6 hal yang harus dihindari agar resume Anda terlihat menarik di mata perusahaan

Resume secara garis besar menggambarkan siapa diri Anda dan kemampuan Anda yang sebenarnya. Untuk itu, sebelum Anda mengajukan diri untuk melamar di suatu perusahaan, buatlah sebaik-baiknya resume Anda.

1,149 views   |   0 shares
  • Ketika telah lulus dari sekolah, tentunya tujuan akhir Anda adalah mencari pekerjaan, bukan? Mencari pekerjaan bukanlah suatu hal yang mudah, banyak hal yang harus Anda persiapkan. Namun yang terpenting ketika Anda ingin mengajukan diri untuk melamar di sebuah perusahan impian Anda, tentunya Anda harus memiliki sebuah resume yang baik. Resume adalah kunci terpenting yang dapat membuat Anda berhasil mendapatkan pekerjaan. Resume secara garis besar menggambarkan siapa diri Anda dan kemampuan Anda yang sebenarnya. Untuk itu, sebelum Anda mengajukan diri untuk melamar di suatu perusahaan, buat resume Anda yang menarik dan jujur. Inilah enam hal yang harus Anda hindari:

  • 1. Menjelaskan tujuan Anda mencari kerja

  • Jangan menjelaskan secara menyeluruh latar belakang mengapa Anda ingin mencari kerja. Mungkin tujuan Anda agar orang yang membaca resume Anda dapat melihat motivasi dan tujuan hidup Anda, tetapi sebenarnya, ini hanya akan membuat Anda dinilai sebagai orang yang hanya peduli dengan diri sendiri dan ingin mencari simpati.

  • 2. Posisi kerja tidak relevan

  • Jika Anda telah memiliki banyak pengalaman kerja, jangan memasukkan semua pengalaman kerja Anda jika posisi Anda sebelumnya tidak relavan dengan pekerjaan yang ingin Anda dapatkan sekarang. Masukkanlah pengalaman kerja atau posisi yang terkait dengan posisi yang ingin Anda ajukan di perusahan tersebut. Lagi pula, banyaknya pengalaman kerja yang Anda masukkan juga hanya akan membuat orang menilai bahwa Anda orang yang tidak loyal karena Anda sering berganti-ganti pekerjaan.

  • 3. Bahasa yang sulit

  • Gunakan kalimat yang mudah dipahami. Tak jarang pelamar menulis resume dengan bahasa yang terlalu baku atau berat atau berputar-putar, yang bertujuan menarik minat si pembaca resume agar terkesan dengan keahlian bahasanya. Padahal, jika Anda menggunakan bahasa yang sulit, kebanyakan si pembaca resume seperti HRD malah akan malas untuk membacanya.

  • 4. Menyombongkan diri

  • Dalam membuat resume, jangan menulis semua hal yang menyatakan bahwa Anda bisa mengerjakan semua hal. Mengiklankan diri sendiri boleh-boleh saja, namun tidak perlu berlebihan. Fokuslah pada satu keahlian, agar mereka dapat menilai Anda sebagai orang profesional.

  • 5. Foto yang santai atau berlebihan

  • Jangan sekali-kali memasukkan foto yang santai atau yang berlebihan, dengan gaya ala model. Dalam melampirkan foto dalam resume Anda, masukkanlah pas foto yang profesional dan rapi dengan latar warna polos sepeti putih, merah dan biru. Dengan begitu, orang yang melihat penampilan profesional dalam foto Anda.

  • Advertisement
  • 6. Terlalu detail

  • Meskipun Anda memiliki banyak pengalaman atau pendidikan informal, jangan menuliskan semuanya dalam resume Anda. Resume adalah kertas selembar atau dua lembar yang menuliskan gambaran garis besar Anda, bukan sebuah buku diari yang dapat Anda jadikan tempat curhat secara detail tentang semua pengalaman kerja Anda sebelumnya. Saring baik-baik apa yang ingin Anda tulis ketika membuat resume, jika bisa buat resume Anda secara singkat padat dan jelas, sehingga terlihat lebih profesional. Dengan begitu, orang yang membacanya pun akan lebih mudah tertarik untuk merekrut Anda bergabung di perusahaan mereka.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

6 hal yang harus dihindari agar resume Anda terlihat menarik di mata perusahaan

Resume secara garis besar menggambarkan siapa diri Anda dan kemampuan Anda yang sebenarnya. Untuk itu, sebelum Anda mengajukan diri untuk melamar di suatu perusahaan, buatlah sebaik-baiknya resume Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr