Siapa bilang hidup terlalu higienis membuat tubuh anak kebal dari penyakit?

Orang yang hidup di lingkungan yang terlalu higienis ternyata lebih rentan terhadap beberapa penyakit akibat minimnya sistem imun tubuh.

2,801 views   |   12 shares
  • Bersih itu sehat. Itu memang benar. Karena itu kita harus senantiasa menjaga kebersihan demi menjaga kesehatan, terutama kesehatan si kecil. Tapi lingkungan yang terlalu higienis ternyata tidak selamanya baik. Penelitian menemukan adanya perbedaan antara orang yang tinggal di lingkungan dengan nilai sanitasi yang tinggi dan yang rendah. Orang yang hidup di lingkungan yang terlalu higienis ternyata lebih rentan terhadap beberapa penyakit akibat minimnya sistem imun tubuh.

  • Berikut beberapa fakta yang mungkin Anda pernah temui sehari-hari

  • Fakta pertama

  • Mereka yang hidup dengan tingkat ekonomi rendah hanya memanfaatkan barang sisa atau sampah untuk menyambung hidup. Kemanapun orangtua memungut sampah pastinya si bayi akan selalu diajak, dan sudah pasti si bayi selalu dibawa ke lingkungan yang tidak higienis. Tetapi ternyata si bayi masih tetap dapat bertahan dari sakit. Hal ini disebabkan si bayi terbiasa terhadap lingkungan yang tidak higienis, artinya bayi mempunyai kekebalan tubuh yang baik.

  • Fakta kedua

  • Kehidupan di lingkungan perumahan elit pastinya memiliki tingkat kebersihan yang lebih tinggi daripada perkampungan. Seorang anak pasti selalu berada dalam lingkungan yang bersih, mulai dari area bermain, peralatan dan tempat ia makan pun pastinya bersih. Namun justru lebih mudah sakit karena virus karena tubuhnya tidak terbiasa dengan sedikit kuman.

  • Fakta ketiga

  • . Anak perempuan mempunyai kebiasaan lebih sering dirumah daripada anak lelaki. Fakta dari para peneliti menunjukkan bahwa anak perempuan memiliki tubuh dengan kekebalan tubuh lebih lemah daripada anak laki-laki.

  • Mengapa hal ini bisa terjadi? Hasil penelitian mejelaskan bahwa tubuh yang terbiasa dengan kondisi yang tidak bersih akan membuat kekebalan tubuh lebih kuat. Anak yang sering sakit akibat situasi atau kondisi yang cukup ekstrim akan menjadi lebih kebal dari penyakit. Memerangi infeksi membutuhkan sel darah putih sebagai sel kekebalan tubuh. Sel darah putih berfungsi untuk mencari protein asing dari sel di luar tubuh. Apabila benda asing tidak ditemukan oleh sel darah putih maka secara otomatis sel dari dalam tubuh sendirilah yang akan menjadi mangsanya, mengakibatkan beberapa penyakit berbahaya seperti Autoimun, yang mencakup kanker darah, radang usus besar, asma, dan alergi. Untuk penyakit ringannya seperti yang kita alami pada waktu bergantian cuaca seperti flu, radang tenggorokan.

  • Area yang perlu harus selalu dibersihkan untuk terbebas dari hal-hal di atas ialah, kamar tidur, ruang makan, dan dapur karena area tersebut berpengaruh pada kesehatan kesehariannya. Untuk area lain tidak ada yang harus dibersihkan, cukup mandikan si kecil dengan bersih supaya tubuhnya tidak terasa letih dan gatal-gatal akibat keringat dan debu kotor.

  • Advertisement
  • Hidup yang terlalu bersih bukan berarti akan kebal dari penyakit, namun terlalu kotor pun akan mengakibatkan beberapa masalah juga bagi tubuh. Jagalah kebersihan seperlunya dan jangan berlebihan.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Siapa bilang hidup terlalu higienis membuat tubuh anak kebal dari penyakit?

Orang yang hidup di lingkungan yang terlalu higienis ternyata lebih rentan terhadap beberapa penyakit akibat minimnya sistem imun tubuh.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr