Yuk, bantu si kecil menemukan dan mengasah bakatnya!

Penting bagi kita untuk mengetahui minat anak dan mengarahkannya sehingga menjadi bekal berharga di masa depannya. Bagaimana caranya?

1,357 views   |   2 shares
  • Sebagai orang tua, kita tidak dapat memaksakan anak untuk mendalami suatu bidang, terlebih jika anak tidak menyukai bidang tersebut. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui minat anak dan mengarahkannya sehingga menjadi bekal berharga di masa depannya. Bagaimana caranya? Ini tipsnya:

  • 1. Mengarahkan sejak kecil

  • Jika Anda si kecil terlihat senang menggambar dan tertarik pada gambar berbentuk rumah atau bangunan, Anda dapat membantunya bakatnya dengan memberikan permainan balok dan lego. Anda juga dapat mengarahkan anak-anak sejak dini untuk bakat-bakat lainnya dan dapat membantu mereka untuk menemukan bakat mereka yang telah terpendam.

  • 2. Mengikuti minat si kecil

  • Terkadang apa yang Anda ingin anak-anak lakukan tidak sesuai dengan keinginan mereka. Anda mungkin tahu apa yang terbaik, tetapi Anda juga perlu mengerti keinginan anak Anda. Ada pengalaman orangtua yang menginginkan anaknya menjadi seorang dokter gigi dan berusaha membujuk serta mengarahkan anaknya pada bakat tersebut. Akan tetapi si anak memiliki bakat untuk melukis. Pada akhirnya orangtua harus mengalah dengan keinginan anak tersebut karena tidak bisa memaksakan keinginan mereka.

  • 3. Memberikan beberapa pilihan

  • Salah satu cara untuk mengarahkan bakat seorang anak adalah dengan memberikan mereka pilihan karier. Kita dapat memberi kebebasan kepada anak untuk mengembangkan bakat dan keinginan mereka, dan karier apa yang cocok dengan bakat mereka. Ketika sang anak merasa menerima dukungan dari Anda, mereka dapat merasa tenang dan leluasa dalam mencapai apa yang mereka inginkan.

  • 4. Mempersiapkan bekal atau tabungan untuk mendukung

  • Anak tidak akan mencapai karier atau kesempatan hidup yang lebih baik tanpa bantuan Anda. Mereka membutuhkan dukungan serta perhatian Anda. Tapi dukungan moral saja tidak cukup. Anda juga harus mendukung mereka secara materi maupun finansial. Ada beberapa cara alternatif untuk menyisahkan uang bagi masa depan sang anak. Anda dapat mengikuti program asuransi khusus pendidikan untuk menabung agar anak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain memberikan program investasi yang baik, program asuransi membantu Anda untuk tidak dapat menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan lainnya. Kita juga harus mengenalkan program beasiswa kepada anak sejak di bangku SMP. Semakin hari, semakin banyak program beasiswa yang tersedia bagi para siswa-siswi berprestasi baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini dapat membuat anak Anda menjadi terpacu untuk berprestasi. Mereka memiliki suatu tujuan yang dapat mereka raih. Program beasiswa juga tidak memandang siswa-siswi dari kalangan manapun dan tersedia bagi semua orang.

  • Advertisement
  • Mengarahkan bakat anak untuk karir yang tetap memang sangat penting. Akan tetapi harus dilakukan dengan cara yang tepat, tanpa menghilangkan semangat maupun rasa percaya diri dari sang anak.

Bantu kami menyebarkan

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Yuk, bantu si kecil menemukan dan mengasah bakatnya!

Penting bagi kita untuk mengetahui minat anak dan mengarahkannya sehingga menjadi bekal berharga di masa depannya. Bagaimana caranya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr