Tolong! Saya sering merasa kesepian di tengah orang-orang yang saya cintai

Kesepian yang sesungguhnya bukan berarti merasa sendiri karena tidak ada teman, melainkan kurangnya perhatian dan kasih sayang ketika dikelilingi oleh orang-orang tercinta.

8,840 views   |   26 shares
  • Tak jarang, rasa sepi melanda bahkan ketika dikelilingi oleh orang-orang yang dicintai. Kesepian akan sangat terasa menyakitkan. Banyak sekali kasus depresi berujung kematian diakibatkan rasa sepi.

  • Sebenarnya, apa yang menyebabkan rasa sepi? Faktor utamanya adalah ketika seseorang merasa ditinggal sendirian, yang antara lain disebabkan:

    1. Ditinggal sang pacar

    2. Berada jauh dari keberadaan orang tua

    3. Berada di negara atau kota lain

    4. Akibat perceraian

    5. Sibuknya suasana kantor mengakibatkan kurangnya interaksi antar teman sekerja

  • Pernahkah Anda merasa kesepian meskipun Anda juga masih bersama orang-orang terdekat? Itulah yang dimaksud dengan kesepian yang sesungguhnya. Rasa sepi itu mungkin saja disebabkan karena pada saat bersama keluarga di rumah, istri sedang sibuk menonton acara kesukaan. Atau sebaliknya, suami sibuk dengan pekerjaan di rumah, sehingga tidak memperhatikan istrinya. Bisa juga kakak atau adik yang sedang sibuk dengan game. Atau pacar terlarut dengan dunia situs jejaring sosialnya, sehingga lupa waktu.

  • Nah, bagaimana mengatasinya? Hal-hal berikut ini mungkin bisa membantu:

  • 1. Hindari pikiran egois terhadap orang tercinta

  • Mungkin pasangan atau orang tercinta sedang mengalami titik jenuh dalam kegiatan rutinitasnya. Berilah mereka kebebasan untuk mengekspresikan emosi dengan hobinya yang mungkin dapat membuat dia lebih membaik nanti.

  • 2. Bersikap dewasa (untuk yang berumah tangga)

  • Rasa sepi dapat membantu kita untuk lebih mudah berintropeksi diri. Sudah baikkah Anda dengan orang tercinta, atau apa ada sesuatu yang kurang dari diri Anda? Memberikan segalanya yang terbaik untuk orang tercinta adalah hal yang sangat mulia (selama itu hal yang positif), karena itu tunjukkan perhatian Anda terhadap orang tercinta. Janganlah bersikap kekanak-kanakkan yang hanya berpikir, "kenapa tidak ada yang peduli dengan saya?" atau "bagaimana supaya orang-orang memahami saya?" Carilah perlahan penyebab mengapa orang terdekat kurang memperhatikan Anda, dan tetaplah berpikir positif.

  • 3. Membuat kesibukan

  • Bagi yang mengalami kesendirian, cobalah untuk membuat kesibukan positif. Kegiatan ini bertujuan menurunkan kondisi stres akibat rasa sepi. Jangan sampai menyibukkan diri dengan hal negatif seperti sering pergi ke tempat yang banyak menyediakan minuman alkohol ataupun berbagai kegiatan negatif lainnya.

  • Kesepian tidaklah harus membuat Anda takut akan perjalanan hidup yang berliku-liku ini. Semua dikembalikan kepada diri sendiri, bagaimana mengatasi rasa sepi, dan bagaimana menganggap kesepian sebagai pacuan untuk menuju kedewasaan dan hidup yang lebih baik, serta menguatkan diri supaya menjadi lebih kuat dalam menghadapi masalah.

  • Advertisement
1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Tolong! Saya sering merasa kesepian di tengah orang-orang yang saya cintai

Kesepian yang sesungguhnya bukan berarti merasa sendiri karena tidak ada teman, melainkan kurangnya perhatian dan kasih sayang ketika dikelilingi oleh orang-orang tercinta.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr