Sungguh saya ingin menjadi ibu tiri yang baik

Sungguh mulia jika dapat menjadi ibu tiri yang baik. Menjadi seorang ibu baru bukanlah hal yang mudah tetapi untuk menjadikan kehidupan yang lebih baik tidak ada yang mustahil untuk bisa Anda lakukan.

7,381 views   |   42 shares
  • Bagaimanakah cara menjadikan ibu tiri sebagai cermin yang baik bagi anak? Sudah menjadi stereotype bahwa ibu tiri merupakan sosok yang mengerikan bagi anak yang diasuhnya. Tapi tidak semua seperti itu. Banyak juga ibu tiri yang tulus menyayangi anak tirinya. Nah, jika Anda siap menikahi seorang duda yang sudah memiliki anak, bagaimanakah caranya agar anak pasangan Anda tidak berpikir buruk tentang Anda? Berikut beberapa tips untuk membantu Anda menjadi ibu tiri yang baik.

  • 1. Mempersiapkan diri sebagai calon ibu yang penyayang

  • Bagi calon ibu yang belum pernah merasakan menjadi ibu haruslah mempersiapkan diri dengan belajar menyayangi anak tiri sedalam-dalamnya, meskipun pastinya terasa berbeda pada saat menimang anak kandung. Apa pun yang terjadi, entah itu nakal atau rewel pahamilah bahwa mereka adalah anak-anak, jadi wajar saja jika mereka sedikit sulit diatur.

  • 2. Mampu menahan emosi

  • Jangan menjadi ibu yang mudah marah. Apabila anak sedang bermain dan Anda terganggu, jangan membentaknya. Cobalah ajak untuk membuat sesuatu yang dapat menambah pengalaman mereka, seperti membuat kue, bermain yang bersifat edukasi, atau membuat sesuatu yang dapat dikerjakan bersama dan menarik.

  • 3. Menganggap anak tiri sama seperti anak kandung

  • Hal terpenting yaitu Anda tidak membedakan perasaan antara rasa sayang terhadap anak kandung dan anak tiri. Anggaplah anak tiri itu merupakan orang yang paling Anda sayangi di dunia ini, terutama bagi Anda yang belum pernah mempunyai anak. Sedangkan bagi Anda yang sudah memiliki anak, bagilah rasa sayang itu sama rata.

  • 4. Memberikan kasih sayang yang tulus tanpa hanya ada maksud tertentu

  • Berikan rasa sayang yang tulus terhadapnya. Janganlah beranggapan menerima anak tiri hanya karena Anda mencintai pasangan hidup. Tanamkan dalam hati bahwa Anda mencintai anak tiri karena Anda adalah ibunya, ibu yang benar-benar menyayangi dan melindungi anaknya.

  • 5. Memberikan perhatian sepenuh hati

  • Anak tiri membutuhkan perhatian dari ibu yang lebih daripada anak kandung karena dia telah merasakan kehilangan ibu yang sebelumnya pernah bersamanya. Anda bisa memberi pengertian kepada anak kandung Anda mengenai perasaan sedih dan kehilangan yang dialami saudara tirinya agar tidak ada kecemburuan antara saudara tiri.

  • 6. Mengajarkan sikap menerima situasi baru

  • Hal ini memerlukan waktu yang cukup panjang dan butuh kesabaran, tidak semua anak tiri dapat dengan mudah dan cepat menerima situasi dan keadaan yang baru. Ini merupakan kehidupan yang baru baginya, jadi bersabarlah untuk sedikit demi sedikit memberikan arahan dalam menyesuaikan situasi yang baru. Jangan terlalu ekstrim dalam merubah kebiasaan dia sebelumnya, karena akan berpengaruh terhadap kenyamanannya serta perubahan pandangan kepada Anda sebagai ibu tiri.

  • Advertisement
Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Sungguh saya ingin menjadi ibu tiri yang baik

Sungguh mulia jika dapat menjadi ibu tiri yang baik. Menjadi seorang ibu baru bukanlah hal yang mudah tetapi untuk menjadikan kehidupan yang lebih baik tidak ada yang mustahil untuk bisa Anda lakukan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr