Apa itu bipolar? Kisah nyata ini mungkin bisa sedikit mencerahkan.

Ada berbagai penyakit mental yang terdengar kurang familiar sehingga sang pengidap tidak tahu bagaimana cara mengatasinya dan tidak mendapat perawatan yang semestinya. Salah satunya bipolar.

77,056 views   |   111 shares
  • Ada berbagai penyakit mental yang terdengar kurang familiar sehingga sang pengidap tidak tahu bagaimana cara mengatasinya dan tidak mendapat perawatan yang semestinya. Seperti kisah nyata menyedihkan dari seorang gadis cantik yang menderita bipolar.

  • Natalie Fuller, seorang gadis dari Baltimore, Amerika Serikat, mengakhiri hidupnya di rel kereta api. Ibunya, Doris, bersama Natalie ketika berusia 16, menulis buku laris berjudul Promise You Won't Freak Out: A Teenager Tells Her Mother About Boys, Booze, Piercing, and Other Touchy Topics (and Mom Responds). Ibu yang malang ini bertutur secara rinci kepada harian Washington Post tentang gangguan mental yang menyerang putrinya.

  • "Putri saya hidup selama 6 tahun dengan penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Iblis di otaknya selalu mengganggunya. Sampai akhirnya gangguan itu menyeret dia ke kematiannya," ujar si ibu. "Dia adalah orang paling berani yang pernah saya kenal. Walau dia mengakhiri hidupnya, pendapat saya tidak berubah."

  • Penyakitnya mulai muncul di tahun terakhir kuliah Natalie. "Dalam waktu beberapa minggu, kehidupannya sebagai gadis yang memiliki masa depan cerah berubah menjadi penghuni rumah sakit jiwa yang pernah ditangkap polisi. Saya tidak tahu saat itu bahwa hal seperti ini sedihnya sering terjadi," tulis Doris.

  • Ketika Natalie tidak tidur seminggu, keluarganya menyangka ini akibat perubahan waktu (jet lag) karena dia baru pulang dari perjalanan ke luar negeri. Beberapa bulan kemudian, Natalie mengeluh teman-teman kuliahnya suka berbisik-bisik di belakang punggungnya. Ibunya menganggap itu hanyalah drama anak-anak kampus. "Karena tidak ada sejarah sakit jiwa dalam keluarga, kami tidak menduga bahwa itu adalah halusinasi pendengaran."

  • Enam bulan kemudian, Natalie merasa orang asing membicarakannya. Hal ini mengakibatkan dia ditangkap polisi beberapa kali, antara lain karena masuk ke rumah orang tanpa ijin. Akhirnya polisi membawanya ke rumah sakit bagian penyakit jiwa. Natalie dirawat selama dua bulan karena didiagnosa menderita bipolar dan psikosis. Menurut Persatuan Penyakit Jiwa Nasional Amerika Serikat, 75% dari penderita penyakit jiwa mulai terkena sejak usia 24 tahun. Dan 25% dari mahasiswa didiagnosa atau dirawat karena gangguan jiwa selama tahun kemarin.

  • Dr. Robi Ludwig, seorang ahli jiwa, mengatakan gangguan mental sering muncul pada usia 18-19 tahun. Para penderita biasanya mempunyai anggota keluarga yang terkena bipolar. Penyakit ini memiliki spektrum yang luas, sehingga orang yang semula didiagnosa tidak bipolar, sekarang bisa saja dianggap terkena bipolar.

  • Advertisement
  • Sesudah menjalani perawatan yang pertama, Natalie tinggal bersama ibunya selama musim panas. Ibunya menggambarkannya sebagai "sehat luar dalam, penuh semangat, seperti Natalie yang dulu." Lalu dia kembali ke kampus untuk menyelesaikan tahun terakhirnya dan berhenti minum obat. "Begitu dia datang di akhir pekan, saya tahu 'iblis' kembali mengganggunya."

  • Natalie kembali dirawat di unit psikiatri selama 10 bulan. Namun setelah merasa sehat, dia tidak mau lagi minum obat. Meskipun terapi dan pengobatan lain tetap dijalani, iblis kembali mengganggunya, termasuk membisikkan agar tidak berbicara dengan ibunya.

  • Bulan November tahun kemarin Natalie memutuskan untuk tidak minum obat karena merasa dirinya akan tetap berhalusinasi. Sejak itu dia makin parah sampai mengakhiri hidupnya

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Apa itu bipolar? Kisah nyata ini mungkin bisa sedikit mencerahkan.

Ada berbagai penyakit mental yang terdengar kurang familiar sehingga sang pengidap tidak tahu bagaimana cara mengatasinya dan tidak mendapat perawatan yang semestinya. Salah satunya bipolar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr