Bagaimana membedakan permintaan maaf yang tulus dan yang palsu?

Ketika kita melakukan kesalahan dan meminta maaf,, apakah kita melakukannya dengan sepenuh hati?

9,434 views   |   16 shares
  • Ketika kita melakukan kesalahan dan meminta maaf, apakah kita melakukannya dengan sepenuh hati? Misalnya dalam rumah tangga, kita melakukan kesalahan terhadap pasangan hidup dan kita ingin memperbaiki kesalahan itu, kita pasti minta maaf dengan sungguh-sungguh. Tetapi ada kalanya kita tidak merasa bersalah tetapi demi mempertahankan kedamaian rumah tangga kita minta maaf. Nah, permintaan maaf seperti ini mungkin hanya di mulut karena dalam hati kita merasa benar. Bagaimana membedakan permintaan maaf yang tulus dari yang sekadar basa-basi saja? Bagaimana seharusnya reaksi kita atas permintaan maaf itu?

  • Permintaan maaf selebriti

  • Orang-orang terkenal yang minta maaf karena salah ngomong atau kesalahan yang lain mengatur permintaan maafnya dengan seksama. Mungkin juru bicaranya atau public relation-nya mengatur agar permintaan maaf itu terlihat sungguh-sungguh. Ketika pemain golf tersohor, Tiger Wood terbongkar skandal perselingkuhannya dengan banyak wanita, dia minta maaf di depan umum. Tidak saja peristiwa itu dapat menghancurkan rumah tangganya namun juga merusak nama baiknya sebagai selebriti. Seperti yang kita ketahui permintaan maaf itu tidak digubris oleh istrinya yang tetap saja minta cerai. Tetapi citranya di lapangan golf terselamatkan, sampai sekarang dia masih berjaya. Siapa yang tahu apakah dia tulus minta maaf atau hanya melakukannya karena terpaksa berhubung tertangkap basah. Tetapi bagian public relation-nya sudah menjalankan tugas mereka dengan sukses. Publik menganggap skandal itu adalah urusan pribadinya yang tidak perlu dicampurbaurkan dengan profesinya.

  • Permintaan maaf teman

  • Teman Anda berbuat salah dan meminta maaf, berjanji tidak akan mengulanginya. Anda akan tahu apakah permintaan maaf itu tulus atau tidak dari janjinya. Kalau dia tetap mengulangi kesalahannya berarti permintaan maafnya cuma basa-basi.

  • Permintaan maaf suami-istri

  • Seorang suami yang selingkuh dan meminta maaf kepada istrinya dapat dinilai ketulusannya dari prilakunya. Apakah dia benar-benar memutuskan hubungannya dengan si wanita lain ataukah dia masih mencuri-curi pergi bersamanya. Si istri sebagai wanita memiliki naluri yang tajam pasti dapat mencium kebusukan suaminya. Sebaliknya bila Anda memilih untuk mempertahankan rumah tangga demi anak-anak, perhatikan apakah permintaan maaf suami Anda benar-benar tulus.

  • Sebaliknya, seorang istri yang suka lupa diri bila pergi ke pusat perbelanjaan menyebabkan anggaran belanja menjadi tidak seimbang gara-gara pengeluaran yang tidak pada tempatnya. Ketika suami marah-marah, dia minta maaf dan berjanji tidak akan berbuat seperti itu lagi. Nah, bisa dilihat apakah sang istri benar-benar membuktikan permintaan maafnya.

  • Advertisement
  • Permintaan maaf seorang anak

  • Ketika masih kecil mungkin anak Anda pernah berbuat kenakalan yang sengaja maupun tidak. Karena takut akan hukuman, dia minta maaf sembari menangis dan berjanji tidak akan mengulang kesalahan itu. Misalnya saja dia mencuri uang dari dompet Anda dan menghamburkan uang itu untuk jajan di sekolah, membeli mainan dan mentraktir teman-temannya. Ketika Anda sadar bahwa uang Anda hilang dan mengetahui siapa yang mengambilnya, anak Anda meminta maaf. Anda dapat menilai ketulusan permintaan maaf itu dari perbuatannya selanjutnya. Pernahkah dia mengambil uang lagi diam-diam? Jika anak kita sadar dan tidak lagi mengulangi kesalahannya berarti permintaan maafnya tulus.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bagaimana membedakan permintaan maaf yang tulus dan yang palsu?

Ketika kita melakukan kesalahan dan meminta maaf,, apakah kita melakukannya dengan sepenuh hati?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr