Berbisnis rumah di negeri Paman Sam ternyata tidak semudah yang dibayangkan!

Menjadi makelar di Indonesia dapat dijadikan pekerjaan sambilan, dari makelar karcis sampai makelar mobil dan rumah. Tetapi di Amerika Serikat, pekerjaan ini menyita banyak waktu, tenaga dan uang.

737 views   |   shares
  • Menjadi makelar di Indonesia dapat dijadikan pekerjaan sambilan, dari makelar karcis sampai makelar mobil dan rumah. Modal utama usaha ini adalah mulut. Banyak kenalan mendatangkan banyak relasi bisnis. Hal seperti ini tidak mungkin terjadi di Amerika Serikat. Menjadi makelar di negeri ini menyita banyak waktu, tenaga dan uang. Semboyan bisnis ini: untuk menghasilkan uang, kita harus menggunakan uang. Mau tahu apa saja tantangannya?

  • Kursus dan surat izin

  • Untuk mengerjakan sesuatu di Amerika Serikat diperlukan surat izin, tak terkecuali makelar rumah atau realtor. Mereka yang ingin menjadi realtor harus mengikuti kursus kira-kira sebulan untuk mempelajari peraturan lokal dan nasional tentang jual beli rumah. Biaya kursus itu sendiri sekitar US$500. Ada dua ujian yang harus diambil, ujian nasional dan ujian negara bagian dan terkenal sulit. Bahkan, ada yang mengambil tes tiga kali dan tetap saja tidak lulus. Setiap mengambil tes itu harus membayar sekitar $100.

  • Kantor realtor

  • Sesudah lulus dan mendaftar di kantor pemerintah untuk mendapatkan surat izin dengan biaya US$125, kini giliran mencari kantor realtor yang mau menampung kita sebagai anak buah. Ini mudah bila kita rela membayar sekitar US$250 untuk memakai meja dan komputer di kantor itu. Anda mendapatkan kunci dan bisa memakai fasilitas kantor seperti mesin fotokopi dan mesin cetak. Mobil ingin dijadikan iklan berjalan dengan menempelkan foto dan info tentang Anda di kaca belakang atau badan mobil itu? Bukan perkara sulit. Anda perlu belajar bagaimana menjadi realtor yang berhasil dan memperoleh banyak uang? Ada kursus dibimbing mentor tekenal yang sudah berpengalaman bertahun-tahun.

  • Badan Asosiasi

  • Ada sebuah badan asosiasi yang mengatur seluk-beluk kerja dan peraturan. Dari asosiasi ini, kita mendapat kunci untuk masuk ke rumah-rumah yang dijual. Di sinilah kita harus mengeluarkan biaya terbesar, sekitar US$1500 setahun untuk mendapatkan kunci. Rumah-rumah yang dipasarkan sering kali sudah tak berpenghuni. Di pintu depan rumah itu dipasang semacam alat untuk menyimpan kunci rumah. Itulah gunanya kunci yang kita dapat dari badan asosiasi. Kunci ini memberitahu siapa yang masuk ke rumah, tanggal dan jam kita masuk, karena ada kode tertentu yang harus kita masukkan ketika memakainya.

  • Persaingan harga

  • Ketika seorang calon pembeli merasa tertarik terhadap sebuah rumah, mereka mengajukan permohonan kepada pemilik. Dan bila ada orang lain yang mengajukan penawaran lebih tinggi, tentu calon barulah yang mendapatkan rumah tersebut. Realtor yang handal juga harus mempunyai bank yang mau bekerja sama dengannya. Ketika si pembeli berhasil memberi penawaran tertinggi untuk sebuah rumah, dia memerlukan bantuan bank guna menutup pembelian. Bank akan membayar harga rumah termasuk segala biaya jual beli, pajak dan lain-lain. Kecanggihan realtor seperti inilah yang memungkinkan pembeli membeli rumah tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Tentu saja angsuran bulanan harus dibayar sendiri.

  • Advertisement
  • Keuntungan

  • Realtor mendapat keuntungan sekitar 3% dari harga rumah dipotong komisi yang harus dia berikan kepada kantor realtor dan rekan yang memasukkan dia ke kantor itu.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Berbisnis rumah di negeri Paman Sam ternyata tidak semudah yang dibayangkan!

Menjadi makelar di Indonesia dapat dijadikan pekerjaan sambilan, dari makelar karcis sampai makelar mobil dan rumah. Tetapi di Amerika Serikat, pekerjaan ini menyita banyak waktu, tenaga dan uang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr