Tata cara bersosial media. Baca baik-baik sebelum share!

Bijaksanalah dalam menggunakan sosial media. Sangat penting untuk membaca baik-baik sebelum Anda meneruskan sebuah status di sosial media agar tidak merugikan diri Anda sendiri bahkan orang lain.

5,589 views   |   21 shares
  • Tanpa kita sadari, perkembangan teknologi telah berkembang begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Komputer yang dulunya hanya dimiliki oleh kalangan profesional, kini bisa digunakan oleh semua kalangan. Hal serupa juga terjadi pada smartphone.

  • "Sekarang orang tidak perlu membayar sampai jutaan rupiah untuk membeli sebuah perangkat komputer. Dengan uang ratusan ribu, kita sudah dapat membeli smartphone yang juga bekerja seperti sebuah komputer. Saya dapat melakukan banyak hal dengan smartphone ini, salah satunya adalah saya dapat menulis ide skripsi bahkan bab dalam skripsi dengan smartphone dimana pun dan kapan pun." - Bima, (25 tahun, mahasiswa).

  • Perkembangan teknologi akhirnya berpengaruh juga kepada internet yang memungkinkan kita berkomunikasi tanpa batasan apapun, terutama dalam sosial media. Sosial media semakin banyak digandrungi, tetapi banyak juga yang kurang memahami arti fungsinya.

  • Ada beberapa kasus yang terjadi di sosial media yang mengakibatkan seseorang harus mempertanggungjawabkan kesalahannya hingga berurusan dengan pihak yang berwajib. Kasus-kasus ini mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam mempublikasikan sebuah perkataan di sosial media. Bersosial media juga memiliki tata caranya sendiri yang harus kita ingat dan pahami.

  • "Banyak orang menganggap sosial media itu dunia nyata. Ada beberapa teman saya yang bergantung dengan sosial media. Setiap hari, dimulai dari bangun tidur hingga sebelum tidur, dia harus membuka gadget untuk melihat status orang lain atau meng-update status sendiri setiap beberapa menit. Menurut saya, itu merugikan, karena dapat membuang waktu. Teman-teman saya hanya menggunakan sosial media untuk mengecek status temannya atau update tentang dirinya sendiri agar tidak dianggap ketinggalan zaman. Padahal sosial media bukan ajang saing-saingan gaya hidup, tapi sebuah media untuk bersosialisasi dan saling berbagi pengetahuan yang positif." – Jingga, (24 tahun, mahasiswa)

  • "Saat ini banyak yang menggunakan sosial media sebagai sarana mencurahkan isi hati atau curhat. Padahal ada hal-hal yang tidak perlu dipublikasikan di sosial media, seperti masalah pribadi atau kata-kata kasar, karena itu hanya akan membuat kita rugi dan malu. Curhat tentang hal-hal negatif, misalnya menjelek-jelekkan orang lain dan sebagainya, hanya akan membuat orang lain akan memandang kita sebagai pribadi yang negatif juga. Untuk itu berpikirlah terlebih dahulu jika ingin meng-update atau meneruskan status di sosial media." – Kiky, (27 tahun, Pegawai)

  • Advertisement
  • Sosial media diciptakan untuk membagikan informasi dan menambah banyak teman dalam hal positif, bukan sebagai tempat curahan hati atau curhat. Sosial media juga bukan dunia nyata. Karena itu, jangan terlalu percaya dan mengikuti semua informasi yang Anda terima di media sosial tanpa mencernanya terlebih dahulu dengan baik.

  • Bijaksanalah dalam menggunakan sosial media. Sangat penting untuk membaca baik-baik sebuah informasi sebelum Anda meng-update atau men-share status di sosial media agar tidak merugikan diri Anda sendiri bahkan orang lain.

Bantu kami menyebarkan

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Tata cara bersosial media. Baca baik-baik sebelum share!

Bijaksanalah dalam menggunakan sosial media. Sangat penting untuk membaca baik-baik sebelum Anda meneruskan sebuah status di sosial media agar tidak merugikan diri Anda sendiri bahkan orang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr