Kebiasaan buruk orangtua dan kesehatan anak

Anak-anak melihat perilaku orangtuanya dan belajar dari itu, mereka juga tak jarang ketika sudah tumbuh remaja akan ikut-ikutan untuk melakukan hal yang sama yang pernah dilakukan orangtua mereka.

2,939 views   |   6 shares
  • Penelitian yang pernah dilakukan oleh salah seorang mahasiswa dari Universitas Indonesia memperkuat kaitan antara kesehatan seorang anak dengan perilaku orangtuanya. Dikutip dari majalah ilmu kesehatan Universitas Indonesia, berikut ini ada beberapa kebiasaan orangtua yang perlu segera diperbaiki agar anak-anak mereka dapat selalu hidup dengan sehat:

  • 1. Merokok

  • Orangtua yang perokok perlu menyadari bahwa kebiasaan merokok mereka sangat tidak baik bagi kesehatan dirinya maupun bagi seluruh anggota keluarganya. Apalagi bila kebiasaan tersebut dilakukan di dalam rumah di mana anak-anak mereka juga tinggal di dalamnya. Daya tahan tubuh seorang anak umumnya belum sekuat orang dewasa. Ketika anak-anak sering menghirup asap beracun yang dihasilkan oleh rokok orangtuanya, maka anak-anak dapat menderita penyakit saluran pernapasan atas atau ISPA, bahkan lebih buruknya lagi sebagai perokok pasif anak-anak dapat menderita penyakit yang lebih berbahaya, yaitu kanker paru-paru.

  • 2. Mengonsumsi alkohol

  • Orangtua yang peminum alkohol dan kerap mabuk-mabukan dapat mempengaruhi perangai seorang anak menjadi nakal. Anak-anak melihat perilaku orang tuanya dan belajar dari itu, mereka juga tak jarang ketika sudah tumbuh remaja akan ikut-ikutan untuk melakukan hal yang sama menjadi seorang peminum alkohol dan suka mabuk-mabukan. Ketika seorang anak pada masa remajanya sudah terbiasa mengonsumsi alkohol, maka kesehatannya dapat terganggu dan di antara mereka tidak mampu hidup hingga usia tua.

  • 3. Tidak mencuci tangan ketika akan makan

  • Sebagai orangtua kadang Anda tidak tahu kegiatan apa saja yang sudah dilakukan oleh anak-anak seharian. Orang tua perlu menyadari bahwa anak-anak umumnya belum menyadari sepenuhnya arti penting menjaga kebersihan tubuhnya. Karena itu, sejak dini ajari mereka melalui teladan Anda agar terbiasa menjaga kebersihan tubuhnya melalui cara mudah, yaitu mencuci tangan sebelum makan.

  • 4. Tidur terlalu larut malam

  • Begadang di jam-jam tidur di waktu malam sangat tidak baik bagi kesehatan, tetapi sayangnya ada banyak orang dewasa yang melakukan kebiasaan ini. Ketika begadang sampai dilihat bahkan ditiru oleh seorang anak, maka akan mendatangkan banyak hal negatif bagi dirinya, selain berdampak pada kesehatannya juga akan membuat anak mengalami kesulitan untuk bangun di pagi hari, sehingga dapat mempengaruhi konsentrasinya ketika berada di sekolah.

  • 5. Mengonsumsi makanan tidak sehat

  • Orangtua perlu menyadari bahwa apa yang dikonsumsinya belum tentu cocok dan sehat untuk dikonsumi oleh anak-anak. Sebagai contoh makanan cepat saji, minuman bersoda, gorengan, makanan pedas, daging berlemak dan sebagainya. Anda disarankan untuk selalu memberikan asupan makanan bergizi kepada mereka, sehingga anak-anak Anda dapat tumbuh dengan sehat dan tidak mudah jantuh sakit.

  • Advertisement
  • 6. Malas berolahraga

  • Jangan jadikan kesibukan Anda dalam bekerja sebagai alasan malas berolahraga. Anda perlu menyadari bahwa kebiasaan Anda malas dalam berolahraga dapat memengaruhi kebiasaan anak Anda juga. Kesehatan tubuh tidak hanya ditunjang melalui mengonsumsi makanan sehat saja, tapi tubuh juga harus dilatih dengan melakukan olahraga supaya tetap kuat, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

  • 7. Mengonsumsi makanan manis

  • Meningkatnya angka penderita diabetes yang dialami oleh anak-anak adalah bukti bahwa penyakit ini tidak lagi didominasi oleh orang dewasa saja. Berawal dari gaya hidup tidak sehat dan makanan yang dikonsumsi menjadi penyebab mengapa angka penderita diabet pada anak tiap tahunnya mengalami peningkatan. Sebuah lembaga survei kesehatan menemukan fakta bahwa makanan manis yang sering dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak seperti es krim, permen, kue-kue,dan sebagainya adalah sebagai penyebab utamnyanya.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Kebiasaan buruk orangtua dan kesehatan anak

Anak-anak melihat perilaku orangtuanya dan belajar dari itu, mereka juga tak jarang ketika sudah tumbuh remaja akan ikut-ikutan untuk melakukan hal yang sama yang pernah dilakukan orangtua mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr