Liburan di Rumah dan Tetap Menyenangkan? Bisa!

Dalam masyarakat sekarang terbentuk pemikiran bahwa liburan yang menyenangkan selalu berarti pergi ke suatu tempat, dan biasanya keluar kota. Padahal, dengan sedikit upaya dan kreativitas, liburan di rumah pun bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

28,523 views   |   45 shares
  • Semakin berkembangnya kehidupan, yang mengarahkan manusia ke dalam pemikiran untuk membuat semua hal menjadi praktis, di masyarakat sekarang terbentuk pemikiran bahwa liburan yang menyenangkan selalu berarti pergi ke suatu tempat, dan biasanya ke luar kota. Dan ketika mereka tidak melakukan hal itu, alias menghabiskan liburan di rumah, mereka akan mengatakan bahwa liburan mereka biasa saja karena hanya dihabiskan di rumah. Masyarakat sekarang menganggap bahwa sedikit upaya dan kreativitas untuk menyiapkan liburan yang menyenangkan di rumah terlalu merepotkan. Mereka lebih memilih jalan yang lebih praktis, mengunjungi tempat-tempat wisata. Padahal liburan di rumah juga bisa menjadi liburan yang menyenangkan dan berkesan bagi semua anggota keluarga.

  • Hal yang perlu dipertimbangkan dalam mempersiapkan liburan di rumah adalah memilih kegiatan yang bisa melibatkan setiap anggota keluarga. Pertimbangkan umur anak-anak Anda dan hobi mereka. Jangan sampai ada anggota keluarga yang tidak menikmati kebersamaan itu. Kegiatan yang Anda rencanakanpun tidak perlu kegiatan yang ribet dan heboh, cukuplah kegiatan yang sederhana tetapi bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga. Lebih fokuslah pada bagaimana menyatukan semua anggota keluarga dengan kegiatan itu. Di bawah ini ada beberapa ide kegiatan yang mungkin bisa Anda lakukan bersama keluarga untuk mengisi liburan di rumah.

    1. Jika keluarga Anda termasuk keluarga yang menyukai seni, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan proyek seni bersama. Tidak perlu sesuatu yang besar. Bisa saja hanya melukis bersama. Tapi alih-alih melukis di atas kanvas atau kertas, mengapa tidak membuat yang sedikit berbeda. Anda bisa merentangkan kain putih besar di halaman belakang rumah Anda, atau di garasi, atau di mana saja Anda anggap memungkinkan, kemudian, siapkan plastik bening ukuran setengah kiloan, lalu isi dengan air yang sudah Anda campur dengan cat warna warni, gelembungkan. Jangan lupa untuk mengalasi lantai atau kebun Anda dengan palstik, agar tidak kotor karena cat. Anda dan anak-anak Anda bisa memakai jas hujan plasti tipis untuk melindungi pakaian dan tubuh. Setelah semua persiapan selesai, saatnya untuk bersenang-senang. Cara melukisnya adalah dengan melemparkan "bola-bola" plastik berisi cat, ke arah kain putih. Janganlah fokus pada hasilnya. Mungkin hasil lukisannya nanti akan sangat abstrak, tapi siapa yang peduli, yang utama adalah Anda serta anak-anak Anda bersenang-senang.

    2. Lakukan proyek pelayanan. Jika di lingkungan Anda terdapat panti asuhan atau panti jompo, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan proyek pelayanan. Untuk proyek panti asuhan, Anda bisa meminta anak-anak Anda untuk menyumbangkan barang-barang mereka, seperti pakaian, buku-buku, mainan. Anda mungkin juga bisa mempertimbangkan untuk membuat kue kering atau cup cake bersama keluarga, untuk dibagikan dalam proyek itu. Jika ternyata panti asuhan atau panti jompo jauh dari tempat tinggal Anda mungkin Anda bisa menggantinya dengan mengunjungi tetangga Anda yang sudah lanjut usia. Pastikan bahwa tetangga yang Anda rencanakan untuk kunjungi tidak keberatan untuk menerima kunjungan Anda dan keluarga.

    3. Membuat kerajian bersama juga bisa menjadi alternatif untuk mengisi liburan. Anda bisa mencari ide kerajian yang akan dibuat di internet. Itu tidaklah perlu sesuatu yang heboh. Bisa saja sesuatu yang sederhana. Dan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada.

    4. Liburan di rumah juga bisa diisi dengan menata ulang interior rumah. Termasuk mengganti warna cat dinding. Jika anak-anak Anda sudah remaja, Anda bisa memberi mereka kebebasan untuk mendekorasi kamar mereka sendiri. Akan tetapi, jangan lupa untuk mengingatkan mereka untuk tidak memasukan hal-hal yang bermakna kekasaran dan tidak senonoh.

    5. Liburan di rumah juga bisa menjadi saat yang baik untuk menyusun kenangan. Anda bersama keluarga bisa menata foto-foto keluarga, dan membuat 'scrapbook.' Bisa juga Anda menata ulang letak figura -figura foto yang sudah ada.

    6. Jika keluarga Anda termasuk yang menyukai berkebun, hal itu bisa menjadi proyek liburan yang menarik. Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mempelajari hal-hal baru tentang berkebun, seperti mencoba berkebun dengan sistem hidroponik misalnya.

  • Advertisement
  • Masih banyak hal dan ide lain yang bisa Anda coba lakukan untuk membuat liburan di rumah Anda menyenangkan. Yang perlu diingat adalah bagaimana membuat semua anggota keluarga menikmati apa pun kegiatan yang Anda rencanakan. Jangan pikirkan hasil akhirnya. Kebersamaan dan kegembiraan bagi keluarga Andalah tujuan utama dari kegiatan-kegiatan itu. Selamat mencoba.

Baca, hidupkan, bagikan!

It is my sincere desire and hope that my writing will positively influence readers, and help them be better and happier.

Liburan di Rumah dan Tetap Menyenangkan? Bisa!

Dalam masyarakat sekarang terbentuk pemikiran bahwa liburan yang menyenangkan selalu berarti pergi ke suatu tempat, dan biasanya keluar kota. Padahal, dengan sedikit upaya dan kreativitas, liburan di rumah pun bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr