4 tips mengatasi demam panggung demi menuju keberhasilan

Rasa gugup terkadang menjadi tembok yang menghalangi kesuksesan. Anda ingin tahu cara mengatasinya? Berikut ini tipsnya!

3,979 views   |   4 shares
  • Ketika Anda diminta untuk presentasi di depan banyak orang secara dadakkan, mungkin Anda akan merasa gugup. Tanda-tandanya antara lain keringat dingin, mual, lutut gemetar, perut mulas, telapak tangan basah, dan dada berdebar kencang. Rasa gugup sering kali menjadi penghambat dalam kehidupan kita. Seseorang yang sering merasa gugup akan sulit untuk maju dalam berkarier. Setiap ada kesempatan atau peluang yang baik, biasanya dia akan menghindar hanya karena gugup. Sayang, kan? Maka dari itu, jangan biarkan rasa gugup menjadi tembok penghalang. Bagaimana caranya?

  • 1. Siapkan bahan pembicaraan

  • Semua orang pasti gugup jika harus presentasi di depan umum tanpa memiliki materi untuk disampaikan. Untuk itu, siapkan bahan pembicaraan atau materi dengan matang agar Anda merasa percaya diri dan orang lain tidak tahu betapa sebenarnya Anda merasa gugup.

  • 2. Berpenampilan menarik

  • Ketika Anda ingin terlihat profesional, sebaiknya Anda berpenampilan rapi. Cara ini juga bisa untuk mengatasi rasa gugup karena ketika banyak mata memandang dengan rasa kagum, tentunya rasa percaya diri kita akan meningkat.

  • 3. Berjalan dengan penuh percaya diri

  • Cara terbaik untuk menyiasati rasa gugup dan juga dapat membantu seseorang membangkitkan rasa percaya diri adalah dengan cara berjalan. Ketika Anda diminta untuk maju ke depan untuk menyampaikan sebuah presentasi, berjalanlah dengan penuh percaya diri. Jangan berjalan dengan menundukkan kepala Anda, karena ini juga dapat membuat Anda semakin tidak percaya diri. Angkat sedikit wajah Anda sehingga Anda akan terlihat seperti orang yang berjalan dengan penuh keyakinan. Menurut beberapa penelitian, orang yang berjalan dengan mengangkat sedikit wajah dapat menjadi lebih percaya diri, dibandingkan orang yang berjalan dengan menundukkan kepala.

  • 4. Humor atau melucu

  • Cara mudah lainnya untuk menyiasati rasa gugup adalah dengan melucu. Dengan melucu atau menyampaikan cerita lucu, Anda akan tertawa dan orang-orang yang sedang mendengarkan pidato Anda. Hal ini tentu akan mencairkan suasana, sehingga ketegangan yang Anda rasakan dapat hilang dalam seketika. Carilah topik humor yang tidak garing dan ringan, dan tidak menyinggung siapa pun sehingga orang akan lebih mudah menikmati cerita Anda. Dengan begitu Anda juga tentunya akan menjadi lebih percya diri.

  • Intinya, rasa gugup yang Anda rasakan kapanpun atau dalam situasi apa pun dapat mencair dengan sendirinya, tergantung dari pembawaan Anda. Ketika Anda dapat mengisi pikiran dengan hal-hal yang bersifat optimis dan positif, tentunya rasa percaya diri akan meningkat. Namun jika Anda masih belum dapat mengatasi rasa gugup itu, Anda dapat menyiasatinya dengan cara-cara di atas.

  • Advertisement
Baca, hidupkan, bagikan!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

4 tips mengatasi demam panggung demi menuju keberhasilan

Rasa gugup terkadang menjadi tembok yang menghalangi kesuksesan. Anda ingin tahu cara mengatasinya? Berikut ini tipsnya!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr