Jebakan kenangan buruk

Janganlah menyesali kenangan buruk masa lalu Anda. Masa lalu tidak bisa diubah. Namun, Anda bisa mengubah masa lalu yang buruk dengan memperbaiki diri Anda untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.

1,592 views   |   3 shares
  • Setiap manusia di dunia ini tentu memiliki kenangan akan masa lalu. Umumnya kenangan yang baik dan indah pastinya tidak ingin untuk dilupakan. Namun, bagaimana halnya dengan kenangan buruk yang menyedihkan dan memalukan yang pernah menimpa Anda? Jangan menjadikan kenangan buruk sebagai penghambat untuk melanjutkan hidup Anda. Lakukanlah beberapa trik berikut dengan harapan Anda dapat terbebas dari kenangan buruk tersebut.

  • 1. Menjauh dari kenangan yang ingin dilupakan

  • Setiap kenangan buruk biasanya menyisakan kesedihan, kekecewaan dan rasa malu pada diri Anda. Anda akan dengan mudah mengingat kembali setiap kenangan buruk tersebut ketika Anda secara tidak sadar ke tempat-tempat tertentu yang memiliki kenangan-kenangan buruk tersebut atau bertemu dengan orang-orang yang berhubungan dengan masa lalu Anda atau Anda tidak sengaja menemukan benda-benda yang menjadi bagian dari kenangan Anda. Semua hal tersebut pasti akan mengganggu pikiran Anda, mengingatkan kembali hal-hal yang seharusnya tidak perlu diingat lagi yang menjadi pemicu kenangan buruk itu muncul lagi setelah sekian lama hilang. Untuk itu, sebisa mungkin menjauhlah dan berusaha menghindar dari semua hal yang berhubungan dengan masa lalu Anda tersebut.

  • 2. Melakukan kegiatan yang menyenangkan

  • Sesuatu yang menyenangkan tentu membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks dan perlahan-lahan akan membantu pikiran Anda untuk tidak mengingat lagi hal-hal buruk. Semakin banyak hal-hal yang menyenangkan yang Anda lakukan, semakin berkurang hal-hal buruk yang tinggal dalam pikiran Anda. Cobalah untuk menghabiskan waktu kosong Anda dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai namun tetap positif. Baik Anda lakukan sendiri ataupun bersama dengan orang-orang yang bisa membuat Anda bahagia.

  • 3. Mengalihkan pikiran

  • Ketika suatu waktu, tiba-tiba Anda mendapati diri Anda sedang memikirkan kenangan buruk Anda, cobalah melatih pikiran Anda untuk langsung mengubah pikiran Anda dengan kenangan yang indah. Jangan memberi kesempatan yang banyak bagi si kenangan buruk melintas dalam pikirin Anda. Jangan biarkan pikiran itu muncul lebih dari tiga menit. Anda tentu tidak mau hal tersebut merusak suasana hati Anda. Intinya, berusahalah untuk selalu berpikir positif. Misalnya ketika kenangan buruk itu terlintas, cobalah mengalihkankannya dengan berpikir betapa bahagianya Anda sekarang dengan kehidupan baru yang penuh kebahagiaan yang Anda miliki saat ini.

  • 4. Selesaikan tugas dan kewajiban Anda

  • Advertisement
  • Daripada memikirkan kenangan buruk itu, lebih baik Anda memikirkan tugas kantor atau kewajiban di rumah yang belum terselesaikan. Sebaiknya segeralah Anda kerjakan dan tuntaskan. Bekerja dan melakukan sesuatu kegiatan dapat membantu otak Anda untuk beraktivitas. Ketika otak Anda sibuk beraktivitas, maka secara tak langsung Anda akan lupa akan kenangan buruk itu.

  • 5. Jangan menyendiri

  • Dalam keadaan sendiri, Anda cenderung duduk diam dan memberi kesempatan yang banyak pada otak Anda untuk memikirkan hal-hal yang buruk. Orang yang suka menyendiri sering menghabiskan waktu untuk memikirkan dirinya sendiri. Namun, jika Anda termasuk kategori orang yang suka menyendiri, Anda bisa mencoba melakukan kegiatan seperti yoga, membaca, menulis, mencari hiburan pada aplikasi gadget, memasak atau menonton dvd favorit Anda. Jika memungkinkan, habiskanlah waktu sesering mungkin bersama keluarga, pasangan dan teman-teman Anda.

  • Janganlah menyesali kenangan buruk pada masa lalu Anda. Masa lalu tidak bisa diubah. Namun, Anda bisa mengubah masa lalu yang buruk dengan memperbaiki diri Anda untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Jebakan kenangan buruk

Janganlah menyesali kenangan buruk masa lalu Anda. Masa lalu tidak bisa diubah. Namun, Anda bisa mengubah masa lalu yang buruk dengan memperbaiki diri Anda untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr