Merasa lelah setiap saat? Inilah yang harus Anda perhatikan!

Aktivitas yang kita jalani setiap hari tentu menguras tenaga. Tapi jika Anda merasa lelah setiap saat, Anda harus mulai memerhatikan kesehatan.

15,612 views   |   8 shares
  • Pekerjaan atau aktivitas yang padat kadang membuat hidup kita kurang seimbang. Mulai dari waktu tidur, makan, istirahat maupun waktu pribadi yang kita miliki. Dan pola hidup yang tak seimbang kadang membuat kita lelah. Itu wajar. Akan tetapi jika kita merasa lelah setiap saat, tentu produktivitas kerja dan kualitas hidup kita akan menurun. Hal ini perlu kita perhatikan dan perbaiki secepatnya. Anda merasa lelah setiap saat? Mungkin ini penyebabnya!

  • 1. Kurang istirahat

  • Kurang istirahat merupakan salah satu penyebab utama dari kelelahan. Kita dianjurkan untuk beristirahat 7-8 jam setiap hari. Saat kita beristirahat, kita memberikan kesempatan tubuh untuk memperbaiki sel. Pikiran pun beristirahat sehingga memiliki fokus dan tenaga untuk hari esok. Jika kita kurang istirahat, kita akan merasa lelah karena tubuh kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk perbaikan. Kita akan merasa pusing karena pikiran kita belum siap dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk istirahat.

  • 2. Kurang olahraga

  • Kurang olahraga juga dapat menjadi penyebab Anda merasa lelah. Survei membuktikan orang dewasa yang melakukan olahraga 30 menit tiga kali seminggu merasa tidak mudah lelah dan lebih berenergi setelah 6 minggu. Saat kita berolahraga, kita menghirup lebih banyak oksigen, meregangkan otot-otot dan merelaksasi pikiran. Jadi saat Anda merasa lelah, jangan lupa untuk berolahraga untuk kembali bersemangat.

  • 3. Diet tidak seimbang

  • Makanan cepat saji dan makanan mengandung gula membuat organ tubuh bekerja lebih keras. Kita dianjurkan untuk mengurangi makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi dan berlemak. Kita dapat mengonsumsi lebih banyak sayuran yang memiliki vitamin-vitamin yang lengkap, serta protein tanpa lemak. Diet makanan yang tepat dapat membuat tubuh kita menjadi bugar dan berenergi.

  • 4. Menggunakan teknologi sebelum tidur

  • Menggunakan teknologi seperti TV, komputer maupun smartphone sebelum tidur dapat membuat tidur Anda kurang maksimal. Cahaya yang ditampilkan dari perangkat teknologi tersebut dapat mengganggu hormon yang mengatur waktu kita tidur. Hal ini akan menggangu kualitas dan efektifitas tidur. Sebaiknya tidak menggunakan perangkat teknologi 1 sampai 2 jam sebelum Anda tidur. Jika Anda harus menggunakannya, Anda dapat memberikan jarak paling tidak 30 cm untuk mengurangi efek yang ditimbulkan.

  • 5. Penyakit

  • Penyakit seperti anemia atau diabetes juga menyebabkan cepat lelah. Anemia, atau kekurangan darah, dapat diatasi dengan pola hidup sehat dan mengonsumsi suplemen yang tersedia. Sedangkan diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh organ tubuh yang tidak dapat mencerna gula dalam tubuh. Kunjungilah dokter untuk mengatasinya.

  • Advertisement
  • 6. Stress

  • Stress juga dapat menimbulkan lelah. Ketika kita stress, tubuh mengeluarkan hormon yang membuat kita ingin beristirahat. Untuk menanggulangi stress, kita dapat melakukan relaksasi atau meditasi untuk menyegarkan pikiran. Anda juga dapat membuat daftar urusan yang perlu Anda selesaikan. Hal ini dapat membantu Anda untuk kembali fokus.

  • Merasa lelah yang berkepanjangan dapat mengganggu kehidupan kita dan kita harus mengetahui penyebabnya agar dapat mengatasinya demi bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Merasa lelah setiap saat? Inilah yang harus Anda perhatikan!

Aktivitas yang kita jalani setiap hari tentu menguras tenaga. Tapi jika Anda merasa lelah setiap saat, Anda harus mulai memerhatikan kesehatan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr