Mengurangi konsumsi daging? Kenapa tidak?

Bila ada satu hal yang dapat Anda lakukan yang dapat menyelamatkan hewan, melestarikan lingkungan dan juga menjaga kesehatan Anda, maukah Anda melakukannya? Dengan berpantang daging Anda mencapai ketiga hal itu sekaligus.

1,893 views   |   3 shares
  • Bila ada satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menyelamatkan satwa, melestarikan lingkungan dan juga menjaga kesehatan Anda, maukah Anda melakukannya? Dengan berpantang daging, atau menjadi vegetarian atau vegan, Anda dapat mencapai ketiga hal itu sekaligus. Anda juga dapat mengurangi pengeluaran belanja makanan dan memperluas ketrampilan memasak Anda dengan mempelajari resep-resep baru yang sehat nan lezat!

  • Apa perbedeaan vegetarian dan vegan? Vegetarian menghindari daging tetapi masih mengonsumsi produk yang berasal dari susu dan juga telur. Sedangkan vegan tidak makan daging, telur maupun produk dari susu. Tidak pula memakai kosmetik yang dibuat dengan memakai hewan sebagai percobaan ataupun produk dari kulit, bulu binatang dan sutra.

  • Nah, apa saja manfaat yang Anda dapatkan dengan tidak mengonsumsi daging?

  • Melestarikan lingkungan

  • Para peneliti dari Universitas California Riverside memperhitungkan bahwa memanggang satu daging burger dengan arang menyebabkan polusi sebanyak yang ditimbulkan truk 18 roda yang berjalan sejauh 220 km. Sebuah penelitian di Universitas Loma Linda menunjukkan bahwa vegan mempunyai tapak kaki karbon terkecil, 41% lebih kecil dalam memproduksi gas rumah kaca dibanding para pemakan daging dan 13% lebih kecil dibanding para vegetarian.

  • Kelompok Lingkungan Pew di AS memperkirakan bahwa 523 juta ayam diternak dan dipotong setiap tahunnya di negara bagian Maryland dan Delaware dan menghasilkan kotoran cukup untuk memenuhi atap Gedung Capitol AS 50 kali, atau sekali dalam seminggu. Satu sapi dapat menghasilkan kotoran 60kg sehari. Limbah peternakan meresap ke perairan di AS, dan membunuh hewan laut.

  • Brasilia, negara pengekspor daging sapi terbesar di dunia, membakar hutan Amazon untuk membiarkan sapi-sapi merumput. Luasnya area yang dibakar adalah 10 juta hektar, sebesar negara Portugis dalam waktu 10 tahun menurut laporan Greenpeace. Pemerintah Brasilia sendiri memperkirakan bahwa ada 3 ekor sapi dibanding satu manusia yang hidup di Amazon.

  • Meningkatkan kesehatan

  • Vegan memiliki tingkat kolesterol 133 yang berarti 28 lebih rendah daripada vegetarian dan 77 lebih rendah daripada para pemakan daging. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang kolesterolnya lebih rendah dari 150 tidak akan mengalami serangan jantung. Dr. Dean Ornish bahkan telah mengurangi kemungkinan serangan jantung dengan menyuruh pasien-pasiennya diet vegetarian dan olahraga. Makanan yang berasal dari tanaman dapat melawan kanker karena mengandung anti-oksidan dan phytochemical lainnya sehingga menyembuhkan peradangan dan membunuh karsinogen (zat penyebab kanker). Para penderita diabetes juga dapat mengurangi konsumsi obat dengan lebih banyak mengonsumsi sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian berserat.

  • Advertisement
  • Menyelamatkan hewan

  • Berapa banyak hewan yang Anda selamatkan jika Anda tidak makan daging? Peternak masa kini sering melakukan hal-hal tidak wajar dalam memproduksi daging. Misalnya ayam dan babi dikurung dalam kurungan kecil sehingga tidak bisa bergerak dan disuntik steroid dan zat-zat berbahaya lainnya.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mengurangi konsumsi daging? Kenapa tidak?

Bila ada satu hal yang dapat Anda lakukan yang dapat menyelamatkan hewan, melestarikan lingkungan dan juga menjaga kesehatan Anda, maukah Anda melakukannya? Dengan berpantang daging Anda mencapai ketiga hal itu sekaligus.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr