Derita lansia di Negeri Paman Sam

Kita mengira bahwa kehidupan orang lanjut usia di negara maju pasti lebih baik daripada di negara berkembang. Ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

439 views   |   shares
  • Banyak yang mengira bahwa kehidupan orang lanjut usia di negara maju lebih terjamin daripada di negara berkembang. Ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Banyak kebobrokan yang dilakukan oleh para petugasnya.

  • Sepasang suami-istri lansia tiba-tiba didatangi petugas sosial yang membawa surat dari pengadilan. Mereka dianggap tidak dapat mengurus diri di rumah pribadi yang cukup bagus dan bersih. Mereka terkejut tetapi tidak dapat berbuat apa-apa. Keduanya akhirnya diboyong ke sebuah perumahan bagi orang jompo, diberikan kamar yang bersih, makanan bergizi, dan pengobatan yang dianggap perlu. Orang lain mungkin menganggap ini menyenangkan. Namun kedua manula itu merasa kebebasannya direnggut.

  • Anak perempuan mereka dianggap pemerintah tidak sanggup mengurus orangtuanya akibat narkoba. Tetapi dia melihat adanya kecurangan yang tidak boleh didiamkan saja. Akhirnya dia mengontak Channel 13 TV Las Vegas untuk menyelidikinya.

  • Seorang reporter wanita dikirim ke rumah jompo tempat pasangan lansia ini "dikurung." Pimpinan rumah jompo menjawab terbata-bata beberapa pertanyaan yang diajukan reporter. Dengan bukti kwitansi, sang reporter bertanya mengapa ada beberapa tagihan dobel dan mengapa satu celana tidur ditagih US$300. Pimpinan rumah jompo menjawab, "Kami akan mengembalikan uang mereka." Akhirnya peristiwa ini diajukan ke pengadilan untuk dibereskan secara hukum.

  • Saya sendiri pernah bekerja di sebuah rumah jompo dan melihat bagaimana pimpinan rumah jompo berusaha mengeruk keuntungan dengan mengorbankan para lansia yang dirawat. Demi mengirit biaya, saya harus bekerja seorang diri mengurus 20 lansia yang kebanyakan sudah sulit berjalan sendiri. Melihat keadaan mereka, saya cukup sedih memikirkan bahwa suatu saat mungkin saja saya mengalami yang mereka alami. Untung keadaan ini tidak berlangsung lama karena ketika ditinjau petugas pemerintah, pengurusan rumah jompo itu dianggap tidak beres dan harus diganti.

  • Kasus seperti ini tidak jarang terjadi di Amerika Serikat, karena itulah dibuat hukum yang lebih berat bagi orang yang menganiaya lansia, seperti juga para penganiaya anak di bawah umur. Populasi manula di Amerika hampir mencapai 50% dari seluruh penduduk. Pada tahun 1930-an di AS terjadi resesi besar-besaran yang disebut Great Depression. Banyak orang jatuh miskin sehingga terpaksa mengantre jatah makanan dari pemerintah. Ketika ekonomi bangkit kembali sesudah perang dunia kedua, banyak bayi lahir. Merekalah yang disebut baby boomer dan kini mereka menjadi manula yang berusia sekitar 60-an.

  • Advertisement
  • Banyak orang memanfaatkan keadaan ini untuk bisnis, seperti skuter yang aman untuk lansia. Banyak juga yang menipu atau menjarah manula yang kurang diperhatikan keluarganya. Hal ini membuat bank-bank memperingatkan pegawainya untuk lebih memperhatikan para nasabah lansia. Kemungkinan mereka dipaksa perawatnya untuk menandatangani cek yang diuangkan. Di kota besar, tidak jarang ada berita di mana seorang lansia dirampok di jalan atau di rumahnya sendiri.

  • Di Indonesia, manula mungkin lebih beruntung karena dapat tinggal dengan anak-cucunya. Adat-istiadat kita yang mementingkan keluarga membuat kita rela mengurus orang tua kita yang sudah lansia. Dalam hal ini, bersyukurlah jika Anda masih diberi kesempatan untuk merawat orangtua. Tentu, hal itu juga membuat mereka bahagia, bukan?

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Derita lansia di Negeri Paman Sam

Kita mengira bahwa kehidupan orang lanjut usia di negara maju pasti lebih baik daripada di negara berkembang. Ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya benar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr