Uang sekolah makin mahal, keperluan sehari-hari juga mencekik? Tenang, tabungan keluarga bisa menyelamatkan Anda!

Demi kesejahteraan rumah tangga, Anda harus memiliki tabungan keluarga. Kenapa? Dan apa saja manfaatnya? Inilah alasannya.

2,749 views   |   5 shares
  • Membuat anggaran setiap bulan sangat penting bagi pasangan suami-istri. Bukan hanya mengatur anggaran untuk keperluan sehari-hari, Anda dan pasangan juga harus mulai memiliki tabungan keluarga. Mengapa tabungan keluarga sangat krusial? Apa saja manfaatnya? Inilah penjelasannya.

  • 1. Kesehatan

  • Tentunya, setiap orang menginginkan sehat, tetapi sakit terkadang tak bisa dihindari. Maka dari itu, sisipkanlah tabungan untuk kesehatan keluarga. Jangan sampai salah satu anggota keluarga Anda sakit dan Anda tidak memiliki tabungan ekstra untuk biaya perawatan. Anda bisa mengikuti asuransi kesehatan atau BPJS yang telah disediakan pemerintah.

  • 2. Pendidikan anak

  • Setiap tahunnya, biaya sekolah semakin meningkat. Jika Anda menginginkan pendidikan terbaik untuk si kecil, sebaiknya sisipkan dana untuk pendidikan anak sejak dini. Anda bisa mendaftarkan anak dalam asuransi pendidikan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi nantinya karena ini telah menjamin masa depan yang cerah bagi anak-anak Anda.

  • 3. Investasi

  • Investasi sangat baik, karena Anda dapat mengembangkan tabungan yang Anda miliki. Misalnya, menginvestasikan uang Anda dengan membeli rumah, dolar, atau emas. Tidak ada ruginya menginvestasikan sebagian uang untuk membeli barang berharga, karena semakin hari, harga dari barang-barang tersebut selalu naik. Dengan begitu, berarti Anda telah berhasil memiliki investasi jangka panjang yang akan memberikan keuntungan bagi keluarga Anda di masa depan.

  • 4. Kehilangan pekerjaan

  • Jika Anda bekerja dengan orang lain di sebuah perusahaan, pikirkanlah kemungkinan terburuk yang akan terjadi di masa depan. Mungkin saja saat ini pekerjaan yang Anda miliki sangat baik dan memiliki bayaran yang cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga Anda. Namun bukan tidak mungkin perusahan tempat Anda bekerja menjadi tidak stabil bahkan bangkrut, sehingga Anda bisa saja kehilangan pekerjaan. Untuk mengantisipasi kemungkinan itu, sebaiknya sisihkan gaji Anda untuk modal usaha atau tabungan darurat, jika kemungkinan buruk itu terjadi.

  • 5. Pensiun

  • Menabung untuk masa tua atau pensiun sangatlah penting. Di masa tua Anda dan pasangan mestinya menikmati jerih payah saat masih bekerja dulu. Meskipun Anda memiliki dana pensiun dari kantor sekalipun, sebaiknya Anda tetap menyisihkan tabungan sendiri untuk dana pensiun Anda dan pasangan. Baik berupa investasi atau mengikuti asuransi pensiun sejak dini. Agar di hari tua nanti, kebutuhan Anda dapat selalu tercukupi tanpa perlu merepotkan keluarga atau anak-anak.

  • Advertisement
Baca, hidupkan, bagikan!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Uang sekolah makin mahal, keperluan sehari-hari juga mencekik? Tenang, tabungan keluarga bisa menyelamatkan Anda!

Demi kesejahteraan rumah tangga, Anda harus memiliki tabungan keluarga. Kenapa? Dan apa saja manfaatnya? Inilah alasannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr