Yoghurt ternyata mampu membantu mengatasi depresi!

Yoghurt memang sudah terkenal baik untuk kesehatan, terlebih lagi karena rasanya yang segar. Tetapi ternyata ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi yoghurt.

439 views   |   2 shares
  • Yogurt sudah lama dikenal manfaatnya bagi kesehatan dan baik sebagai menu diet. Sebuah artikel di Yahoo! Health memaparkan manfaat lain dari yoghurt, yaitu membantu mengatasi depresi. Para ilmuwan dari Institute for Brain and Cognition di Leiden, Belanda, mengatakan probiotik, mikro organisme hidup yang ada pada yoghurt, dapat mengurangi perasaan depresi.

  • Para peneliti meminta 40 peserta minum campuran bubuk yang mengandung 2 gram probiotik dengan air hangat atau susu setiap hari selama 4 minggu. Sebagian dari peserta diberi bubuk yang tidak mengandung probiotik tanpa sepengetahuan mereka. Para peserta diberi sejumlah pertanyaan mengenai kemungkinan mereka mengalami depresi sebelum dan sesudah eksperimen. Para peneliti mengamati bahwa mereka yang mendapat probiotik menunjukkan berkurangnya pikiran negatif, terutama mereka yang semula agresif dan berpikiran kusut.

  • Laura Steenberger, pimpinan peneliti itu, berkata bahwa mereka terkejut dengan hasil riset. Mereka juga senang sekali melihat bagaimana penemuan ini dapat membantu mencegah depresi. "Pikiran yang kusut merupakan pertanda akan munculnya depresi," kata Laura. "Penemuan ini sangat penting karena menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mengatasi perasaan negatif yang menjurus ke perasaan sedih."

  • Sudah diketahui sejak lama bahwa probiotik meningkatkan bakteri baik di dalam usus sehingga pencernaan berjalan lancar. Walaupun penemuan ini masih baru, ada studi lain yang menunjukkan hubungan antara perut dan otak. Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature mengatakan bahwa perut dapat mempengaruhi fungsi otak yang lebih rumit seperti mengambil keputusan. Sebuah studi yang diterbitkan di Australia awal tahun ini menyebutkan bahwa pikiran stres dapat menyebabkan sakit perut, begitu pula sebaliknya.

  • Menurut seorang ahli nutrisi Heather Mangieri, ada komunikasi yang menyebabkan interaksi antara otak dan mikro organisme dalam usus kita. Pada dasarnya jika pencernaan beres, otak berfungsi dengan lancar. Dr. Mangieri mengatakan bahwa sebaiknya kita menambah asupan probiotik melalui makanan seperti yoghurt, kefir, keju tua, kimchi, tempe, acar, sauerkraut (acar kubis). Untuk memperoleh manfaat terbesar dari probiotik, kita hendaknya menyantap makanan itu secara teratur. Bila kita hanya makan yoghurt seminggu sekali, faedahnya tidak akan terasa seperti kalau kita memakannya setiap hari. Berapa banyak probiotik yang hendaknya kita asup? Sayangnya para ahli masih menemukan kesulitan untuk mengukur banyaknya probiotik. Karena itu, makin banyak makin baik.

  • Advertisement
  • Yoghurt mudah dibuat sendiri. Pertama-tama kita memerlukan biangnya yang dapat dibeli di toko. Pilihlah yoghurt putih yang tidak mengandung buah, kalau tidak ada yang tanpa rasa, boleh pakai yoghurt vanila. Hangatkan 2 liter susu suam-suam kuku, campurkan yoghurt dan aduk rata dengan mixer kue atau blender. Diamkan kurang lebih 24 jam di dapur lalu masukkan ke kulkas. Anda dapat memakannya dengan buah atau membuat minuman segar dengan campuran es batu atau membekukannya menjadi es lilin.

  • Jika Anda memutuskan untuk membeli yoghurt, hendaknya diperhatikan kadaluwarsa dan cara penyimpanan karena probiotik adalah mikro organisme yang hidup. Walau belum ada studi yang menunjukkan bahwa probiotik dapat membahayakan, Dr. Mangieri menganjurkan agar orang yang menderita penyakit serius seperti kanker jangan makan yogurt.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Yoghurt ternyata mampu membantu mengatasi depresi!

Yoghurt memang sudah terkenal baik untuk kesehatan, terlebih lagi karena rasanya yang segar. Tetapi ternyata ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi yoghurt.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr