4 langkah agar semakin disayang mertua

Menjaga hubungan yang harmonis dengan mertua ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan proses yang tidak singkat sampai Anda dan mertua dapat saling memahami.

28,475 views   |   49 shares
  • Ketika Anda memutuskan untuk menikah, berarti Anda telah memutuskan untuk menerima keluarga pasangan menjadi bagian keluarga Anda sendiri, terutama orangtuanya. Setelah menikah, orangtua pasangan menjadi orangtua Anda juga. Untuk itu, sebagai seorang menantu, Anda harus selalu bisa menjaga hubungan yang harmonis dengan mertua Anda. Memang tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan proses yang tidak singkat, hingga dapat membuat Anda dan mertua dapat saling memahami. Tips ini mungkin dapat membantu Anda.

  • 1. Belajar menerima sudut pandang nya

  • Hal pertama yang terkadang sulit membuat kita dekat dengan mertua adalah perbedaan pendapat. Misalnya ketika Anda melakukan sesuatu yang menurut Anda baik, namun ternyata mertua menganggap pilihan itu salah. Tentunya ini akan membuat Anda merasa marah atau tertekan. Nah, kita harus belajar menerima serta memahami sudut pandang mertua karena, ibarat pepatah, orangtua sudah banyak memakan asam garam dunia. Meskipun Anda telah memiliki pemikiran yang lebih moderen dibanding mertua, tidak ada salahnya Anda belajar memahami pemikirannya.

  • 2. Luangkan waktu luang bersama

  • Komunikasi selalu menjadi kunci untuk hubungan yang baik. Komunikasikan selalu apa saja yang menyangkut dengan keluarga pasangan Anda atau hal-hal besar yang berhubungan dengan kehidupan rumah tangga bersama mertua dan orangtua Anda. Sering-seringlah mengajak mertua jalan berdua atau sekadar makan bersama, agar dapat meluangkan waktu bersama untuk dapat saling bertukar cerita. Ketika Anda dapat sering meluangkan waktu bersama mertua Anda, percayalah komunikasi dapat selalu terjaga dengan baik, sehingga hubungan pun akan terjaga harmonis.

  • 3. Sesekali memberikan hadiah

  • Sesekali berikan mertua hadiah. Mungkin mereka tidak pernah minta, atau tidak ingin merepotkan Anda sebagai anak menantunya untuk membelikan mereka hadiah. Namun tidak ada salahnya sesekali membelikan mereka hadiah sebagai bentuk rasa terima kasih atas kasih sayang yang telah diberikannya kepada Anda. Anda dapat membelikan mertua Anda oleh-oleh, ketika Anda berlibur, misalnya, atau ketika mereka berulang tahun dan moment-moment spesial lainnya. Hal ini menandakan Anda selalu mengingat mereka.

  • 4. Selalu peduli

  • Yang penting adalah Anda selalu peduli, tidak hanya terhadap pasangan, tetapi juga keluarga pasangan Anda, terutama mertua karena mertua telah menjadi orangtua Anda juga secara tidak langsung. Pedulilah selalu terhadap mertua Anda, misalnya dengan cara, sering meneleponnya untuk sekadar menanyakan kabarnya, sesekali mengajak mereka makan bersama, memperhatikan kesehatan mereka, dan selalu ada setiap saat bagi mereka ketika mereka membutuhkan Anda. Ketika Anda dapat menunjukan kepedulian Anda dan dengan tulus memperhatikan mertua Anda, rasa hormat yang Anda tunjukan pada mereka ini akan membuat mereka semakin mencintai Anda.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

4 langkah agar semakin disayang mertua

Menjaga hubungan yang harmonis dengan mertua ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan proses yang tidak singkat sampai Anda dan mertua dapat saling memahami.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr