6 Cara untuk Meluangkan Waktu Berdua dengan Anak Anda

Saya berasal dari keluarga besar. Suami saya berasal dari keluarga besar. Mungkin hal ini tidak dapat dipungkuri bahwa kami juga akan memiliki keluarga besar.

3,187 views   |   2 shares
  • Saya berasal dari keluarga besar. Suami saya berasal dari keluarga besar. Mungkin hal ini tidak dapat dipungkuri bahwa kami juga akan memiliki keluarga besar. Sebuah keluarga besar mendatangkan banyak berkat – tidak akan pernah ada waktu yang membosankan, anak-anak saya telah membangun persahabatan dengan saudara-saudaranya, dan saya tidak pernah merasa kesepian pada tahun-tahun terbaik saya ketika bertumbuh dewasa. Namun, terkadang anak-anak dapat merasa seperti menjadi anak yang 'hilang' di antara kerumunan. Adalah penting bagi setiap anak untuk mendapatkan waktunya sendiri dengan ayah dan ibu mereka. Berikut ini adalah 6 cara yang telah saya temukan yang memungkinkan hal tersebut dapat terjadi:

  • 1. Waktu dengan ibu

  • Saya menugaskan setiap anak untuk memiliki satu malam dalam seminggu dimana mereka akan meluangkan waktu satu setengah jam untuk menghabiskan waktu dengan saya dengan cara apa pun yang akan mereka pilih. Terkadang mereka hanya ingin bicara. Di lain waktu mereka akan memilih permainan untuk bermain dengan saya. Dengan cara seperti ini, saya dapat menemukan dan mengenal siapa teman-teman mereka, apa jenis musik yang mereka sukai, dan masalah apa yang sedang mereka hadapi? Saya tidak selalu menyukai kegiatan yang mereka pilih, namun saya selalu senang dapat meluangkan waktu bersama mereka.

  • 2. Tanya jawab dengan ayah

  • Tanya jawab dengan ayah akan lebih berstruktur daripada waktu dengan ibu. Ini adalah kesempatan yang baik bagi ayah untuk memeriksa keadaan anak-anaknya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti melontarkan pertanyaan, “Bagimana ayah dapat membantu menyelesaikan masalahmu?” Anda dapat membantu anak-anak Anda untuk membuat tujuan hidup yang ingin mereka capai dan mendorong mereka dalam pelajaran sekolah dan kegiatan lainnya.

  • 3. Membuat janji

  • Ketika saya masih remaja, adik lelaki saya sering membuat sesuatu yang dia sebut dengan “janji”. Adik saya tersebut akan memberitahu saya bahwa dia ingin berbicara dengan saya. Kami juga akan membuat janji di mana saya akan berbicara dengannya saat waktu sebelum tidur malam. Kami akan berbicara mengenai olahraga kasti, guru-guru yang menyebalkan dan gadis yang dia taksir di sekolah. Hal tersebut sangat berarti untuk kami berdua dan hal tersebut adalah sesuatu yang saya tahu saya ingin mencobanya dalam keluarga saya sendiri.

  • 4. Kencan tidak resmi

  • Pergi kencan tidak resmi dengan anak Anda adalah cara yang baik untuk menghabiskan dan berbagi waktu berdua dengan anak-anak Anda. Adik lelaki saya adalah seorang yang genit. Dia sudah mulai menyukai anak perempuan pada usia yang masih sangat muda. Saya ingat guru TKnya sedikit khawatir ketika dia mencium seorang gadis cilik di dalam kelas. Dan dia baru berusia 3 tahun saat itu! Jadi, ketika dia beranjak sedikit dewasa, dia suka untuk berlatih kencan dengan saya. Saya akan membawanya pergi ke restoran cepat saji. Dan saya akan memberinya uang lalu dia akan memesan dan membayar makanan untuk kami. Kami akan menikmati perbincangan yang menyenangkan sambil kami makan. Ketika anak-anak kami mulai menginjak usia 16 tahun, suami saya dan saya membawa anak kami untuk pergi kencan pertama. Kami membiarkan mereka memilih restoran yang mewah dan kami pergi ke luar makan malam berdua dengan anak kami. Bagaimana seorang pria dan wanita muda harus bersikap saat berkencan. Hal ini adalah saat yang baik untuk merayakan waktu dimana mereka beranjak dewasa nanti.

  • Advertisement
  • 5. Asisten ayah

  • Suami saya biasanya akan masuk berjalan ke dalam rumah dan berkata, “Siapa yang ingin menjadi relawan?” Ah, ini adalah cara lama yang tidak dapat dihindari oleh anak-anak. Anak-anak saya tahu bahwa jika mereka menjadi relawan, mereka harus membantu ayah mereka untuk melakukan beberapa pekerjaan dan tugas. Jika mereka melakukannya, mereka akan mendapatkan hadiah. Namun, mereka tidak pernah tahu apakah tugas yang diberikan akan menjadi tugas yang sulit, atau apakah hadiah yang akan mereka dapat akan setimpal dengan tugas yang telah mereka lakukan. Terkadang, suami saya akan membawa mereka untuk membantu seseorang yang sedang pindah rumah. Hal ini dapat berarti menghabiskan beberapa jam untuk melakukan pekerjaan fisik yang melelahkan. Di lain waktu, tugas tersebut dapat menjadi tugas yang mudah seperti mengisi botol air minum, membeli sesuatu dari toko, atau mengantarkan sesuatu untuk tetangga rumah. Bagaimanapun itu, suami saya tidak pernah gagal untuk mendapatkan seseorang untuk menjadi relawannya. Hal ini dikarenakan satu hal yang selalu membuat hal ini berpihak padanya, yaitu karena anak-anak dapat menghabiskan waktu dengan ayah mereka.

  • 6. Selalu siap sedia untuk anak-anak Anda

  • Mendengarkan anak-anak Anda adalah salah satu karunia atau hadiah terbesar yang dapat kita berikan kepada mereka. Namun, anak-anak kami tidak selalu siap untuk berbicara ketika kami siap. Adalah penting untuk mengenali momen-momen ketika anak-anak kita ingin berbicara dengan kita dan kita dapat selalu siap untuk mendengarkan mereka.

  • Sebagai contoh, salah satu anak lelaki kami senang untuk berbicara dengan saya di mobil ketika perjalanan pulang dari sekolah. Putri remaja saya, bagaimanpun lebih memilih untuk datang ke kamar saya sebelum waktu tidur malam. Ketika saya melihat anak-anak saya ingin untuk memiliki pembicaraan dengan saya, saya akan mematikan radio atau meletakkan buku yang sedang saya baca dan saya akan memberikan mereka perhatian penuh saya.

  • Apakah Anda memiliki satu anak atau banyak anak, memiliki atau meluangkan waktu dengan anak-anak Anda akan menjadi hal yang sangat berarti untuk Anda dan anak Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "6 ways to find one-on-one time with your children" karya Shelli Proffitt Howells.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Shelli Proffitt Howells is a BYU graduate, a creative writer, a happy wife and a mother of six.

Situs: http://shelliproffitthowells.comWebsite

6 Cara untuk Meluangkan Waktu Berdua dengan Anak Anda

Saya berasal dari keluarga besar. Suami saya berasal dari keluarga besar. Mungkin hal ini tidak dapat dipungkuri bahwa kami juga akan memiliki keluarga besar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr