ketika si kecil ingin nonton. Cobalah untuk membuat variasi menarik untuk memadupadankan buah tersebut agar si kecil menyukainya. Misalnya, dengan memberikan coklat cair sebagai pendamping buah atau Anda juga dapat menambahkan

  • marshmallow untuk variasianya. Coklat dan marshmallow adalah salah satu camilan yang paling digemari oleh anak-anak.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Tips merayu si kecil yang tidak suka buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan si kecil. Untuk itu, upayahkanlah memperkenalkannya sejak dini padanya, agar si kecil dapat terbiasa mengomsumsinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr