Menyiapkan pesta ulang tahun unik untuk si kecil

Kebanyakan orangtua ingin memberikan pesta yang menyenangkan saat anak berulang tahun. Namun, ada beberapa hal yang jarang terperhatikan. Misalnya tema yang unik, makanan sehat, permainan edukatif, hingga isi goodie bag. Apa sajakah itu?

1,929 views   |   1 shares
  • Orangtua, pada umumnya merasa senang saat buah hatinya berulang tahun. sebab ia bertambah besar, bertambah cerdas, dan hebat. Sebagai perwujudan rasa senangnya tersebut, biasanya orangtua ingin menyelenggarakan sebuah pesta.

  • Belakangan ini, ada begitu banyak playground atau tempat bermain yang bisa dijadikan lokasi acara, lengkap dengan event organizer khusus untuk pesta anak-anak. Namun, pesta yang diselenggarakan pada umumnya sama. Menyebar undangan, meniup lilin, sedikit perlombaan, bermain, hadiah-hadiah, makan bersama dan membagikan goodie bag.

  • Mungkin ada baiknya, jika pesta dibuat berbeda.

  • 1. Lokasi penyelenggaraan

  • Pada umumnya, pesta untuk anak akan diselenggarakan di rumah, di restoran cepat saji, atau di playground. Mungkin akan lebih menarik jika mulai kembali ke alam, dengan mengajak anak-anak bermain outdoor. Pesta diselenggarakan di taman umum, misalnya atau di bumi perkemahan, yang punya lapangan rumput ukuran besar. Bisa juga di lokasi-lokasi umum yang dekat dengan museum. Jadi, tur keliling museum bisa jadi paket acara, ketimbang tur keliling mal. Selain lebih murah, unsur pendidikan pun akan lebih banyak.

  • 2. Kostum yang digunakan

  • Kostum putri raja, dan pangeran yang biasa digunakan, nampaknya akan lebih seru jika berganti kostum tradisional khas Indonesia. Tentunya yang nyaman dan tidak membatasi gerak anak. Kebaya yang dimodifikasi, misalnya atau pakaian si pitung. Hal ini akan membantu untuk lebih memperkenalkan anak-anak pada negaranya. Bisa juga membuat tema pesta "keliling dunia" jadi setiap anak akan menggunakan pakaian yang merupakan ciri khas dari negara-negara di dunia.

  • 3. Makanan yang disajikan

  • Ini amat penting. Pesanlah, atau buat sendiri, kue yang sehat. Misalnya menggunakan tepung bebas gluten, gula alami, hiasan buah. Sebenarnya ada begitu banyak pilihan dalam membuat kue, menggunakan bahan yang baik. Menjadi lebih seru jika membuat semacam "fusion" antara kue-kue internasional dengan kue lokal, yang kini semakin kehilangan pamor. Sajikan kue ape, kue lapis, atau nagasari dengan tampilan yang tak kalah menarik dengan choux atau eclair.

  • Sajikan juga makanan yang sehat, misalnya bakso daging, ikan dory kukus dengan bumbu nikmat, dan jangan lupa sayur-sayuran.

  • 4. Acara dan pengisi acara yang ditawarkan

  • Lomba joget, lomba nyanyi atau permainan-permainan umum saat pesta sudah mulai membosankan. Bagaimana jika diganti dengan permainan tradisional? Orangtua bisa mengundang komunitas layangan, atau musik angklung untuk dimainkan bersama. Anak-anak bisa membuat dan mewarnai layangannya sendiri, bahkan bisa berkompetisi memainkan alat-alat musik tradisional. Atau mengundang komunitas dongeng, yang amat bermanfaat bagi kecerdasan linguistik anak. Banyak permainan dan kegiatan yang tak kalah seru.

  • Advertisement
  • 5. Dekorasi pesta

  • Jika menyelenggarakan pesta di taman umum, atau halaman luas, maka dekorasi yang digunakan bisa lebih menarik. Misalnya dengan bunga-bunga hidup dan tanaman gantung. Bermain dengan kayu dan bambu. Hal ini akan mengundang kupu-kupu, dan hewan cantik lainnya untuk turut bermain. Selain lebih alami, anak-anak pun bisa ikut bermain bersama alam.

  • 6.

  • Goodie bag yang dibagikan

  • Saat pesta usai, stop gunakan kantong plastik yang tidak ramah lingkungan untuk membawakan suvenir ulang tahun. Kita bisa memesan tas kain, yang nantinya bisa digunakan kembali, dengan gambar menarik. Isi tas dengan benda-benda yang bermanfaat, misalnya pensil warna, buku gambar, kue kering sehat, peralatan untuk membuat kerajinan dan sebagainya.

  • Selain unik dan berbeda, tentunya lebih bermanfaat untuk tumbuh kembang anak-anak. Biasakan mereka dengan hal-hal alami yang lebih sehat dan mencerdaskan. Jangan lupa untuk tetap menjaga taman agar tetap asri. Ajak anak-anak untuk membuang sampah di tempatnya. Dan undang anak-anak dari panti asuhan, atau rumah singgah untuk turut bergembira. Hal ini juga akan membangun rasa empati pada anak. Bagaimana, menarik kan?

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Menyiapkan pesta ulang tahun unik untuk si kecil

Kebanyakan orangtua ingin memberikan pesta yang menyenangkan saat anak berulang tahun. Namun, ada beberapa hal yang jarang terperhatikan. Misalnya tema yang unik, makanan sehat, permainan edukatif, hingga isi goodie bag. Apa sajakah itu?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr