Kisah keluarga kaya yang menjadi contoh bahwa kekayaan tidak langgeng selamanya

Kita sering mendengar tentang orang yang begitu kaya sehingga hartanya tidak habis dimakan tujuh keturunan. Tetapi ternyata harta itu tidak langgeng dan sulit dipertahankan.

41,019 views   |   75 shares
  • Kita sering mendengar tentang orang yang begitu kaya sehingga hartanya tidak habis dimakan tujuh keturunan. Tetapi ternyata harta itu tidak langgeng dan sulit dipertahankan. Inilah contoh keluarga-keluarga terkaya di Amerika Serikat yang ternyata tidak dapat mempertahankan hartanya.

  • Keluarga Vanderbilt

  • Ketika dia meninggal di tahun 1877, kekayaan Cornelius "Commodore" Vanderbilt bernilai 100 juta dolar, menurut majalan Forbes. Dia mulai membangun kerajaan kapal uap dan kereta api dengan uang 100 dolar pinjaman dari ibunya. Tetapi generasi ke-6 penerusnya tidak lagi memiliki perusahaan-perusahaan itu. Yang tertinggal hanyalah nama dari usaha-usaha amalnya seperti Vanderbilt University.

  • Keluarga Hartfords

  • Sebagai pewaris dari serangkaian toko makanan A&P yang terkenal, Huntington Hartfords kehilangan kekayaannya akibat gagal bisnis dan gaya hidup playboy. Menurut koran New York Times, Huntington menerima pemasukan 1,5 juta dolar setahun. Pada tahun 1940, dia termasuk orang yang paling kaya di AS. Beberapa puluh tahun kemudian dia menyatakan bangkrut dan pindah ke Bahama.

  • Keluarga Stroh

  • Ketika datang ke AS dari Jerman di tahun 1850, Bernhard Stroh hanya membawa uang $150 dan resep bir keluarganya. Anaknya mengembangkannya menjadi perusahaan raksasa. Pada tahun 1980 keluarga Stroh menjadi perusahaan bir nomor tiga terbesar di AS. Menurut majalah Forbes, kekayaan mereka mencapai 700 juta dolar. Lima generasi berikutnya, perusahaan itu sudah tidak ada akibat kebanyakan hutang, salah perhitungan dan persaingan ketat.

  • Keluarga Pulitzer

  • Cucu dari raja koran Joseph Pulitzer, Peter harus dibantu keuangan oleh suami dari mantan istrinya. Ketika bercerai di tahun 1982, Peter dinilai memiliki kekayaan 25 juta dolar. 400 hektar kebun jeruk di Florida milik Peter dan kedua anak kembarnya nyaris disita bank gara-gara penyakit yang menyerang pohon-pohonnya. Tim Boberg, suami Roxanne Pulitzer, kini menjadi pemilik dari sebagian perkebunan itu.

  • Menilik pengalaman keluarga-keluarga kaya di atas, beberapa orang terkaya di dunia memilih untuk tidak meninggalkan hartanya kepada anak-cucunya. Mereka ingin mendidik keturunannya untuk menghargai kerja keras. Bila mereka ingin memiliki mobil balap atau rumah mewah bak istana mereka harus memperolehnya dari hasil cucuran keringatnya sendiri. Mereka lebih suka mengamalkan hartanya demi perbaikan kehidupan umat manusia.

  • Seperti Bill Gates, pendiri Microsoft yang sering disebut orang terkaya di dunia. Dalam wawancara pada tahun 2010, Bill Gates berkata bahwa kekayaannya tidak akan menguntungkan ketiga anaknya tetapi akan bermanfaat bagi masyarakat. Dia mendirikan Yayasan Bill dan Melinda Gates pada tahun 1994. Bersama Warren Buffet, dia mendirikan usaha amal Giving Pledge.

  • Advertisement
  • Salah satu pendiri rangkaian toko Home Depot, Bernard Marcus, berkata bahwa warisan hanyalah akan menjadi "beban berat" bagi ketiga anaknya. Jika mereka ingin kaya mereka harus bekerja keras. Dia berniat mewariskan sebagian besar saham Home Depot ke Yayasan Marcus yang didirikannya untuk kepentingan pendidikan dan orang-orang tapa daksa.

  • Begitu pula aktor terkenal Jackie Chan menganggap bahwa kedua anaknya dapat bekerja sendiri. Dia memakai hartanya untuk beramal bagi orang-orang miskin di Hong Kong dan kesenian.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Kisah keluarga kaya yang menjadi contoh bahwa kekayaan tidak langgeng selamanya

Kita sering mendengar tentang orang yang begitu kaya sehingga hartanya tidak habis dimakan tujuh keturunan. Tetapi ternyata harta itu tidak langgeng dan sulit dipertahankan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr