Ketika kegagalan datang, apa yang harus saya lakukan?

Dengan adanya kegagalan dalam hidup kita, kita tentunya mendapatkan kesempatan berharga untuk dapat memperbaiki kesalahan yang telah kita perbuat. Untuk itu, hadapilah kegagalan dengan melakukan tips berikut ini.

2,560 views   |   8 shares
  • Dalam kehidupan ini, tentu akan selalu ada pasang surutnya. Terkadang, kita dapat merasakan kebahagian, namun terkadang kita juga dapat mengalami kegagalan. Kehidupan ini, tidak pernah selalu berjalan mulus seperti apa yang kita rencanakan atau bahkan kita inginkan. Meskipun kita telah berusaha sekuat tenaga dan mengorbankan segalanya, hasilnyapun tidak pernah bisa kita ketahui. Kegagalan dalam hidup ini adalah sesuatu biasa. Tanpa adanya kegagalan, kita tidak akan pernah tahu kesalahan yang kita perbuat. Dengan adanya kegagalan, kita tentunya mendapatkan kesempatan berharga untuk dapat memperbaiki kesalahan yang telah kita perbuat. Untuk itu, ketika kegagalan datang menghampiri hidup Anda, hadapilah dan jadilah positif dengan melalukan beberapa saran berikut ini.

  • Menerima

  • Tentu semua orang tidak menginginkan kegagalan terjadi dalam hidupnya. Namun jika kegagalan itu datang menimpa Anda, terimalah dengan lapang dada dan besar hati. Meskipun kegagalan tersebut sangat membuat hati Anda hancur dan kecewa berusahalah untuk menerimanya dengan ikhlas.

  • Bersyukur

  • Cara terbaik agar kita dapat berlapang dada menerima kegagalan yang datang dalam hidup ini adalah dengan bersyukur. Dalam setiap ajaran agama kita diajarkan untuk selalu bersyukur dalam setiap kondisi, baik senang maupun susah. Karena bersyukur adalah wujud kita menghargai dan menerima takdir yang telah diberikan Tuhan bagi hidup kita. Ketika Anda bersyukur dengan sepenuh hati, yakinlah hati Anda akan menjadi lebih damai dan beban pikiran yang ada dalam benak Anda akan berkurang secara perlahan-lahan.

  • Cari tahu penyebabnya

  • Setiap kegagalan, tentu ada penyebabnya. Untuk itu, ketika Anda mengalami kegagalan dalam hidup Anda, cari tahu apa yang menyebabkan Anda menjadi gagal. Dengan tahu penyebab dari kegagalan tersebut, Anda dapat mengintrospeksi diri Anda, sehingga ini akan membantu Anda menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

  • Terus belajar

  • Tentunya setiap kegagalan memberikan pelajaran yang besar bagi hidup Anda. Untuk itu, ketika Anda mengalami kegagalan, jangan pernah menjadi tidak percaya diri dengan kemampuan yang Anda miliki. Ambillah sisi positif dari kegagalan ini, dan jadikanlah itu pembelajaran baru bagi hidup Anda. Teruslah belajar, sehingga nantinya Anda tidak akan jatuh ke dalam lubang yang sama.

  • Berusaha

  • Setelah Anda mengalami kegagalan, jangan menjadi patah semangat untuk terus berjuang menggapai tujuan-tujuan lain dalam hidup Anda di masa depan. Meskipun Anda telah gagal dalam satu situasi, bukan berarti Anda tidak memiliki kesempatan lainnya. Masih banyak kesempatan-kesempatan lain di masa depan yang menanti Anda. Anda hanya perlu berusaha lebih keras lagi.

  • Advertisement
  • Berdoa

  • Hal terakhir yang perlu Anda selalu lakukan, baik ketika mengalami kegagalan atau senang sekalipun, Anda harus tetap selalu berdoa. Berdoalah pada Yang Kuasa, agar Anda diberikan berkat-berkat yang Anda perlukan dalam hidup ini. Berdoalah, agar setiap usaha dan kerja keras Anda dapat didengar dan dikabulkan. Ketika Anda bersungguh-sungguh dan yakin dengan doa Anda pribadi, percayalah, pada waktu yang tepat, Tuhan akan memberikan apa yang Anda inginkan dan perlukan.

  • Jangan pernah berkecil hati atau kecewa pada diri Anda sendiri atau orang lain ketika Anda mengalami kegagalan dalam hidup Anda. Yakinlah, kegagalan adalah proses yang akan menghantarkan Anda menuju ke kebahagian yang sejati.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Ketika kegagalan datang, apa yang harus saya lakukan?

Dengan adanya kegagalan dalam hidup kita, kita tentunya mendapatkan kesempatan berharga untuk dapat memperbaiki kesalahan yang telah kita perbuat. Untuk itu, hadapilah kegagalan dengan melakukan tips berikut ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr