Awas! Bahaya baby wipes untuk bayi Anda!

Tisu basah memiliki kandungan bahan kimia yang akan mengakibatkan alergi pada kulit, seperti ruam dan gatal-gatal.

12,008 views   |   24 shares
  • Tisu basah merupakan salah satu alat pembersih pilihan ibu masa kini, karena sangat praktis untuk membersihkan bagian tubuh bayi yang kotor seperti membersihkan bokong bayi setelah buang air besar. Terkadang membersihkan dengan tisu basah saja dirasa cukup, terutama pada saat menempuh perjalanan jauh dan tidak ada air.

  • Namun berjaga-jagalah terhadap dampak buruknya yang bisa saja terjadi terhadap buah hati Anda. Tisu basah memiliki kandungan bahan kimia yang akan menyebabkan alergi pada kulit, seperti ruam dan gatal-gatal, akibat kandungan bahan pengawet, biasa disebut MI (Methylisothiazolinone).

  • Bahaya tisu basah sudah terjadi di beberapa tempat. Di sebuah kota besar, seorang ibu mengeluhkan permasalahan kulit yang dialami putrinya yang baru melewati usia batita ke seorang dokter kulit. Sang putri mengalami ruam pada wajah dan bokong. Dokter yang dirujuk pun bertanya, "Apa yang biasa digunakan untuk membersihkan wajah dan bokongnya?" Orang tua menjawab bahwa ia sering membersihkan bagian tubuh putrinya dengan menggunakan tisu basah, dan dilakukan sudah mulai sang anak masih usia beberapa minggu.

  • Dokter lalu memberikan pengobatan dengan antibiotik dan beberapa resep obat yang dapat menyembuhkan sementara, tidak benar-benar menyembuhkan. Setelah melakukan beberapa tes, dokter memastikan bahwa penyebab alergi tersebut adalah bahan pengawet tisu basah. Begitu pemakaian tisu basah dihentikan, penyakit si anak kunjung membaik dan wajah serta bokongnya normal kembali.

  • Selang beberapa tahun, kasus yang serupa di kota yang sama terjadi kembali. Kali ini bukan hanya satu anak, tetapi tiga balita dan dua remaja. Setelah melakukan beberapa tes dan pemeriksaan, mereka mengalami alergi terhadap MI pada tisu basah digunakan sebagai alat pembersih sehari-harinya.

  • Selain MI, tisu basah juga mengandung alkohol, parfum sintetis, dan beberapa bahan lain yang mampu menyebabkan masalah pada kulit bayi jika terlalu sering digunakan sebagai pembersih.

  • Alkohol

  • Jika terlalu sering kontak dengan kulit akan mengakibatkan kulit kering dan ruam.

  • Phthalates

  • Bahan pewangi yang terdapat di berbagai peralatan kebutuhan sehari-hari seperti parfum, shampo, pembersih ruangan, dan tisu basah. Bahan ini akan mengakibatkan dampak yang sangat berbahaya dan sudah banyak dilarang di beberapa negara besar karena dapat menyebabkan kanker, diabetes, dan obesitas. Jauhkan pula dari jangkauan anak-anak karena tidak menutup kemungkinan anak kecil dapat memasukan tisu basah ke dalam mulutnya.

  • Advertisement
  • Usahakan setiap bahan yang terkandung dalam peralatan perawatan bayi Anda lepas dari fragarance, alkohol, dan MI. Sudah banyak sekali kasus yang telah terjadi akibat bahan-bahan tersebut. Sebagai orangtua, Anda harus cerdas memilih peralatan yang praktis dan instan namun membahayakan atau sedikit repot tetapi aman. Masih banyak cara yang dapat Anda gunakan selain menggunakan tisu basah. Handuk halus yang dibasuh air hangat akan cukup untuk membersihkan bagian tubuh anak Anda. Meskipun cara ini lebih membuat Anda sedikit repot namun akan aman bagi tubuh anak.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Awas! Bahaya baby wipes untuk bayi Anda!

Tisu basah memiliki kandungan bahan kimia yang akan mengakibatkan alergi pada kulit, seperti ruam dan gatal-gatal.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr