Kisah Ira, remaja putri yang berjuang melawan sakit

Perjalanan hidup akan selalu berputar seperti layaknya roda. Perputaran itulah yang akan menempa seseorang menjadi pribadi yang kokoh untuk berjuang menggapai cita-citanya

3,375 views   |   7 shares
  • Masa remaja adalah masa yang paling indah dalam kehidupan seorang gadis. Saat di mana seorang gadis kecil beranjak dewasa dengan segala keceriaan dan tidak mengenal penderitaan karena merasa begitu bahagia. Tidak pernah terbesit dalam benak si gadis kalau suatu hari ia harus mengalami banyak tantangan dalam hidup. Nyatanya, perjalanan hidup akan selalu berputar seperti layaknya roda. Perputaran itulah yang akan menempa seseorang menjadi pribadi yang kokoh untuk berjuang menggapai cita-citanya

  • Kisah Ira yang divonis gagal ginjal

  • Kehidupan seorang remaja sebut saja Ira tidaklah mudah dibanding kebanyakan orang. Di saat teman-temannya sedang asyik bermain atau bersantai dia akan pergi berkumpul bersama teman-temannya para penderita gagal ginjal untuk antri giliran menjalani cuci darah di rumah sakit. Biasanya sebelum pelajaran terakhir di sekolahnya ia harus pamit pulang karena proses ini dimulai pada jam 14.00 siang dan berakhir hingga jam 20.00 pada malam hari. Ketika waktu cuci darah berakhir ia kembali ke rumah untuk mempersiapkan buku-buku dan pelajaran segala keperluannya esok hari di sekolah.

  • Awal mula penderitaannya

  • Suatu hari setelah pulang dari sekolah ia merasa tubuhnya lemah lunglai seakan-akan tenaganya sudah tersedot habis sama sekali. Ia menceritakan pengalaman dan keadaan fisiknya yang mulai menurun pada ibunya. Kedua orangtuanya berunding dan akhirnya memutuskan untuk memeriksakan keadaan puterinya ke dokter. Setelah melakukan berbagai pemeriksaan dengan pengambilan sampel darah di laboratorium. Dokter mendapatkan bahwa fungsi ginjalnya tinggal 7% hingga tidak dapat bekerja maksimal dalam pembuangan racun di tubuh pasiennya.

  • Ia pasrah dan tawakal dalam menjalaninya

  • Sebagai remaja ia menyadari kelemahan jasmani yang dimilikinya dan pasrah meskipun harus menghabiskan hidupnya berada di rumah sakit 2 kali seminggu guna melakukan pembersihan racun di tubuhnya sebagai akibat kegagalan fungsi ginjal yang dideritanya. Ia tidak pernah bermimpi bahwa hidupnya tergantung pada sebuah mesin pencuci darah. Proses ini dikenal dengan sebutan hemodialisa. Sebagai seorang remaja yang penuh semangat dan bergairah dalam melakukan berbagai aktivitas jasmani, olahraga dan camping bersama teman-temannya tetapi apa mau dikata hal ini tidak dapat dilakukannya karena keadaan yang tidak memungkinkan. Dan kenyataan yang ada harus diterimanya dengan lapang dada dan ikhlas kepada Yang Maha Kuasa atas jalan hidupnya. Tidak lupa ia selalu memohon kekuatan dan bimbingan agar bisa terus bertahan hidup dalam menghadapi penderitaannya.

  • Advertisement
  • Dukungan dari kedua orangtua memberinya semangat

  • Kedua orangtuanya selalu memberikan ia semangat untuk mampu menjalani tantangan sebagai remaja yang harus membagi waktunya dengan pelajaran di sekolah dan kegiatan lainnya. Khususnya ketika tubuhnya menjadi lelah, lemah serta sulit baginya untuk konsentrasi dan mudah marah. Nasihat dan bimbingan dari ayahnya membuatnya ia maju dan bangkit dari kelemahan jasmani yang dimilikinya. Sang ibu juga tidak tinggal diam dengan menjadi teman 'curhat' yang setia bagi puterinya baik dalam suka maupun duka.

  • Dukungan dari teman-temannya

  • Bagi Ira, kedatangan teman-temannya di saat dia menjalani cuci darah membuatnya tampak ceria. Proses cuci darah tampaknya sederhana, namun bagi si penderita proses yang berlangsung selama 5 jam ini bukanlah hal yang mudah dan nyaman. Perlu bagi kita untuk memperhatikan dan menemani mereka yang membutuhkan teman dan dukungan sewaktu kerikil-kerikil tajam dalam kehidupan menghampiri saudara atau sahabat kita.

  • Bertahan untuk sesuatu yang lebih baik

  • Hidup di dunia ini tidak cukup hanya menyantap makanan jasmani saja untuk mengenyangkan perut seseorang, tetapi penting pula menikmati makanan rohani guna membangun harapan hidup yang lebih baik dalam mengatasi kesesakan dalam penderitaan. Salah satu cara yang baik adalah dengan mendekatkan diri pada Tuhan agar Anda dapat merasakan curahan rahmat dan kasih-Nya.

Baca, hidupkan, bagikan!

My motto in life is to "Never give up, and life must go on".

Kisah Ira, remaja putri yang berjuang melawan sakit

Perjalanan hidup akan selalu berputar seperti layaknya roda. Perputaran itulah yang akan menempa seseorang menjadi pribadi yang kokoh untuk berjuang menggapai cita-citanya
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr