Tips berkencan dengan seseorang yang berbeda budaya

Berbedaan bukanlah sebuah hambatan untuk mempersatukan cinta sepasang kekasih, justru perbedaanlah yang dapat membuat cinta itu menjadi semakin berwarna.

1,228 views   |   1 shares
  • Kencan adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh lawan jenis yang saling tertarik, yang tujuannya adalah untuk dapat saling menjajaki atau mengenal satu sama lain. Kencan dengan orang yang memiliki kebudayaan yang sama dengan Anda tentunya akan memudahkan Anda untuk dapat beradaptasi dengannya. Tetapi bagaimana berkencan dengan orang yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda dengan Anda? Banyak hal yang berbeda yang mesti Anda tanggapi sejak dini saat ingin berkencan dengan orang yang berbeda kebudayaan dengan Anda, agar Anda tidak melakukan tindakan yang salah.

  • Komunikasi

  • Saat ingin mencoba kencan dengan orang yang berbeda budaya dengan Anda, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah bagaimana cara Anda berkomunikasi dengannya. Komunikasi selalu menjadi bagian terpenting dalam sebuah hubungan, baik hubungan tersebut baru akan dibangun maupun hubungan tersebut telah terjalin. Pertama-tama, Anda harus tahu orang dari budaya mana yang ingin Anda kencani, misalnya dari Amerika, tentunya Anda juga perlu tahu bahasa yang dia gunakan agar dapat berkomunikasi dengannya. Jika Anda tidak mengerti bahasa yang dia gunakan, Anda dapat belajar sebelum berkencan dengannya. Tetapi jika Anda berdua telah berkencan, jangan khawatir, pelan-pelan seiring berjalannya waktu dan dengan sering bertemu dengannya, Anda pasti akan bisa memahami bahasanya.

  • Menghormati perbedaan budaya itu

  • Kita diajarkan untuk saling menghormati satu sama lain. Untuk itu, terapkan prinsip ini dalam hidup Anda, terutama ketika Anda berkencan dengan orang yang berbeda budaya dengan Anda. Jangan pernah menyinggung atau bercerita tentang hal yang buruk tentang kebudayaannya, dan menjunjung tinggi kebudayaan Anda. Tetapi cobalah untuk pelan-pelan, saling bertukar cerita tentang kebudayaan masing-masing, dan tanggapilah dengan positif meskipun menurut pandangan Anda tidak sepaham dengannya. Bagaimanapun hormati kebudayaan teman kencan Anda tersebut.

  • Katakan sejak awal hal-hal yang lumrah dan tidak pada kebudayaan Anda

  • Ketika kencan dan mulai membina hubungan dengan pasangan yang berbeda budaya dengan Anda, hal penting lain yang harus Anda lakukan sebelum hubungan Anda berdua menjadi semakin dalam adalah, katakan sejak awal hal-hal apa yang boleh dan tidak boleh dalam kebudayaan kita. Misalnya, ciuman di tempat umum atau tidur bersama sebelum menikah adalah hal yang harus dijauhi. Contoh lainnya adalah ketika ingin mengajak kencan, seorang pria harus menjemput dan berkenalan dengan orangtua wanita.

  • Advertisement
  • Jangan mencoba mengubahnya

  • Janganlah sekali-kali memaksakan diri Anda untuk mengubahnya menjadi seperti yang Anda inginkan, karena ini hanyalah akan membuat dia menjadi tersinggung dan malah tidak ingin melanjutkan hubungannnya bersama Anda. Berbedaan akan selalu ada jika Anda menjalin hubungan dengan pasangan yang berbeda budaya dengan Anda. Jika Anda menyukainya dan ingin terus melanjutkan hubungan dengannya, terapkanlah komitmen untuk dapat saling menghargai dan menghormati satu sama lain, tanpa pernah menuntut untuk mengubah orang itu.

  • Berbedaan bukanlah sebuah hambatan untuk mempersatukan cinta sepasang kekasih, justru perbedaanlah yang dapat membuat cinta itu menjadi semakin berwarna.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Tips berkencan dengan seseorang yang berbeda budaya

Berbedaan bukanlah sebuah hambatan untuk mempersatukan cinta sepasang kekasih, justru perbedaanlah yang dapat membuat cinta itu menjadi semakin berwarna.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr