Awas! Bahan kimia berbahaya mungkin terkandung di dalam pil diet yang Anda konsumsi!

Banyak orang, terutama wanita, mendambakan tubuh yang ramping dan menggunakan pil-pil diet untuk mencapai tujuannya. Apakah itu aman?

492 views   |   0 shares
  • Banyak orang, terutama wanita, mendambakan tubuh yang ramping dan menggunakan pil-pil diet untuk mencapai tujuannya. Apakah itu aman? Tanpa resep atau rekomendasi dokter, kemungkinan obat-obatan yang ada di pasaran berbahaya bagi kesehatan, bahkan dapat berakibat fatal.

  • Seorang gadis cantik berusia 21 tahun dari Inggris meninggal sesudah minum pil diet yang mengandung dinitrophenol atau DNP, bahan kimia yang sangat berbahaya. Pada tanggal 12 April, Eloise Aimee Perry minum 8 pil diet yang dibelinya di internet. Menurut laporan ibunya, Fiona Perry, kepada polisi putrinya minum lebih banyak pil dari yang dianjurkan pada botol. Eloise langsung merasa sakit sesudah minum beberapa pil ini. Dia pergi sendiri ke rumah sakit, dan memberi tahu staf rumah sakit apa yang sudah diminumnya. Keadaan segera berubah ketika diketahui racun yang terkandung dalam pil itu.

  • "Racun itu sudah berada dalam tubuhnya," kata Fiona, "Tidak ada penetralnya. Dua pil saja dapat mematikan, dia minum delapan." Pil-pil mempercepat metabolisme. Eloise tidak dapat bernapas dan akhirnya jantungnya berhenti. "Tubuhnya benar-benar terbakar dari dalam," ujar ibunya. "Dia menelan begitu banyak DNP sehingga akibatnya tidak bisa dielakkan. Rumah sakit tidak mampu menolongnya."

  • Polisi mencari tahu dari mana Eloise memperoleh pil-pil ini. Laporan ahli bedah mayat akan menentukan dengan tepat apa penyebab kematian Eloise. Sementara itu, polisi menganjurkan agar publik sangat berhati-hati bila membeli obat-obatan dari internet. Kata Kepala Inspektur Polisi Jennifer Matinson, "Obat-obatan yang diperoleh dari situs yang tidak terdaftar sangatlah berbahaya bagi kesehatan, kemungkinan sudah kadaluwarsa atau palsu."

  • Badan Standar Makanan Inggris mengatakan bahwa DNP tidak semestinya diminum. Seorang representatif menyatakan, "Publik dianjurkan untuk tidak minum pil atau bubuk yang mengandung DNP, karena ini adalah bahan industri kimia, bukan untuk dikonsumsi manusia. Bahan ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan."

  • Di Amerika Serikat, pil-pil pelangsing dijual tanpa persetujuan Badan Makanan dan Obat-obatan. Tidak ada garansi bahwa bahan-bahan yang dipakai aman dan manjur. Bahan utama yang sering dipakai adalah stimulan yang diketahui beresiko meningkatkan serangan jantung dan stroke. Pil diet juga seringkali mengandung amphetamin, obat anti depresi dan penenang. Selain berbahaya, kombinasi ini juga dapat menimbulkan kecanduan. Efek samping antara lain sakit kepala, sulit ke WC, dan suasana hati yang berubah-ubah.

  • Advertisement
  • Jangan mudah percaya dengan iming-iming yang disebutkan dalam penjualan obat-obatan tersebut. Menurut Departemen Kesehatan Amerika Serikat, 20% dari 127 vitamin yang dijual memberikan keterangan tidak benar! Ada diet pil yang cuma mengandung kafein dan zat diuretik yang menyebabkan orang sering buang air kecil. Memang kelihatannya berat badan cepat turun karena kehilangan air. Tetapi selain bahaya dehidrasi, berat badan akan cepat naik lagi karena yang hilang bukanlah lemak.

  • Jadi, apa yang harus Anda lakukan? Gaya hidup sehat jauh lebih baik dibanding jalan pintas memakai pil-pil diet. Mengonsumsi pil selamanya tidaklah sehat dan bila Anda berhenti, berat badan Anda akan naik lagi. Janganlah mengambil jalan pintas karena beresiko tinggi. Usaha yang perlahan namun teratur lebih berhasil untuk menurunkan berat badan.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Awas! Bahan kimia berbahaya mungkin terkandung di dalam pil diet yang Anda konsumsi!

Banyak orang, terutama wanita, mendambakan tubuh yang ramping dan menggunakan pil-pil diet untuk mencapai tujuannya. Apakah itu aman?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr