4 nasehat hidup untuk anak lelaki agar menjadi pria sejati

Sebagai orangtua, kita tidak ingin melihat anak lelaki kita mengalami kegagalan. Berikan nasehat-nasehat untuk membekali masa depan mereka.

40,276 views   |   200 shares
  • Anak merupakan titipan dan berkat dari Sang Pencipta yang harus kita rawat dan didik. Kita hanya memiliki satu kesempatan untuk mendidik anak yang kelak akan menjadi dewasa dan membangun keluarganya sendiri. Ini merupakan tanggung jawab yang besar dan terkadang kita merasa kurang sanggup melakukannya. Kita mengajarkan kepada anak laki-laki bagaimana untuk menjadi pria sejati dan kepala rumah tangga yang berbakti dan mencintai keluarganya. Berikut nasihat-nasihat hidup yang perlu anak laki-laki Anda ketahui:

  • 1. Menghormati perempuan

  • Ajarkan anak lelaki Anda sejak kecil untuk menjadi pelindung dalam keluarga. Berikan keberanian kepada mereka untuk membela saudari atau teman perempuan mereka yang sedang dijahili di sekolah. Pada saat mereka menginjak usia remaja, ajarkan mereka untuk memperlakukan para perempuan di sekolah dengan hormat. Ini akan membentuk mereka bertanggung jawab sebagai seorang kepala keluarga dalam rumah yang akan tetap menghormati istri.

  • 2. Mencegah lebih baik dari mengobati

  • Ajarkan kepada anak laki-laki Anda untuk menghindari hal-hal yang dapat memberikan dampak buruk bagi mereka. Anda memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan kepada mereka apa yang baik dan kurang baik. Selama masih dalam asuhan Anda, berikan contoh-contoh plihan yang buruk serta akibatnya, seperti merokok, minum minuman keras, maupun menggunakan obat-obat terlarang. Terapkan peraturan dalam rumah Anda dan berikan sanksi sewajarnya saat mereka tidak menaati peraturan. Ajarkan kepada mereka untuk berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu.

  • 3. Jadilah teladan dan pemimpin

  • Anak laki-laki diharapkan untuk menjadi pemimpin dalam keluarga, pekerjaan maupun masyarakat di masa depan. Karakter-karakter sebagai pemimpin perlu dipupuk sejak kecil. Ajarkan anak Anda bagaimana menjadi mandiri, tekun, kreatif, sabar dan berpendirian teguh. Nasehati mereka untuk menjadi seseorang yang sama dimanapun mereka berada dalam situasi apapun. Berbuat baiklah kepada setiap orang tanpa memandang suku, rasa atau agama. Kendalikan emosi karena kita membuat hal-hal bodoh saat pikiran kita tidak tenang. Beranikan mereka untuk mengatakan tidak untuk hal-hal yang kurang baik, serta mendukung hal-hal yang positif. Seorang pemimpin adalah seseorang yang berani memberikan contoh dan teladan dengan tindakan daripada dengan kata-kata.

  • 4. Jangan pernah putus asa

  • Dalam kehidupan, terkadang kita menerima suatu musibah maupun kegagalan. Setiap manusia pasti pernah melakukan tindakan-tindakan bodoh karena tidak ada manusia yang sempurna di dunia. Beritahu mereka bahwa Anda akan selalu berada di samping mereka dalam situasi terburuk mereka. Ajarkan kepada mereka untuk tidak mudah putus asa dan belajar dari pengalaman pahit yang mereka alami. Ketika mereka jatuh, berikan harapan bahwa mereka dapat naik lebih tinggi daripada sebelumnya. Kegagalan akan membuat kita menghargai kehidupan lebih baik lagi.

  • Advertisement
1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

4 nasehat hidup untuk anak lelaki agar menjadi pria sejati

Sebagai orangtua, kita tidak ingin melihat anak lelaki kita mengalami kegagalan. Berikan nasehat-nasehat untuk membekali masa depan mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr