Sudahkah kita memanfaatkan gaji kita dengan baik?

Tetapi apakah gaji yang kita terima sudah kita manfaatkan dan kita gunakan dengan baik? Atau malah kita berfoya–foya dengan hasil kerja keras kita? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus introspeksi diri dahulu.

8,976 views   |   18 shares
  • Siapa yang tidak senang jika di usia muda sudah dapat menghasilkan pendapatan sendiri? Hal ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa. Kita sudah tidak membebani orang tua lagi untuk memenuhi kebutuhan kita walaupun kita masih tinggal dan makan di rumah mereka. Tetapi apakah gaji yang kita terima sudah kita manfaatkan dan gunakan dengan baik? Atau malah kita berfoya–foya dengan hasil kerja keras kita? Berikut adalah hal yang dapat kita lakukan agar gaji bulanan bemanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain.

  • 1. Kebutuhan vs kesenangan

  • Kesulitan anak muda yang sudah memiliki gaji sendiri adalah membedakan mana yang menjadi kebutuhan atau kesenangan. Mungkin karena mereka belum berumah tangga dan punya anak jadi susah untuk membedakannya. Walaupun kebutuhan yang yang diperlukan oleh anak muda tidak terlalu banyak, kita harus dapat mengendalikan diri untuk tidak tergoda dengan kesenangan yang sesaat tersebut.

  • 2. Menyisikan untuk ditabung dan ikut asuransi

  • Membuat anggaran untuk kita tabungkan adalah pilihan yang bijak untuk mempersiapkan masa depan kita. Dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah kita juga harus mempunyai asuransi, entah itu asuransi kesehatan atau asuransi masa pensiun kita. Dua hal ini akan sangat membantu kita di masa depan.

  • 3. Bahagiakan orangtua dengan gaji kita

  • Jangan pernah lupakan apa yang orangtua kita korbankan demi kita. Setidaknya sisihkan sedikit dari penghasilan kita untuk orangtua. Walaupun ada orangtua yang tidak mau menerima pemberian anaknya tersebut, kita dapat mengalihkannya untuk ditabung atau masukkan asuransi hari tua atau kesehatan mereka. Tabungan atau asuransi itu akan berguna jika orangtua kita kelak sedang sakit atau membutuhkan uang mendadak.

  • 4. Perhatikan anggota keluarga kita yang membutuhkan

  • Tidak ada salahnya jika kita juga peduli dengan anggota keluarga lainnya seperti kakak, ataupun keponakan. Membahagiakan mereka dengan mengajak pergi jalan–jalan atau makan bersama akan sangat menyenangkan.

  • 5. Membagi berkat dengan orang lain

  • Kita hidup di dunia ini berdampingan dengan sesama, bukan?. Memberi tidak akan membuat kita langsung menjadi miskin seketika. Kita dapat memberikan sumbangan dari menyisihkan gaji kita untuk badan sosial atau rumah ibadah. Kepuasan tersendiri akan kita rasakan dengan apa yang sudah kita lakukan.

  • 6. Pikirkan masa depan kita

  • Meskipun kita masih muda pikirkan juga masa depan kita, apakah kita akan menjadi pegawai untuk selamanya? Tentu saja tidak, bukan hanya kita akan semakin tua dan lemah sebuah institusi atau perusahaan juga memiliki batasan umur untuk mempekerjakan pegawainya. Walaupun umur kita tergolong masih muda tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba berinvestasi. Banyak pilihan untuk berinvestasi mulai dari deposito, reksadana, sahan, dan lain sebagainya. Jika takut untuk berinvestasi kita juga dapat memulai suatu usaha, entah itu sendiri atau mengajak teman atau saudara untuk membuka usaha bersama.

  • Advertisement
Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Sudahkah kita memanfaatkan gaji kita dengan baik?

Tetapi apakah gaji yang kita terima sudah kita manfaatkan dan kita gunakan dengan baik? Atau malah kita berfoya–foya dengan hasil kerja keras kita? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus introspeksi diri dahulu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr