Pujian yang dapat membangkitkan semangat si kecil

Dengan memberikannya motivasi positif, dia akan berusaha lebih lagi untuk membuat Anda bangga terhadapnya. Untuk itu, sering-seringlah memujinya dengan mengucapkan kata-kata sederhana berikut ini.

2,097 views   |   2 shares
  • Sebagai orangtua, tentu Anda selalu menginginkan yang terbaik bagi buah hati Anda. Jika buah hati Anda tumbuh menjadi anak yang pintar, baik dan selalu membanggakan orangtuanya, tentu ini akan menjadi kebahagian terbesar dalam hidup Anda sebagai orangtua. Untuk mewujudkan semua itu, Anda sebagai orangtua dituntut agar dapat memberikan didikan yang baik bagi anak Anda. Salah satu cara terbaik yang dapat membantu anak menjadi selalu semangat melakukan kewajiban dan aktivitas sehari-harinya adalah dengan selalu memberikan motivasi lewat pujian positif yang dapat membuatnya semangat. Untuk itu, sering-seringlah memujinya dengan mengucapkan kata-kata sederhana berikut ini.

  • "Kamu pasti bisa"

  • Percayalah, kalimat sederhana ini mampu membuat anak Anda menjadi bersemangat. Ketika si kecil sedang belajar, atau ujian, atau sedang berlomba, ketika dia menghadapi kesulitan dan memperlihatkan raut wajah yang tidak semangat karena kurang percaya diri, ucapkanlah kalimat ini, sambil tersenyum padanya dengan setulus hati. Jika dia melihat Anda dengan tulus percaya padanya bahwa dia bisa menghadapi itu, kepercayaan dirinya akan muncul, dan ini sangat membantunya menjadi semangat dan percaya diri kembali.

  • "Kamu sangat berani"

  • Anak-anak dalam pertumbuhannya terkadang ada yang penakut melakukan hal-hal baru, ada juga yang berani melakukan hal-hal baru. Dalam masa pertumbuhan seperti ini, sebaiknya Anda mendidik si kecil untuk berani mencoba segala hal baru, agar dia tumbuh menjadi anak yang percaya diri. Ketika si kecil berhasil menunjukkan keberaniannya, katakan pada dia bahwa dia sangat berani dan Anda bangga padanya. Misalnya ketika di sekolah, dia diminta untuk menampilkan bakatnya di depan umum, katakan padanya, "kamu hebat karena berani menunjukkan bakatmu, ibu bangga padamu". Kalimat sederhana ini pasti akan membuatnya lebih berani dan percaya diri lagi untuk mencoba hal-hal baru lainnya.

  • "Wah, kamu semakin pintar"

  • Setiap hari, dalam mengamati pertumbuhan si kecil, pasti akan selalu ada perubahan terjadi padanya yang membuat Anda terkejut. Baik dalam hal perubahan bentuk tubuh, atau bahkan dalam hal pengetahuannya, misalnya, selalu ada hal-hal baru yang dipelajari dan diketahuinya. Sebagai orangtua, ketika Anda melihat kemampuan anak yang menjadi semakin baik, berikanlah pujian positif padanya dengan mengatakan "wah, kamu semakin pintar". Dengan memberikan pujian positif, ini akan memotivasi anak untuk belajar lebih banyak lagi.

  • Advertisement
  • Jangan ragu untuk mengucapkan pujian positif yang mampu membangkitkan semangat buah hati Anda untuk menjadi lebih baik. Si kecil akan bahagia dan menghargai setiap pujian dari orangtuanya. Ini akan membuatnya menjadi semangat dan termotivasi untuk berusaha lebih baik lagi agar dapat membanggakan Anda sebagai orangtuanya. Akan tetapi, Anda juga perlu hati-hati dalam memberikan pujian, karena jika Anda berlebihan atau salah memberikan pujian, anak akan menjadi sombong karena merasa dirinya telah hebat, sehingga ini akan menjatuhkannya di kemudian hari. Untuk itu, ketika Anda memberikannya pujian, imbangi juga dengan memberikan si kecil nasihat atau didikan yang baik baginya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Pujian yang dapat membangkitkan semangat si kecil

Dengan memberikannya motivasi positif, dia akan berusaha lebih lagi untuk membuat Anda bangga terhadapnya. Untuk itu, sering-seringlah memujinya dengan mengucapkan kata-kata sederhana berikut ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr