Tips menjadi freelancer yang sukses

Sebagai ibu rumah tangga, Anda dapat menjadi wanita yang sukses dalam mengurus keluarga dan juga dapat sukses dalam karier, meskipun itu hanya pekerjaan sampingan.

868 views   |   2 shares
  • Freelanceadalah suatu pekerjaan tenaga lepas atau pekerjaan sampingan yang tidak terikat oleh suatu instansi manapun. Sehingga, si pekerja dapat bekerja di manapun dan kapanpun dia bisa. Biasanya, pekerjaanfreelanceini akan dihargai dengan berapa jam si pekerja tersebut bekerja untuk melakukan pekerjaan yang diminta. Terkadang keuntungan dari pekerjaan freelance cukup menggiurkan. Pekerjaan semacam ini biasanya sangat cocok dilakukan para ibu rumah tangga yang memutuskan untuk berhenti kerja karena mengurus keluarga terutama anak-anaknya. Bagi para wanita yang tidak bekerja namun dulunya Anda memiliki pengalaman kerja atau gelar sarjana, sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkan ilmu yang Anda dapatkan. Meskipun Anda berfokus untuk mengurus keluarga kecil yang Anda cintai, bukan berarti Anda tidak dapat lagi menyalurkan kreativitas dan bakat yang Anda miliki. Meskipun hanya sebuah pekerjaan sampingan, Anda juga dapat sukses jika Anda sungguh-sungguh dalam menjalaninya. Bagaimana caranya untuk menjadi seorang freelance yang sukses? Simak tips bermanfaat berikut ini.

  • Mengikuti perkembangan yang ada

  • Anda perlu selalu mengetahui perkembangan yang ada. Dengan wawasan yang Anda miliki akan memungkinkan orang dapat lebih yakin pada kemampuan yang Anda miliki, sehingga dapat membuat Anda lebih mudah mendapatkan pekerjaan apa saja yang Anda inginkan. Meskipun Anda mungkin lebih sering di rumah karena mengurus keluarga, itu bukan hambatan untuk Anda dapat mengetahui dunia luar. Gunakanlah teknologi yang semakin maju ini, untuk membantu Anda mengetahui pekembangan informasi-informasi terkini.

  • Resume yang menarik

  • Untuk menarik minat klien, sebagai seorang freelance, Anda perlu mengutamakan riwayat hidup, pendidikan serta pengalaman kerja yang Anda miliki. Buatlah resume yang mudah dimengerti, tidak bertele-tele, namun tetap menarik. Sehingga, sekali orang melihat resume yang Anda miliki, mereka akan langsung tertarik pada Anda. Buatlah juga blog khusus untuk memuat karya atau tulisan-tulisan maupun penelitian yang pernah Anda lakukan, sehingga si klien dapat mudah melihat kemampuan yang Anda miliki. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memasukkan resume Anda pada website atau aplikasi untuk mencari pekerjaan, seperti Jobstreet atau Jobsdb. Dengan begitu kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan freelance akan lebih mudah. Dan jangan lupa pula, untuk selalu memperbaharui resume Anda.

  • Advertisement
  • Memperluas jaringan pertemanan

  • Meskipun bekerja di rumah, Anda tetap perlu memiliki teman-teman. Karena dengan memiliki banyak teman atau kenalan, secara tidak langsung ini membantu Anda untuk mendapatkan peluang yang lebih besar untuk bertemu dengan klien. Manfaatkan jaringan sosial yang ada, seperti Facebook, Twitter, Google Hangouts dan lainnya.

  • Melakukan yang terbaik

  • Ketika Anda berhasil melakukan pekerjaan dengan baik, klien Anda tentu akan sangat puas dan senang dengan hasilnya, sehingga, klien Anda akan memberikan pekerjaan secara terus menerus untuk Anda. Dengan reputasi yang Anda miliki ini, tidak menutup kemungkinan klien Anda akan merekomendasikan Anda pada orang lain, sehingga pekerjaan freelance ini akan terus berdatangan.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Tips menjadi freelancer yang sukses

Sebagai ibu rumah tangga, Anda dapat menjadi wanita yang sukses dalam mengurus keluarga dan juga dapat sukses dalam karier, meskipun itu hanya pekerjaan sampingan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr